Dahsyatnya kekuatan Basmallah

Menyambung postingan saya tentang tausiyah yang kemarin, saya akan memberikan point dari Makna & Lafadz Basmalah, berikut ini riwayat-riwayat yang menjelaskan bagaimana Dahsyatnya Lafadz Basmalah bila diucapkan oleh seorang muslim dengan hati yang khusyu dan yakin, sehingga bisa merasakan kebesaran Allah dan membenarkan sabda Rasul-Nya .

1. Melemahkan Kekuatan Syetan dan
Mengecilkan Bentuknya Rasulullah SAW bersabda, dari Abdul Mulih, dari seorag lelaki ia berkata, “Aku pernah dibonceng oleh Rasulullah SAW di atas keledainya. Ketika keledainya itu tersandung aku berkata, “celakalah syetan! “

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah berkata seperti itu, karena syetan akan membesar sampai
sebesar rumah lalu berkata, “Aku telah membantingnya dengan kekuatanku. ” Akan tetapi bacalah Bismillah, karena jika kamu baca itu ia akan mengecil hingga sekecil lalat. ” (HR. Abu Dawud dan an-Nasai, dan dishahihkan oleh Albani )

2. Memblokir Masuknya Syetan ke Rumah Rasulullah SAW bersabda, “Dan tutuplah pintu kalian seraya membaca Bismillah, karena syetan tidak akan mampu membuka pintu yang tertutup (dengan membaca Bismillah).” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

3. Membuat Syetan Muntah-Muntah Umayah bin Muhsin berkata, “Ketika Rasulullah SAW sedang duduk, ada seorang laki-laki sedang makan dan ia tidak membaca Bismillah sampai makannya hampir habis hanya tingal satu suapan. Lalu ketika dia menyuapkan suapan itu ke mulutnya, dia membaca, “Bismillahi awwaluhu wa akhiruhu ” (dengan nama Allah di awal dan di akhirnya). lalu tertawalah Rasulullah SAW , kemudian beliau bersabda, “Syetan masih terus makan bersamanya, tetapi ketika ia membaca Bismillah, syetan pun langsung memuntahkan apa yang ada di perutnya. ” (HR. Abu Dawud dan an- Nasai)

4. Memproteksi Diri dari Gangguan Syetan Sepanjang Hari Kata Utsman bin Affan, Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca do ’a ini di saat sore tiba. Berikut doanya
"Dengan nama Allah (Bismillah), yang dengan nama-Nya tidak akan bisa membayakan sesuatu pun yang ada di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui (tiga kali). ” maka ia tidak akan ditimpa musibah yang tiba-tiba
sampai pagi hari. dan barangsiapa yang membacanya di sore hari, maka ia tidak akan ditimpa musibah yang tiba-tiba sampai sore hari.” (HR. at-Tirmidzi)

5. Perisai Diri dari Kejahatan yang ada di Luar Rumah Anas bin Malik menceritakan, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa keluar dari rumahnya membaca “Bismillah, aku bertawakkal kepada Allah , tiada daya dan kekuatan kecuali bersama Allah “, maka katakan kepadanya, “Kamu telah tercukupi dan terlindungi ”, dan syetan pun akan menjauh darinya. ” (HR. Abu Dawud )

6. Menutup Penglihatan Jin Anas bin Malik menceritakan, Rasulullah SAW bersabda, “Yang bisa menutup aurat anak Adam dari pandangan mata jin, ketika hendak menanggalkan pakaiannya adalah hmembaca, “Bismillahilladzi la ilaha illa huwa ” (Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia).” (HR. Ibnu Sunni) Ali bin Abi Thalib berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Sebagai penutup aurat anak Adam dari pandangan mata jin, ketika memasuki WC adalah membaca Bismillah.” (HR. at-Tirmidzi)

7. Melindungi Generasi dari Gangguan Syetan Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang dari kalian hendak mendatangi istrinya
(menggaulinya), bacalah “Bismillah“, Ya Allah jauhkanlah kami dari syetan dan jauhkanlah syetan
dari yang akan Engkau rizkikan kepada kami (anak). Karena bila Allah mentakdirkan bagi keduanya seorang anak, maka syetan tidak akan bisa
mencelakakannya selamanya. ” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

8. Memboikot Syetan yang ada Dalam Rumah Dari Jabir ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang masuk rumahnya, lalu membaca Bismillah pada saat masuk dan pada saat makan, maka syetan berkata (kepada teman-
temannya), “Tidak ada tempat bermalam dan tidak ada makan malam bagi kalian. ” Tetapi jika seseorang masuk rumahnya dengan tidak membaca Bismillah, maka syetan berkata (kepada teman- temannya), “Kalian dapat bermalam ”. Bila ia tidak membaca Bismillah saat makan, syetan berkata (pada teman-temannya), “kalian dapat tempat bermalam dan makan malam. ” (HR. Muslim)

9. Mendatangkan Berkah Wahsyi bin Harb berkata, bahwa para sahabat mengadu kepada Rasulullah SAW , “Wahai Rasulullah, kami sudah makan, tapi kami tidak kenyang-kenyang. ” Rasulullah SAW bertanya, “Mungkin kalian makannya terpisah-pisah (sendiri- sendiri)?” Mereka menjawab, “Ya ”. Rasulullah SAW bersabda, “Maka berkumpullah kalian ketika makan, dan bacalah Bismillah, niscaya Allah akan memberkahi makanan kalian. ” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah) Semoga bermanfaat. Wa Allahu A ’lam.

Sumber: dinar islam.com & rumaysho.com
>>

7 comments:

  1. luar biasa..!!
    Kalimah sesederhana ini punya khasiat yang mengagumkan
    Lepas dari itu, hanya kepada Allah-lah kita semua berlindung dari godaan Syetan laknatullah..

    Oya, klo boleh kasih saran, sebaiknya hilangkan aja sob kode virifikasi di kotak komentar soalnya saya sering gagal kasih komentar walau sudah nulis kodenya. Atau kode tidak muncul dg sempurna.. Thx
    Satu lagi sob.. Blog ente berat sekali loadingnya pdhal koneksiku baik2 aja :(

    ReplyDelete
  2. Subhanallah...
    begitu dahsyatnya Basmallah

    slm knl sobat

    ReplyDelete
  3. hehe terimaksih sarannya, maaf blog saya baru 1 bulan lbh aja, jadi msh banyak kekurangan di sana sini. Kalo boleh minta saran gmana supaya blog sya bsa ringan load nya kalo di akses pke hp?? Pdhl udah dirubah di kode HTMLnya tp gak ngaruh..

    ReplyDelete
  4. penghuni60@:
    Salam kenal juga sob.. Hehe

    BLOG-SANTAI@:
    hi, udah di benerin, sekarang udah gak repot2 lg pke kode verifikasi. Thanks

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Silaturahmi sore dan terima kasih atas postingannya sungguh sangat bermanfaat. Dan hanya menambahkan sedikit :
    Pemisah antara mata jin dan aurat bani Adam adalah ucapan: bismillah, بِسْمِ اللهِ" Al-Jami'ul Kabir, Al-Suyuthi no: 14622.

    ReplyDelete
  7. B'tul! untuk itu kita harus hati2 dalam mengucapkan Lafadz Basmalah karena masih banyak diantara saudara kita asal2an saja mengucapkannya seperti; mau berangkat ke kantor juga baca Basmalah tapi dikantor masih melakukan hal2 yg bertentangan dengan makna dari Basmalah tsb.(Subhanallah...Naudzubillahi mindzalik).

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More