Cegah Flu Tanpa Obat, Kumur Air Garam?


jika Anda flu dan tidak ingin tergantung obat-obatan, berkumur air garam disinyalir efektif dan mudah untuk mengatasinya, Saat flu menyerang, tenggorokan biasanya terasa gatal dan nyeri. Berkumur dengan air garam bisa mengurangi gejala itu. Hidung atau pernapasan tersumbat yang sering muncul juga bisa diatasi dengan berkumur air garam. Seperti dilansir dari New York Time, larutan garam ternyata dapat menarik cairan berlebih pada jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga membuat rasa sakit kurang.

Dr Philip T Hagen, dari Mayo Clinic Book of Home Remedies, menjelaskan berkumur air garam bisa mengendurkan lendir yang kental dan dapat menghilangkan iritan seperti alergen, bakteri dan jamur dari tenggorokan.


Larutan garam dapur bersifat menarik cairan sehingga bisa mengeluarkan kelebihan cairan di daerah tenggorokan yang mengalami radang. Bukan hanya mengurangi radang, garam juga akan meredakan rasa sakit yang muncul.

Penelitian yang dipublikasikan The American Journal of Preventive Medicine, ini, peneliti melibatkan hampir 400 partisipan. Peneliti merekam kondisi kesehatan mereka selama 60 hari pada musim dingin, sejak sehat.

Sejumlah partisipan yang mengalami flu diminta berkumur tiga kali sehari dengan air garam. Kelompok yang secara teratur berkumur air garam terbukti mengalami penurunan tingkat infeksi saluran pernapasan atas hingga 40%.

Menurut penelitian, berkumur air garam bermanfaat menurunkan gejala bronkial. Ini memperkuat penelitian lain yang menemukan bahwa berkumur air garam membantu mengatasi sakit tenggorokan dan penyumbatan.

Untuk hasil terbaik, menurut tim dari Mayo Clinic, larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Lalu berkumurlah dengan larutan itu selama beberapa detik.

Dalam penelitian secara random pada 2005, para ahli mengamati 400 orang sehat selama 60 hari di musim flu. Sebagian partisipan diminta berkumur tiga kali sehari. Di akhir studi, kelompok yang berkumur memiliki risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas berkurang 40% dibanding dengan orang yang tidak berkumur.

Selain mengurangi risiko infeksi, berkumur dengan garam juga terbukti mampu membuat gejala batuk lebih ringan. Penelitian lain menyebutkan, berkumur juga membantu mencegah hidung tersumbat.

Untuk hasil terbaik, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa detik. [mor]

2 comments:

  1. Info yang sangat bermanfaat sekali, terimaksih telah berbagi disini.

    Salam ukhuwah..

    ReplyDelete
  2. @Latifah Hizboel:
    terima kasih juga atas kunjungan dan ukhuwahnya mbak :)

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More