Hidayah Di Balik Jas Hujan

Tidak salah juga kalau saya harus berterima kasih sama jas hujan kepunyaan Ikbal Pratama, sepupu saya. karena gimanapun juga saya sekarang bisa terbebas dari penyakit kambuhan demam ataupun pilek. Ada saja mungkin jalan saya untuk bisa selamat dari ketakutan kena air hujan hehe.. Okay, mungkin ini hikmah atau berkah dari sebuah keikhlasan yang sebenarnya sudah di rencanakan oleh Allah SWT, I believe! kenapa bisa di katakan seperti itu? pastilah ada sebuah jawabanya yang tidak di sadari mungkin ada dalam setiap keseharian kita. Well, ceritanya di sela waktu luang, dari pada saya beli kemeja yang aslinya emang ga bawa duit banyak (jujur) Hehe, saya mencoba mencari buku di Gramedia walaupun cuma bawa duit pas pasan. Entah itu buku apa sebenarnya dari rumah juga saya tidak punya target tertentu mau nyari buku dengan segmentasinya apa, yang pasti sih mau lihat lihat saja dulu, eniweii kalau di rasa buku tersebut cocok artinya wajib di pegang buat di baca barulah saya putuskan untuk periksa kantong dulu, baru saya beli. Bahkan keberadaan toko buku Gramedia juga sering saya manfaatkan sebagai perpustakaan gratis, Hehe orang bijak kan harus bisa memanfaatkan kesempatan dalam keterbatasan, jiaah!




Setelah ngesot dari satu rak ke barisan buku yang lainya dan mengobarak abrik banyak buku, ahirnya saya menjatuhkan satu pilihan sebuah buku best seller buat saya beli dengan judul bertajuk "Dahsyatnya sabar". Buku tersebut karangan Ahmad Hadi Yassin dari Qultum media, lumayan lah buat baca baca sebagai nutrisi hati atau referensinya buat proses dalam keseharian hidup saya. Setelah komat kamit nebeng baca buku sejarah juga, tidak terasa waktupun seolah menegur saya dari bunyi sebuah SMS, setelah lihat hape jadul saya ternyata waktu sudah hampir jam empat sore, dan sebagai seorang muslim sayapun punya panggilan bathin dan bergegas keluar mencari mushola buat ibadah sholat Ashar. pas nyampai pintu keluar ternyata hujan sangat deras sekali yang memaksa saya untuk berpikir panjang bagaimana saya bisa pulang nantinya, padahal habis maghrib saya sudah di wanti wanti dari SMS tadi untuk sesegera mungkin bisa nyampai di rumah, di sisi lain kalau saya harus memberanikan buat hujan hujanan di jalan mungkin saya tidak mau ngambil resiko kena pilek ataupun demam, intinya sedikit takut (baru sembuh). Wah dasar nih ujan!

Setelah selesai sholat, sejenak sambil menunggu hujan reda sayapun berdoa "Ya Allah berikanlah saya jawaban dengan di berhentikannya air hujan turun dari langit", tapi itu semua saya pasrahkan sama kehendak Allah.... Diem sejenak, dalam hati saya, ini hujan kayaknya bakal lama. Sedikit nekad dan demi banyak kepentingan yang sifatnya lebih penting, saya coba memberanikan diri buat hujan hujanan di jalan, mau jatuh sakit pikir saya itu belakangan. yang penting habis maghrib intinya saya udah nyampai di rumah.

Udah kepikiran tadinya buku yang sudah saya beli juga buru buru mau di taruh dengan tujuan mau di simpen di bawah jok motor, bukanya napa napa supaya buku tidak kena basah. Setelah saya buka jok motor ternyata di situ sudah ada lipatan parasit yang ngebuat saya sedikit kaget. Kok ada jas hujan? Dalam hati saya. pikirnya selama ini saya tidak punya jas hujan, kecuali dapet minjem dari tetangga Haha. Ahirnya Alhamdulillah... Seakan Allah mendengar segala doa dari banyaknya kehawatiran saya. mungkin ini jas hujan punya sepupu saya yang ketinggalan di bawah jok motor setelah kemarin meminjam motor saya. Bisa di katakan mungkin inilah korelasi dari sebuah pesan hikmah dan berkah di balik keihlasan saya. Dengan sangat bersyukur Sayapun bisa selamat dari resiko keduanya, selamat dari resiko kehujanan dan selamat bisa sampai rumah menghadiri acara tepat waktu. Sungguh Allah SWT selalu hadir buat kebaikan dan keselamatan hambaNya.

Pertolongan Allah selalu ada bersama niat baik hamba-Nya. Nama Allah akan selalu abadi di lidah
orang-orang yang berdzikir dan berdoa. Jalan Allah selalu menemani langkah kaki hamba yang berjalan dengan mengharap ridho-Nya. Keagungan Allah selalu hadir menenangkan hati kehawatiran hamba yang selalu mengingat-Nya. Luasnya rahmat Allah selalu ada di sekitar hamba-Nya yang selalu bersyukur.

Subhanallah. Terkadang kita merasa jauh dari Allah, padahal Dia selalu dekat dengan kita!
Ketika manusia tersesat dan merasa tidak ada lagi pertolongan yang sanggup menolongnya, siapakah yang masih peduli mengasihinya? HANYA ALLAH! Percayalah, prasangka Allah akan selalu sama dengan prasangka hamba-Nya. Maka berhusnudzonlah kepada Allah, maka Dia akan memberikan yang terbaik buat hambaNya sesuai dengan ketentuaNya. Amiiin..

Semoga bermanfaat!

32 comments:

  1. kembali lg ke niat kita ya sob...

    ReplyDelete
  2. Subhanalloh...!! itu namanya pengalaman spritual ya sob, dengan begitu kita yakin bahwa Allah itu ada dan sgt dekat dg kita. Allah selalu memberi kejutan pertolongan yg tak disangka sangka. Aku juga sering mengalami hal tsb sob.

    Tengkyu n Allah Bless U

    ReplyDelete
  3. @Penghuni 60:
    tul banget bro, tapi kadang niat baik juga belom tentu hasilnya akan menjadi baik, tergantung bagaimana kita bisa menyikapinya. sekali lagi berhusnudzon lah selalu...

    ReplyDelete
  4. @iffa hoet:
    bisa di katakan seperti itu, kita hanya bisa merencanakan tapi Allah yg menentukan hehe, iya pegalaman kaya gini setidaknya bisa menjadi sebuah pelajaran...

    ReplyDelete
  5. Saya pernah tersesat (dalam arti yang sebenarnya) dan saya sadar bahwa Allah lebih dekat dari yang saya pikirkan. Maha Suci Allah,,

    ReplyDelete
  6. amiin..saya jg sering sekali mendapat pertolongan alalh, seakan doa saya di jawab-Nya.

    suka deh sama ceritanya..seakan semakin meyakinkanku bahwa Allah selalu mendengar doa-doa hamba-Nya yg penuh harap pada-Nya.

    thanks

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah, mukjizat dari Allah yg patut disyukuri

    ReplyDelete
  8. @masbro:
    Kayaknya bagus ceritanya buat di publish :)

    ReplyDelete
  9. @wits:
    Iya, doa yg di ijabah Allah salah satunya di kala sedang hujan, mungkin itulah yg saya alami hehehe

    ReplyDelete
  10. @r10:
    Semoga mukjizat tsb menjadi swbuah pesan positip buat kita sebagai hamba Allah...

    ReplyDelete
  11. kita sering kali menjadi terkejut ketika kita dapati sebuah pertolongan yang datangnya dari arah yang tidak pernah kita sangka, dan itu adalah buah indah atas amalan kita.

    apapun yang kita miliki dan rasakan semua karena Alloh SWT dan ketika kita berada pada tersulit maupun terhebat sesungguhnya kita sedang dalam ujianNya.

    ReplyDelete
  12. Amin.
    tetap mengingatNya meskipun dalam keadaan sulit, biasanya kan orang bisanya ngeluh kalau hujan lebat syukur alhamdulillah mas Yayack nggak gitu :)

    ReplyDelete
  13. @Djangan Pakies:
    Berarti saya sudah lulus dari ujian tsb ya pak kies, hehe artinya saya lebih banyak belajar lagi dari peristiwa tersebut. Dan tentunya saya jadi sadar akan keberadaan pertolongan Allah di manapun itu.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah..semoga segala sesuatu yang terjadi pada kita, slalu mengingatkn kita akan kuasa Allah.
    Karna masih banyak manusia yang mungkin tidak menyadari bahwa Allah sllu bersamanya dalam hal apapun..
    syukron, ceritanya bisa menyejukkan hati.

    ReplyDelete
  15. sama sob, sering ke gramed buat nemu bacaan gratis..

    insya alloh kalo emang niatnya tulus dan dijalanin ikhlas, manfaatnya terasa koq.

    lagian, pertolongan Alloh itu selalu ada untuk orang yang beriman.. dan datang dari mana saja arahnya.

    ReplyDelete
  16. Pengalaman yang luar biasa, yang membuktikan bahwa pertolongan Allah selalu datang disaat kita memerlukannya dan kita tak pernah tahu kapan pertolongan itu datang.
    Itu sebabnya kita harus senantiasa berusaha utk selalu ikhlas dan berbuat baik kan?

    ReplyDelete
  17. Pengalaman yang jika kita mau memahaminya sebenarnya sarat pelajaran yang dapat kita gunakan untuk mempertebal keyakinan dan kecintaan kita kepadaNYA, ya?

    ReplyDelete
  18. @amisha:
    Makasih kembali udah mau berbagi hehe..

    @gaphe:
    Wah berarti sama suka nyuri ilmu di gramed haha iya sob makanya coba jalan2nya ke masjid masjid ;D

    ReplyDelete
  19. Pertolongan Allah akan selalu datang......pd saat kita benar kusyuk memohon pada-NYA...

    ReplyDelete
  20. @catatan kecilku:
    Maybe, I was just thinking kenapa ya saya baru sadar sekarang? Hehe tentunya ini sebuah pengalaman yg perlu di jadikan renungan ...

    @the others:
    Think about it buat orang2 yg sedang mencari petunjuk hehe makasih banget nih udah mau share ;D salam

    ReplyDelete
  21. Tuhan selalu membantu kita, aku percaya itu. Bahkan disaat kita lupa padanya. Itu namanya berkat. Tapi hati2 lho, mas, jangan sering2 jadiin Gramedia perpustaan gratis. Aku punya pengalaman buruk dapat puluhan eksemplar novel perdananku yg di reject, padahal waktu dikirim ke Gramed (seluruh Indonesia) dalam keadaan bagus (tersegel). Ternyata oh ternyata... itu gara2 ulah teman2 yang ingin membaca gratis. Satu buku dibaca sama puluhan bahkan ratusan orang sekaligus! Rusaklah buku2 tak berdosa itu, hehehe... Meski nggak banyak, tapi tetap, kami (aku dan publisher) "merugi" :) Lebih baik baca diperpustakaan saja, atau pinjam teman :)

    ReplyDelete
  22. Selalu ada hikmah dibalik peristiwa dalam perjalanan hidup kita. Paling tidak apa yang kita alami dapat menebalkan nilai keimanan dan ketaqwaan kita....

    Makasih atas renungannya, salam hangat selalu....

    ReplyDelete
  23. @bunda loving:
    Iya bun, makasih udah berbagi hehe..

    @dunia kecil indi:
    Iya berkat rahmat datang buat siapa saja :)

    Owh gitu ya, prihatin juga sih... Tp saya mengobrak abrik bukanya mmbuka buka yg msh disegel, cuma liat buku yg sudah di baca banyak orang itupun malah sengaja di buka oleh penjaga tokonya sendiri istilahnya buat sample hehe... Kalo org jualan jeruk di gang gang kan ada icip2nya manis apa pait gitu ;D

    @noor's blog:
    Bener ya, perjalanan hidup penuh tantangan dan rintangan tp di situ pasti banyak hidayah dan hikmah yg seharusnya perlu di cari.

    ReplyDelete
  24. punya saya kok ndak ditanggepin ya komennya -.-"

    ReplyDelete
  25. @Ajeng sari rahayu:
    Ho oh, di kasih panas katanya gerah di kasih hujan katanya becek itulah manusia hehehe.. Gak ada sukurnya, Saya juga kadang suka gitu ;D

    Maaf lupa ngebales hehe bingung jaringanya lg ngadat ;D

    ReplyDelete
  26. posting yang menarik.memang kita harus banyak bersyukur

    ReplyDelete
  27. postingannya menarik loh.kita memang harus pandai bersyukur,kapan ni maen2 keblog ane

    ReplyDelete
  28. perenungannya bagus dan menyentuh looh :)

    ReplyDelete
  29. @i-one:
    Iya sob, selalu bersukur contoh sifat dari rsululloh yg perlu kita teladani :)
    Okay, saya langsung ke TKP ;D

    @☺☺☺:
    Owh gitu ya ta, makasih semoga jadi perenungan bagi banyak orang yang membacanya :)

    ReplyDelete
  30. saya sempet dipotong rambut ama bapak pake tutup jas hujan. :D

    ReplyDelete
  31. memang kita perlu banyak2 bersyukur, mas. apalagi setelah kita diberi nikmat yang tak terhitung banyaknya oleh Allah.

    oia, saya ijin share. mohon jangan dianggap sebagai spam. namun jika tidak berkenan, dihapus saja tidak apa-apa.

    seorang adik dari anak didik teman saya saat ini sedang membutuhkan bantuan seikhlasnya, baik berupa doa untuk kesembuhannya maupun dalam bentuk finansial. Saat ini dana yang terkumpul baru sekitar 3,5 juta, sementara yang dibutuhkan sekitar 50juta.

    info lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

    Nurul Safika

    silahkan di share ke rekan-rekan yang lain.
    insya Allah, kebaikan anda semua mendapatkan balasan Tuhan yang Maha Esa.
    terima kasih.

    ReplyDelete
  32. kok,belum ada postingan baru mas?klu ada waktu kunjungi blog ane ya?

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More