Sayeed man, si gangster itupun menangis saat mendengar lantunan Al-Qur'an

Saat pindah ke bagian barat Jerman, usai tembok Berlin runtuh, Sayed Mann, kala itu 12 tahun, adalah bocah yang tengah bingung mencari identitas diri. Keluarganya berasal dari Jerman Timur. Tumbuh besar di lingkungan sosialis, agama tidak pernah ada dalam kamus keluarga dan hidupnya. Ia cenderung tersenyum sinis saat melihat orang-orang pemeluk keyakinan tertentu, termasuk Muslim, Di Jerman Barat ia melihat situasi yang berbeda. Imigran lebih banyak dijumpai dan ia pun berkawan dengan beberapa orang asing. "Saya tidak terbiasa dengan kehidupan baru saat itu," aku Sayed. "Kami tiap hari hidup seperti sampah.


Idola kami adalah orang- orang kulit hitam Amerika yang tinggal di pemukiman terisolir," tuturnya. Mengidolakan mereka, pria yang dulunya bernama Sved Mann itu pun juga mencontoh perilaku para imigran itu. "Saya melakukan banyak hal buruk termasuk mencuri dan sebagainya," kenang Sayed. Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang imigran berasal dari Turki yang menjadi kawan akrabnya.

Si kawan itulah yang kemudian telah mengenalkan Sayed pada Islam dan berhasil mengajaknya memeluk agama tersebut. Kawan Sayed memiliki kakak lelaki seorang imam masjid lokal. Ketika si adik memberitahu niatnya untuk mengajak Sayed berkunjung ke masjid, sang imam mengaku pesimis. "Saya bilang, 'Dia? Tidak Mungkin'. Tapi adik saya sudah bertekad bulat. Bahkan ia mengatakan Sayed akan memeluk Islam sepulangnya saya dari bepergian," tuturnya. Tiga bulan kemudian, ketika si imam pulang kembali ia tiba-tiba disambut oleh Sayed dengan sapaan Assalamu'alaikum. "Wow saya terkejut. Ini benar-benar luar biasa," ujarnya.

"Saya bahkan sempat bertanya (pada Sayed-red) 'Apa yang terjadi padamu?'". Rupanya si imam memahami selama ini
Sayed selalu mencari, namun ia tak pernah-
pernah meluangkan waktu dan cenderung
mengabaikan ketimbang bersungguh-
sungguh. "Ia mengatakan selalu percaya dengan keberadaan Tuhan, saya kira itulah yang menuntun dia," kata si imam. "Saya melihat ia bahagia telah menemukan Islam. Kini si imam bahkan menjadi guru mengaji
Sayed. Dengan disiplin ia belajar bahasa Arab demi dapat membaca Al Qur'an Tapi Sayeed tak ingin disebut pindah agama.
"Tak pernah ada istilah berubah agama
dalam Islam," ujarnya. "Dalam Al Qur'an
disebutkan tak ada paksaan dalam
beragama," imbuh Sayed lagi. Lalu? "Saya lebih suka mendeskripsikan sebagai 'seseorang telah mengenalkan saya
pada Islam dan saya menuju agama itu,"
papar Sayed. Ketika ditanya oleh Cengiz Kultur, sebuah proyek independen pembuatan film dokumenter tentang agama dan budaya di Jerman, mengapa ia memilih Islam, dengan mantap Sayed menjawab, "Karena pada akhirnya semuanya adalah, Islam," ujarnya menekankan pada makna kata tersebut yakni berserah diri.
Ia telah mengucapkan ikrar dengan syahadat sepuluh tahun lalu. Sejak saat itu ia rajin membaca untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam apa makna Islam, termasuk bagi dirinya. Islam bagi Sayed adalah menyerahkan keinginan diri di bawah kehendak Tuhan. Mengapa ia mau melakukan? "Karena dengan itu nanti saya dapat bertemu dengan Pencipta saya, saya dapat menjumpai surga. Saya berhak untuk itu dan saya kira itulah Islam menurut saya saat ini," papar Sayed ketika ditanya esensi Islam o Sejak sepuluh tahun pula, Sayed melakukan shalat lima kali dalam sehari. "Ketika anda shalat anda absen dan istirahat dari dunia dan seluruh isinya.

Anda membersihkn dan menghadap Sang Pencipta," ujarnya. Ia mengaku tak ada strategi khusus untuk melakukan shalat lima kali dalam sehari di Jerman. "Setiap orang pasti bisa menemukan tempat untuk berwudhu, membasuh diri dan melakukan shalat," ujarnya tanpa beban. Sayed mengaku menemukan keyakinannya
setelah diskusi panjang dengan si kawan
tadi dalam satu malam. "Setelah itu saya
langsung menyatakan ingin pergi ke masjid
bersamanya," ungkap Sayeed. Ketika itu subuh dan seorang anak kecil tengah melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an.
Tiba-tiba Sayed pun menangis. "Saya tidak
tahu mengapa. Saya tidak paham bahasa
Arab, saya tidak tahu apa yang ia baca, tidak
tahu apa pun," kenangnya. "Tapi hati saya jelas telah memahami sesuatu.

Itu benar-benar pengalaman luar biasa," tutur Sayed. "Saya yang hidup di jalan ala gangster tiba-tiba bisa menangis dan tidak tahu mengapa." Kini selain ketenangan dan keteraturan hidup Sayed juga menemukan hal berharga lain dalam Islam. "Ketika anda menjadi seorang Muslim, anda kehilangan teman tetapi anda mendapatkan saudara," ujarnya. Dengan segera anda menjadi anggota sebuah keluarga. Ini sesuatu yang tidak bisa saya peroleh dalam gereja-gereja di Jerman."

7 comments:

  1. Subhanallah,,,,

    nice hikmah bro,,,

    ReplyDelete
  2. @muarra:
    mudah_.mudahan bermanfaat, terima kasih atas kunjunganya sob :)

    ReplyDelete
  3. subhanallah...
    akhirnya mendapat hidayah dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  4. artikel penuh hikmah, makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  5. narti#
    iya hidayah Allah akan datang kapan saja hehe...

    sda#
    makasih juga atas kunjunganya :)

    ReplyDelete
  6. Isi dari artikelnya sngat bermakna dan bagus sekali.... makasih sudah kunjungi aku dan menjadi sahabat baruku....dan aku mohon bantuannya krn aku msh baru didunia ini..... follow aku jg ya..

    ReplyDelete
  7. @Bunda Loving:
    terimaksih juga bunda atas komentar dan follownya, sudi kiranya kita saling berbagi dan melengkapi karena saya juga masih dlm fase pembelajaran hehe...

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More