Bisa Sedikit Menulis Bukan Karena Bakat Namun Minat

Dalam empat bulan terahir ini kadang saya suka di sibukan sama aktivitas hobi baru, yaitu menulis dan itu suatu ide yang sering muncul di setiap pemikiran saya walaupun basicly saya sebenarnya suka melukis dari semenjak kecil, entah itu pesan dari bakat alam atau anugerah yang pasti sih sebenarnya saya doyan ngelukis mungkin hasil dari buah proses otodidak artinya alami atau apapun itu namanya saya kira semuanya udah paham. Maksa! Ya lumayan lah kalau buat sekedar ngelukis wajah gayus tambunan sih mudah-mudahan mirip! Dan Alhamdulillah di usahakan ga mirip saya hehe..


Okay, saya juga suka semua hal tentang dunia olahraga, dari zamanya saya masih pakai piring buat mukul shuttlecock main badminton sampai saya sudah benar benar pakai kostum komplit bak pemain pelatnas cipayung HAHA!. sayangnya semua yang menjadi kelebihan saya itu justru tidak di manfaatkan oleh orang orang yang kompeten, (sombongnya!). padahal jujur aja saya berharap banget bisa main untuk atas nama merah putih, tapi itu dulu sodara sodara. sekarang tinggal nyesel plus kecewa, tapi kecewa bukan karena ga kesampaian jadi pemain nasional tapi lebih pada soal prestasi para pemain indonesia yang jauh dari kata membanggakan ahir-ahir ini.

Eniweii, dari sekian banyak bualan di atas sedikit bakat, saya justru sekarang malah lebih tertantang untuk bisa sekedar menulis, ga tau kayanya seru aja dan bisa di bilang mempunyai banyak manfaat dari banyak sisi yang lebih bersifat positip. Lalu pada titik mana kemudian itu bisa di jadikan sebuah karya, saya sih berharap hanya sebatas memenuhi hobi baru saya saja, itupun tulisan asalan yang sifatnya bukan ilmiah.
Prinsipnya saya sudah bersyukur banget kalau tulisan saya ini bisa di terima atau setidaknya bisa di pahami oleh pembacanya, karena bagi saya semua yang saya tulis setidaknya bisa mewakili sisi pribadi saya walaupun tidak secara utuh, Tergantung bagaimana pembaca menangkap sebuah tulisan saya ini dengan nalar dan persepsi masing masing.

Sedikit orang mungkin tidak paham atau tidak mau memahami untung ruginya kita sering menulis, hasil saya berdiskusi dengan pengalaman empat bulan di dunia blog, saya justru merasakan ada perubahan dalam cara pandang saya tentang hal apapun, untuk menuangkan buah pikiran dan ide--idenya dalam bentuk tulisan. Dengan cara, dibantu asisten atau co-writer.
Dan Kadang sesekali melihat atau mengalami kejadian tertentu saya sering merasa tertantang untuk selalu di aplikasikan dalam sebuah bentuk tulisan, mencoba di uraikan dan kemudian di bahas walaupun masih dalam kajian yang normatif dan se abreg celah buat di kritik.

well, maka dari sinilah saya di tuntut untuk berbuat lebih dengan kata lain bisa memanfaatkan kesalahan saya sendiri menjadi sebuah koreksi pribadi. Yang tentunya masih banyak kesalahan di sana sini, tapi saya coba menyikapi kesalahan kesalahan tersebut untuk tidak patah semangat karena saya yakin dan jujur saya sebenarnya masih bisa untuk berbuat lebih. lebih kreatif, lebih bijak dan lebih mendekati orang orang yang di anggap saya hebaat.
Bagi saya dunia menulis saat sekarang sudah menjadi keharusan di tengah megah-nya panggung dunia maya. Saya nulis tidak harus tumbuh dari bakat tapi cukup dengan niat dan minat, nah sejauh mana minat tersebut bisa di pelihara maka sejauh itulah buah karya tulis saya akan menjadi bagian dari sejarah saya. Mudah2an :)

37 comments:

  1. semenjak aktif ngeblog saya juga jadi rajin menulis.
    "Orang boleh setinggi langit, tapi selama tidak menulis dia akan hilang dalam sejarah"

    btw, pertamax nih:D

    ReplyDelete
  2. terkadang rasa minat lebiha penting dari pada hanya berbakat... salam kunjungan dari Indonesia, semoga sudi berkunjung ke rumah ku yang sederhana ini! have being friends...!

    ReplyDelete
  3. @Nova Miladyarti:
    Okay ditunggu karyanya ;D

    Well, sejarah juga akan selalu mencatat setiap kali kita berkarya lewat tulisan :)

    ReplyDelete
  4. @d'zaro:
    Betul, bakat sifatnya cuma diem tapi kalo minat lebih pada bereaksi atau jalan. Okay makasaih dah mo mampir ;D

    ReplyDelete
  5. tapi beruntung lah orang yag memiliki kedua hal tsb. minat dan bakat. :)

    salam kenal. hee

    ReplyDelete
  6. Hi, salam kenal yah. Maap baru bisa berkunjung balik. Thanks dah mampir ke rumah keluaragzulfadhli :-)

    Btw kalo menurut gw mah sebenernya bakat kalo ga diasah yah sama dodolnya dengan orang yang ga ada bakat terus ga berusaha untuk belajar.

    Bagi gw, menulis sendiri merupakan bentuk ejakulasi pikira. Daripada dipendem2 kama2 jadi jerawat mending dituangin dalam bentuk tulisan :-)

    ReplyDelete
  7. banyak hal tentunya dengan menulis, karena dengan menulis kita banyak membaca dengan banyak membaca kita jadi banyak tau.

    sepertinya minat lebih penting dari bakat, walau bakat ada tapi nggak minat maka tidak bisa juga.

    ReplyDelete
  8. @ma_dhan:
    Lebih beruntung lagi di tambah dgn niat :)

    ReplyDelete
  9. @Zulfadhli's Family:
    Iya, Peran bakat hanyalah sekian persen, dan sifatnya semata sebagai penunjang hehe, menulis juga bentuk wadah sebuah ide atau pikiran.

    Okay gpp, makasih juga udah mau komentar ☺

    ReplyDelete
  10. @rizal:
    Kalo boleh di sambung hehe dengan banyak tau kita jadi pintar dan jauh dari kebodohan padahal kebodohan dekat sekali dgn kemiskinan ☺

    ReplyDelete
  11. orang boleh punya bakat... tapi kalo gak ada minat, gak diasah en gak usaha untuk mengasah bakatnya, maka bakat itu hanya akan tenggelam sia-sia....

    ReplyDelete
  12. iya mas kalau gak ada minat kita gak akan ada tau bakat kita seperti apa, ikhtiar dulu baru berdoa...hehehehe

    ReplyDelete
  13. Kran demokrasi dan keterbukaan telah dibuka lebar-lebar. Negara menjamin kemerdekaan tiap penduduknya untuk mengungkapkan 'ekspresinya'. Teknologi informasi dan komunikasi telah mengalami kemajuan yang pesat. Apapun kejadian yang ada di dunia ini bisa kita ketahui dalam waktu sekejap mata. Dunia blogging semakin semarak dan gemerlap. 'Ungkapan hati' para penulisnya dapat menjadi sumber rujukan. Posting yang menarik. Salam sukses selalu Sobat. Selamat berkarya.

    ReplyDelete
  14. dengan adanya konsistensi menulis, menurutku kita semakin terampil membaca, menanggapi dan membuat sebuah karya tulis :)

    ReplyDelete
  15. SEMAGAT.nice posting.niatin ibadah..klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    ReplyDelete
  16. setuju banget,biar punya bakat tapi gak diasah ama aja boong.klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    ReplyDelete
  17. @Aina:
    Iya bakat itu cuma sepersekian persen dari sebuah kesuksesan.

    ReplyDelete
  18. @Arief Bayoe Sapoetra:
    Iya mungkin tiap org punya bakat masing2, tapi kadang org tidak mau mencari bakat yg di milikinya.

    ReplyDelete
  19. @Herdoni Wahyono:
    Betul mas, di tengah era keterbukaan demokrasi zaman sekarang kita sebenarnya di tuntut untuk menyuarakan apapun dan itu sudah di atur undang2, tentunya lewat tulisan hehe.. dari tulisan blognya alanda kariza aja sekarang bisa sedikit menguak mafia di balik kasus bank century ;D

    ReplyDelete
  20. @Ajeng Sari Rahayu:
    Ya tentunya bisa mengambil entri positip dari sebuah tulisan atau bacaan :)

    ReplyDelete
  21. Assalamu'alaikum Kang, maaf telat.
    Dulu saya paling males kalo disuruh membuat karangan pelajaran bahasa Indonesia. bukan saya sangat kesulitan membuat rangkaian kalimat. Jangankan satu paragraf, satu baris saja sangat susah.
    Alhamdulillah dengan ngeblog, ternyata bisa juga nulis walo masih jauh dari harapan sebuah tulisan

    ReplyDelete
  22. menulis apa saja membuat kita terbiasa dan menyatu dalam jiwa, apapun tulisan kita akan jadi karya yang tak pernah mati. Terus dan terus...layaknya pisau semakan terasah akan terlihat kilaunya.

    Met berkarya sob..

    ReplyDelete
  23. OOT: di coba mas pake hp DL nya..sapa tau bisa..jgn lupa doa dulu..hihihihi..thx ya, paling gak dah ada niat baik mau memiliki lagu Belantara Indonesia

    ReplyDelete
  24. aq juga kepingin buat blog yang isinya tentang tulisanku.., sudah malas saya copas2 artikel orang.. :)

    thanks :)

    ReplyDelete
  25. @Djangan Pakies:
    Jauh harapan dari sebuah tulisan, hehe menurut saya sih tulisan pak kies sudah bagus banget artinya tight; kenceng dan sempit... Hehe

    ReplyDelete
  26. @iffa hoet:
    Iya mbak, berkarya adalah usaha dan usaha adalah ibadah hehe ...

    ReplyDelete
  27. @Adit Mahameru:
    Okay, bismillahnya udah tinggal jaringanya doang. kayaknya lagunya lumayan enak neh ;D

    ReplyDelete
  28. @Daris Firzan:
    Iya, dulu juga saya sering pke copas, tapi alhamdulillah skrg udah lebih meninggalkan sisi plagiatnya walopun bukan sepenuhnya plagiat itu salah hehe.. kalo tidak di coba dari sekarang kpn lagi? :)

    ReplyDelete
  29. Selamat menulis deh brade Yayack

    ReplyDelete
  30. saya menulis juga karena minat, bukan krn bakat... kalau ga percaya lihat saja kualitas tulisan saya, masih amatiran gitu lhooo

    ReplyDelete
  31. lebih enak kalo nulis ga dikejar deadline ya mas..
    kalo jadi wartawan deadline-nya cuma sehari.
    lewat 24 jam jadi berita basi.. tapi nulisnya jadi buru2 n kualitas tulisan menurun.

    tapi kalo mas yayack pasti jago nulis n ga pernah kehabisan inspirasi.. semangat mas!

    ReplyDelete
  32. @r10:
    Amatir juga gpp asal enak di baca ;D

    ReplyDelete
  33. @Geafry Necolsen:
    Iya ya wartawan sih di kejar sama deadline tp emang tuntutanya jg profesionalitas..
    Hehe jago apaan, haha paling2 jago copas!

    ReplyDelete
  34. Betul banget....kadang minat untuk terus menulis suka ada,apalagi sudah terlintas di benak kita.. tp kadang2 waktu utk nulisnya gak ada..dan esoknya jd lupa deh.....he he he

    ReplyDelete
  35. @Bunda Loving:
    Iya emang suka kaya gitu, udah punya judul yg mo di publish tapi pas menulis ahirnya ga pas dan ujung2nya ganti judul juga hehehe...

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More