Agar Bisa Berpikir Dewasa dari Pada Hari ini, Kemarin dan Sebelumnya


Duluu, sebelum dan sesudah saya terlahir di dunia ini, kini yang dimana saya sudah berdiri tegap sampai hari ini, dan nanti yang di saat saya akan berusaha selalu tersenyum untuk jalan hidup saya sendiri. Mungkin itu adalah bagian dari fotosintesis hidup. Sederhananya adalah Proses di mana saya bisa di analogikan sedang berada di pertigaan jalan yang hendak menyeberang menuju jalan yang lain. Mungkin sedikit tidak mudah di pahami, tapi ada baiknya saya mengamati betul setiap proses waktu yang sudah saya lewati, dan yang sedang saya kerjakan, serta yang mau saya Hadapi.


Dulu yang mungkin saya belum mengerti apa itu dunia? sekarang sudah di hadapkan pada dunia yang sebenarnya, dulu disaat saya belum mengenal siapa itu Tuhan Allah SWT? sekarang sudah sadar siapa saya sebenarnya di mata Allah SWT. Dulu saya yang terkondisikan lemah tak berdaya dan hanya bisa menangis, sekarang sudah bisa menterjemahkan untuk menjadikan tangisan tersebut sebagai sebuah pesan. Dulu saya yang buta akan dunia luar, tapi sekarang justru malah sudah bisa melompat ke dunia maya, dulu saya yang tidak tahu apa itu cinta? sekarang sudah memahami karena begitu luasnya makna dari bahasa cinta.

Dari jenak jenak waktu yang sudah membawa saya sampai hari ini dengan begitu banyak macam masalahnya, pastinya saya akan terlibat dalam diskusi dengan jalan pemikiran saya sendiri. Apapun itu, Bahwa apa yang sedang dan akan saya lakukan kedepan adalah sebuah manifestasi jalan hidup saya untuk menjadi lebih baik dan lebih matang. Sedikit napak tilas dari perjalanan hidup ke belakang pun barangkali sudah menjadi pondasi jalan hidup saya dari awal. terjatuh bukanlah sebuah malapetaka, sebaliknya merasa berhasil bukanlah sebuah kebahagiaan di atas segala galanya. Mencoba untuk Berpikir positif, mungkin dari situlah akan adanya pembelajaran hidup bagi saya sendiri untuk menjadi lebih dewasa, dewasa dalam berpikir dan dewasa dalam menyikapi setiap masalah apapun. Entah itu baik atau buruk sekalipun.

kita sudah di beri waktu yang panjang untuk meneruskan banyak sisa hidup, maka sudah seharusnya buat kita untuk bersikap lebih dewasa. Kita sudah di berikan pengalaman berupa kegagalan ataupun keberhasilan, maka segala sesuatunya bisa di jadikan pembelajaran untuk menjadi lebih dewasa. Kita sudah pernah merasakan kebahagiaan, maka sikap bersukur menjadi keharusan supaya kita bisa terbiasa menjadi dewasa. Kita sudah pernah mengenyam apapun pelajaran hidup dari tahun ke tahun, dan sudah saatnya kita harus belajar untuk lebih dewasa buat menapaki tahun berikutnya.

Dari semua yang pernah dan akan saya lakoni, manis atau getir pada setiap bentuk masalah apapun, kesemuanya punya pesan tersendiri, tinggal bagaiman saya bisa menyikapi dari tiap masalah tersebut untuk di tanamkan pada jiwa jiwa saya sebagai pembelajaran hidup yang mendewasakan.

semakin banyak keterlibatan saya dalam hal apapun melalui proses jalan hidup saya sendiri, maka sebenarnya dari sinilah saya akan belajar untuk menjadi lebih dewasa. Pun hal tersebut dapat berlaku juga buat banyak orang lain.


Semoga Bermanfaat!

34 comments:

  1. pengalaman hidup membuat seseorang menjadi lebih baik dan baik lagi termasuk cara berpikir,makasih atas pencerahannya,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  2. senang rasanya membaca renungan seperti ini di pagi hari, membuat otak saya menjadi lebih segar untuk menjalani hari ini.

    Meskipun mungkin tidak sematang yang lain, tapi setiap detik dalam perjalanan hidup saya telah membuat saya mendapatkan berbagai pengalaman hidup yang berharga, mulai dari jatuh terpuruk hingga ke dasar sampai terbang tinggi hingga ke langit.. he he

    mudah-mudahan segala pengalaman yang belum seberapa ini bisa membuat saya menjalani proses menuju kedewasaan.. :D

    ReplyDelete
  3. Manis dan getirnya hidup adalah cara Tuhan menunjukkan betapa Dia menyayangi kita :D

    ReplyDelete
  4. hari ini semoga lebih baik dari hari kemarin..
    kedewasaan itu membutuhkan proses...:)

    ReplyDelete
  5. agar dewasa kita berdamai dan santai dengan diri sendiri dan dunia

    ReplyDelete
  6. memang bnr sob, terkadang "pengalaman adalah guru yg paling berharga dan tak ternilaikan"

    BTW, pa kabar?
    ditunggu kemunculannya diblogku lg ya...

    ReplyDelete
  7. lebih dewasa :)
    dengan pemikiran yang dewasa :)
    suka dengan tulisan ini

    ReplyDelete
  8. @saryadinilan:
    Terimakasih hehe ya mudah2an sesi hidup sya selanjutnya bsa lbh baik lagi. Amiin :)

    ReplyDelete
  9. @Awaluddin Jamal:

    Mudah mudahan mas, karena proses hidup mulai dari dimana kita belum bsa apa apa sampai kita sudah mencapai kesuksenya itu semuanya adalah pelajaran yg akan mendewasakan.

    Makasih sob, salam sukses...

    ReplyDelete
  10. @DewiFatma:
    Mudah2an setiap dari banyak pesan yg di sampaikan oleh Allah bsa di ambil hikmah fadhilahnya buat kita. Karena sekecil apapun pesan itu akan ada pelajaran dan hikmah yg mendewasakan.

    ReplyDelete
  11. @irma rahadian:
    Ya bener sekali, proses yang akan membawa atau mengantarkan kita menemui banyak pelajaran hidup.

    Terimakasih, met sore :)

    ReplyDelete
  12. @winterwing:
    Hehe sederhananya harus bersinergi dari ketiga hal tsb. :)

    Makasih sudah mo mampir :D

    ReplyDelete
  13. pahit manis nya kehidupan merupakan yg di jalani smoga bisa menjadi pembelajaran tentang makna kehidupan sob,, tetep semangat sob,, met malam

    ReplyDelete
  14. pengalaman yang kita alami dengan berbagai macam ujiannya semoga bisa mendewasakan kita. Karena tak ada satupun yang sia2... termasuk juga berbagai macam ujian dan cobaan yg kita lalui selama ini bukan? :)

    ReplyDelete
  15. Manusia tetap akan terus berfotosintesi mengalami perubahan dan perubahan dari waktu kewaktu
    saya lemah, dan harus bangkit dan bangkit meskipun suatu saat kelak saya harus terbaring

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  16. membaca renungan di pagi hari rasanya mak nyes
    benar, selain itu kita juga bisa menjalani hidup dengan tenang karena bisa berpikir secara dewasa

    ReplyDelete
  17. @catatan kecilku:
    Betul bu renii, tiap semua yg menjadi keputusan Tuhan itu adalah pesan. hanya org yg berpikirlah yg bsa memilah hal tsb sbg pelajaran yg punya manfaat, tentu manfaat yg menjadikan kita lbh dewasa lagi :)

    Terimakasih, semangat n salam!

    ReplyDelete
  18. @citromduro:
    Barangkali semuanya akan berputar sesuai hukum titah Tuhan.

    ReplyDelete
  19. @ibnu:
    Mudah2an mas di awali dari hidup tenang mungkin kita akan bsa menyikapi tiap persoalan dgn bijak.

    Thanks a lot.. Salam

    ReplyDelete
  20. pengalaman pahit adalah sebuah fase menuju kedewasaan kita mas. Adanya rasa sakit sebenarnya disitu ada sebuah hikmah, jika sekecil apapun nikmat yang kita terima kita harus mensyukurinya.

    ReplyDelete
  21. @Lozz Akbar:
    Amin mudah2an, berrsukur atas semua yg sudah di dapat hingga menjadi berkali lipat karena Allah akan menambahkan rejeki buat org2 yg selalu bersukur...

    terimakasih :D

    ReplyDelete
  22. sebuah renungan buat banyak org yg sedang merasa terintimidasi dgn beban hidup,,, yg sbenrnya hidup itu utk belajar karna di dalam rangkaian hidup itu sndiri terdapat banyak ilmu, pelajaran atau hikmah yg harus di cari..

    Semoga sja dlm sebegitu banyaknya persoalan hidup kita bsa mengntarkan kita mnjadi org yg lbh bijak dan dewasa.

    ReplyDelete
  23. @Puteri:
    Positif sekali mbak yuu hehe sebegitu sulitnya hidup shingga tdk sedikit org tdk bsa menyikapinya dgn dewasa.

    Thanks, salam met bW...

    ReplyDelete
  24. segala kesulitan atau cobaan adalah cara Tuhan dalam mendewasakan kita baik dalam bersikap maupun dalam beriman.

    Noce share, succes for you :)

    ReplyDelete
  25. aku banyak belajar dari ngeblog, Yayack. intuisiku jalaaan terus sampe kebingungan. Kadang intuisi melakukan kesalahan juga, atau entah disalahkan aku gak tau. Tapi pasti ada hikmah dari situ.

    Ilmu akan muncul dengan jelas saat kita berusaha mensucikan hati kita dengan sungguh-sungguh. Berusaha tidak menyakiti hati orang lain walau disakiti, menerima kritikan dengan hati terbuka, mengajak orang lain dengan lembut untuk kebaikan, memaafkan orang lain sesakit apapun. itu sebagian nilai-nilai kehidupan yang aku pahami sementara ini, apa iya masih ada ilmu lain. Selalu berdoa diberi kekuatan dan kelembutan hati untuk memahaminya...

    ReplyDelete
  26. @iffa hoet:
    Hemm sesuatu banget yah hehe dimanapun dan dgn cara apapun kita musti memelihara atau bsa lebih peka apa tiap persoalan kita sendiri, karena dari peran diri sendiri kita akan menjadi tahu mana itu sebuah pelajaran hidup atau bukan.

    Berkali kali punya nash atau Quote yg memotivasi kita, tapi berkali kali jg kita akan menjadi org2 yg melupa Sehingga kedewasaan akan tdk mudah bsa di lakukan.

    ReplyDelete
  27. @Ami:
    Rupanya apa yg sudah di alami mbak Ami atau bsa dibilang sedang di rasakan mbak Ami skrg sudah menjadi bukti bahwa segala sesuatu yg entah itu sikap atau pendapatnya bsa di terima atau tdk oleh orang lain kesemuanya adalah pelajarn hidup. karena dari cara berpikir kita sendiri kita akan bsa menemui hal hal yg mengantarkan kita utk menjadi lbh dewasa.
    Terimakasih udah mo nyempetin mampir. Salam buat org2 jogja :D

    ReplyDelete
  28. terimakasih artikelnya
    sangat membantu saya t0k bisa lebih baik
    thanks...

    ReplyDelete
  29. terimakasih artikelnya
    sangat membantu saya t0k bisa lebih baik
    thanks...

    ReplyDelete
  30. Artikelnya menginspirasi... tx.. blog ni dah q follow.. follbek ya.. trims..

    ReplyDelete
  31. salam kenal dan ijin berbagi kata bijak "Laughing is healthy, especially if you laugh about yourself.
    Tertawa itu sehat, lebih-lebih jika mentertawakan diri sendiri." :)

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More