Trik pencarian file melalui google

Banyak pelaku internet mungkin akan mengandalkan google dalam mempermudah mengakses atau mencari file dan link tertentu dalam browsing di dunia maya, dan mungkin sudah banyak yang tahu mengenai trik ini dalam pencarian file di mesin pencari google, tapi tidak ada salahnya saya akan bahas lagi mengenai trik ini barangkali mungkin sudah pada lupa sandi atau kode dalam mempermudah pencarian di google tsb. langsung saja selanjutnya akan saya jelasin beberapa perintah dasarnya. saya ambil dari beberapa sumber.




“Intitle:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yangdimaksud. Sebagai contoh pada pencarian, "intitle:kasus gayus" (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari page yang mengandung kata “ kasus “ sebagai judulnya dengan prioritas utama “gayus”.

Jika pada pencarian terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks allintitle: untuk pencarian secara lengkap. Sebagai contoh pada pencarian “allintitle:motor modifan”. Maka pencarian akan dibatasi pada dua subjek utama judul yaitu “motor” dan “modifan”.

“inurl:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan semua URL yang hanya berisi kata kunci informasi yang dimaksudkan. Sebagai contoh pencarian dalam pencarian, ”inurl : tutorial blog”. Pencarian akan menghasilkan semua URL yang hanya mengandung informasi tentang “tutorial blog“.

Hal yang sama juga berlaku pada sintaks ini, jika terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks “allinurl:” untuk mendapatkan list url tersebut. Sebagai contoh pencarian “allinurl: piala/dunia“ , pencarian akan menghasilkan URL yang mengandung informasi tentang “piala” dan “dunia”. Tanda garis miring slash (“/”) diantara dua kata piala dan dunia akan diabaikan oleh mesin pencari Google.

“site:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian suatu query informasi berdasarkan pada suatu situs atau domain tertentu. Sebagai contoh pada pencarian informasi: “waveguide site:itb.ac.id” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari topic tentang waveguide pada semua halaman yang tersedia pada domain itb.ac.id.

“cache:” akan menunjukkan daftar web yang telah masuk kedalam indeks database Google. Sebagai contoh: “cache:deffcon.org”, pencarian akan memperlihatkan list yang disimpan pada Google untuk page deffcon org

“filetype: ” ialah sintaks perintah pada Google untuk pencarian data pada internet dengan ekstensi tertentu (i.e. doc, pdf or ppt etc). Sebagai contoh pada pencarian : “filetype:doc site:go.id confidental” ( tanpa tanda kutip).
Pencarian akan menghasilkan file data dengan ekstensi “.doc” pada semua domain go.id yang berisi informasi “confidential”.

“link: ” ialah sintaks perintah pada Google yang akan menunjukkan daftar list webpages yang memiliki link pada webpage special. Sebagai contoh:“link:www.securityfocus.com ” akan menunjuukan daftar webpage yang memiliki point link pada page SecurityFocus.

“related:” sintaks ini akan memberikan daftar web pages yang serupa dengan web page yang di indikasikan. Sebagai contoh: “related:www.securityfocus.com ”, pencarian akan memberi daftar web page yang serupa dengan homepage Securityfocus.

“intext: ” sintaks perintah ini akan mencari kata kata pada website tertentu. Perintah ini mengabaikan link atau URL dan judul halaman. Sebagai contoh :“intext:admin ” (tanpa tanda petik), pencarian akan menghasilkan link pada web page yang memiliki keyword.

Itulah sedikit trik untuk mempermudah ato lebih bersahabat dengan google. Semoga bermanfaat!

1 comment:

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More