Waktu Telah Mencatat Saya

Kata banyak orang sih waktu adalah uang atau bahasa orang bulenya "time is money", sebegitu berharganya sebuah waktu sampai harus di persamakan dengan sebuah uang, Namun banyak orang ahli kebijaksanaan hidup, waktu itu di ibaratkan sebagai pedang. Ya sebuah pedang... Tepatnya waktu ibarat pedang yang akan siap menebas siapa saja termasuk saya yang tidak dapat memanfaatkan waktu tersebut dalam kebaikan dan kemuliaan. dalam sisi lain, waktu juga sebenarnya adalah sebuah karunia dari Allah yang mana kalau bisa di manfaaatkan dengan baik tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik juga, Hehe... pengertianya, orang yang sukses adalah orang yang tahu waktu, artinya dia bisa memanfaatkan waktu tersebut menjadi sebuah keberhasilan.

kapan waktu itu untuk di gunakan sebagai proses pengaplikasian dalam bekerja dan kapan waktu itu di gunakan untuk sebuah doa guna menyempurnakan proses tersebut, selanjutnya sabar juga memerlukan waktu untuk menyempurnakan kerja dan doa yang bisa di hargai oleh sebuah keberhasilan dan kebaikan. Ini contoh kecil, dalam keseharian, dulu saya sebenarnya kadang suka cuek dengan waktu, sholat isya saja kadang harus nunggu sebelum tidur perasaan males aja kalo ngelakuin sholat pas awal waktu dan selalu punya pikiran entar saja nunggu acara tv selesai, entar nunggu pulang nyampai rumah, atau entar nunggu istirahat dulu sebentar serta alasan alasan lainya yang kadang kalau saya pikirkan justru berpotensi akan merugikan saya sendiri secara pribadi baik itu prinsip dalam bersikap ataupun kedewasaan.
Sekali lagi time is money, Apapun itu istilahnya, waktu bagi saya adalah sesuatu
yang sangat berharga yang telah di anugerahkan Allah kepada kita. Waktu ini
memiliki keunikan selalu bergerak maju dan
tidak pernah mundur sedetikpun. Waktu juga tidak bisa di ulang dan akan selalu meninggalkan setiap orang yang melalaikannya. Waktu juga bisa membawa
seseorang pada kesuksesan, namun juga
dapat menjerumuskan pada kegagalan.

Lantas bagaimana menyikapi waktu ini agar memberikan keuntungan?

Setau saya waktu sungguh sangat berharga sekali, rasanya baru kemarin saya duduk di bangku SD, remaja dan terus dewasa dan seberapa banyak lagi sisa waktu hidup saya ini juga tidak tahu. Apakah esok hari saya masih di beri waktu tentunya tidak tahu juga dan mudah mudahan sekarang saya sadar tanpa embel embel malas dan cuek tentunya bisa memanfaatkan waktu yang tersisa ini menjadi sesuatu dalam bentuk kebaikan dan positip. Maka merugilah saya kalau tidak bisa memanfaatkan waktu saya setiap menitnya, setiap jamnya, setiap hari dan seterusnya untuk menjadikan sebagi usaha dalam pengembangan diri sesuai dengan visi dan tujuan hidup saya.
Merujuk pada prinsip dan pikiran orang bijak bahwasanya orang yang akan menjadi pemenang dalam hidup ini adalah mereka yang dapat mensyukuri nikmat waktu yang diberikan Allah SWT. Mereka yang dapat
memanfaatkan waktu dan kesempatan yang telah dianugerahkan kepadanya untuk hal- hal kebaikan dan kemuliaan hidupnya.

Namun sebaliknya mereka yang menjadi
orang kalah dan gagal dalam proses hidup adalah mereka yang tidak pandai menggunakan waktunya dengan baik dan mereka yang telah menyia nyiakan jatah waktu hidupnya untuk hal-hal yang tidak membawa pada sebuah kemanfaatan dan kebaikan. Tentu saya masih Ingat hadist Nabi tentang “lima perkara sebelum lima perkara ” itu maksudnya adalah supaya saya atau kita-kita bisa mempergunakan waktu dan kesempatan
dengan sebaik-baiknya sebelum
hilangnya waktu atau kesempatan tersebut.
Berikut Lima perkara sebelum datangnya lima perkara;

1. “Pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu”.

2. “Pergunakan masa luangmu sebelum datang masa sibukmu ”.

3. “Pergunakan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu ”.

4. “Pergunakanlah waktu kayamu sebelum datang waktu miskinmu ”.

5. “Pergunakan hidupmu sebelum datang matimu”.

Semoga artikel ini bermanfaat! Wassallam....

24 comments:

  1. yup... seperti mata pedang yang tajam,jika kita lalai menggunakannya maka celakalah akibatnya...

    ReplyDelete
  2. waktu itu peluang. peluang yang mungkin tidak pernah bisa menunggu. waktu itu berjalan statis. dia ga akan berlalu tapi juga ga akan mundur. jadi ada kalanya beberapa hal membuat kita ketinggalan hanya karena waktu. intinya sih terus belajar aja karena sekali lagi waktu = peluang = yang ga akan pernah bisa nunggu. mau ketinggalan atau mencapai finish duluan adalah pilihan.

    ReplyDelete
  3. kalo kata orang arab, pepatah bilang waktu adalah pedang. jika tidak menggunakan dengan bijak, maka pedang itu bisa menebas penggunanya sendiri..

    bener juga, kalo waktu nggak dimanfaatkan dengan baik emang akan mendatangkan kerugian

    ReplyDelete
  4. sepertinya itu hadits ya bang?

    ReplyDelete
  5. @Zan Insurgent:
    Ya jika kita bisa merawat pedang tsb dan menggunakanya dgn baik niscaya kita berada pada pihak yang selamat...

    maksih komentarnya hehe

    ReplyDelete
  6. @☺☺☺:
    "waktu itu peluang. peluang yang
    mungkin tidak pernah bisa menunggu".

    Bener sekali pendapatnya, setiap orang pasti punya peluang, baik tidaknya hasil dari memanfaatkan peluang tsb sekali lagi hehe itu adalah pilihan...
    Makasih udah mampir mbak..

    ReplyDelete
  7. @Gaphe:
    Bahkan pedang tersebut bisa menebas semua cita2nya yang dulu pernah di perjuangkan saban hari. "waktu"suku katanya sederhana tapi maknanya luar biasa.

    @john Terro:
    maksudnya lima perkara sebelum datangnya lima perkara ya? Hehe...
    Ya itu sebuah Hadist yang di riwayatkan Imam Hakim dalam kitab al-Mustadrak.

    ReplyDelete
  8. jika kita terbiasa dengan menjawab panggilan azan
    5 waktu tepat dengan shalat berjamaah, fa Insya Allah semua kegiatan dalam hidup ini akan tertata dengan indah, maka kita bisa menghargai waktu sesuai dengan kondisi dan kesempatan. Semoga kita tergolong orang-orang yang tercatat sebagai orang yang bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya

    ReplyDelete
  9. waktu itu takkan pernah kembali.. hargailah tiap detik itu..

    ReplyDelete
  10. saya akan terus usaha untuk tidak menyia-nyiakan waktu, makasih ya...

    nasehat di atas sangat berguna :)

    ReplyDelete
  11. Bila kita tidak bisa berteman dengan waktu, maka waktu akan menggilas hari hari kita. Melewatkan hidup kita tanpa berbuat apa apa adalah kerugian yang teramat sangat.

    Salam hangat Mas;

    ReplyDelete
  12. bermanfaat mas, soal waktu ini memang harus terus dinasehatkan karena selalu menghadirkan kekecewaan.

    ReplyDelete
  13. @Djangan Pakies:
    Rasanya indah sekali kalo hal tersebut bisa dilakukan ya pak, amiiin semoga kita menjadi golongan orang2 yg ada di tengah2 antara peluang, waktu dan kebaikan :)

    ReplyDelete
  14. @A.s.t.i.n.a:
    setuju sekali mbak, menghargai waktu suatu keharusan buat orang2 yg mau berpikir positip...

    @Ajeng sari rahayu:
    Oke, semoga saja ada hasilnya mbak, gimanapun pencapaian harus di awali dulu dgn keinginan. Makasih juga udah mo berbagi :)

    @Masbro:
    Atau Lebih tepatnya kita harus adu cepat dengan waktu yah..

    @Muhammad A Vip:
    Iya waktu ini selalu menjadi tantangan dalam keseharian kita untuk di taklukan. Sikap dan berpikir positip menjadi sebuah keharusan kan.

    ReplyDelete
  15. yup...bener banget bang........kalau menyia-nyiakan waktu, sama saja menyia-nyiakan hidup

    ReplyDelete
  16. sama-sama ;D lebih sering share bisa ngedapetin banyak pelajaran. ditunggu share berikutnya ya ☺

    ReplyDelete
  17. @BLACKBOX:
    Iya bang, kata wonderfullife sih sama saja dengan membuang peluang, sesempit apapun peluang tsb setidaknya bisa menjaadi catatan yg positip..

    ReplyDelete
  18. @☺☺☺:
    Iya teh, berbudaya untuk berbagi dapat menguatkan nilai ukhuwah dan silaturrahmi :)

    ReplyDelete
  19. hehehe terkadang kita memang menyianiakan waktu sehingga pekerjaan jadai terbelengkai

    ReplyDelete
  20. semoga dengan bismillah semua pekerjaan kita menjadi amalan dan perbuatan baik kita membakar setiap dosa2 kita,. amiin

    ReplyDelete
  21. @Cerita Tugu:
    Adakalanya manusia punya sifat lalai, kalo di katakan sempurna terlalu absurd... Terpenting menurut ane bagimana menyikapi kelalaian menjadi sebuah pelajaran hidup.

    ReplyDelete
  22. @auraman:
    Amiiin pak, segala sesuatu yg punya tujuan baik endingnya juga mudah2an baik
    Makasih udah mo mampir :)

    ReplyDelete
  23. jadi sadar diri nih
    yap saya setuju
    marilah kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More