Apa yang terjadi jika matahari mati?

Bagaimana jika matahari mati, Mungkin bumi akan benar-benar merasakan pengaruhnya. Kematian matahari akan memusnahkan semua kehidupan di Bumi, jangan sampai gan... Namun, berita baiknya, katanya kematian matahari masih sangat lama.
Panel astronom di pertemuan tahunan American Association for the Advancement of Science mengungkap, matahari akan kehabisan suplai hidrogennya lima sampai tujuh atau delapan tahun mendatang.


Saat itu, gravitasi matahari katanya akan runtuh hingga ke intinya di mana sisa hidrogen akan menyebabkan matahari berubah menjadi raksasa merah. Pada titik ini, matahari akan menelan bumi. “Bumi akan berakhir karena matahari, menguap dan tercampur material matahari,” kata Lee Anne Willson dari Iowa State University. “Bumi akan dikremasi dan abunya tersebar ke ruang antar bintang”.

Pada saat matahari berubah menjadi raksasa merah, matahari jadi cukup panas untuk membakar semua helium dan ukuran mtahari akan berfluktuasi. Ledakan matahari tak cukup besar seperti supernova, melainkan runtuh seperti bintang white dwarf dingin. Seiring perubahan matahari menjadi raksasa merah, maka ukuran matahari akan membesar 10% tiap satu miliar tahun. Pada tingkat itu, ilmuwan memperkirakan semua air di Bumi akan menguap satu miliar tahun mendatang, artinya bumi sekarang masih cukup aman. Tinggal bagaimana kita bisa menjaga alam raya ini dari pengaruh2 yang secara tidak langsung akan merusak alam jagat ini seperti halnya pemanasan global.

5 comments:

  1. di ralat,, di paragraf pertama bukan lima sampai tujuh ato delapan tahun mendatang, tapi lima sampe tujuh ato delapan miliar tahun mendatang!!!

    ReplyDelete
  2. salam sob..
    sangat mengerikan jika matahari mati sob

    ReplyDelete
  3. kisah abu nawas@: jangan sampai sob, kasian anak cucu kita!

    ReplyDelete
  4. Saya tidak sanggup membayangkan saat-saat itu :)

    ReplyDelete
  5. @: hehe sampai segitunya, mksh dah berkunjung sob!

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More