Bukan Hendak Minta Di Kasihani

Kenapa saya mengambil judul seperti itu? Karena saya memang orang yang bukan hendak minta di kasihani dari orang lain atau siapapun karena__ sikap__ saya sendiri. Hanya ada beberapa rentetan pengalaman dalam satu hari yang mungkin bermanfaat buat saya sendiri dan orang lain. Dan, di mulai dari Saya dan teman saya yang mau hendak berjalan keluar dari toko buku, buat menuju mushola kecil untuk ibadah sholat Ashar atas nama sebuah kewajiban. Bukan berharap mau mendapat penilaian dari orang lain, rasanya kalau sudah memenuhi kewajiban sholatnya, kerasa lebih tenang dan nyaman saja mau kemanapun juga. Sukur-sukur bisa menjadi langkah awal buat kebaikan saya sendiri. Sudah kelar sholat, teman saya pun sudah lebih dulu menunggu dengan kerudung merahnya di dekat toko buat menuju AMIGOS, tadinya ga tau amigos itu tempat buat apa dan kaya gimana, hehe taunya tempat berkumpulnya para penyedia aneka jajanan makanan bagi karyawan dan pengnjung mall. Rasanya perut sudah berkali-kali megirim pesan buat segera di isi sesuatu. Then, sayapun bergegas nyebrang jalan menghampiri dia buat menuju amigos, "Lah ko, buku kamu mana? Tanya melongo dia. "Ooh iya, ketinggalan, bentar ya" ahirnya saya menuju mushola lagi buat mengambil buku tersebut dengan harapan dan sangat yakin kalau buku tsb masih ada dan tidak di bawa kabur orang. Dan Alhamdulillah buku saya masih ada Tepat di pojok bawah jendela mushola yang bergaris syaf miring.


Tujuan kita pun di lanjutkan buat nyari makan sebagai intermezo, dan ngambil pilihan cari makan yang ga harus pakai produk atau merk luar negri. dalam artian saya mencoba mengadopsi prinsip hidup zuhud kaya zaman rosulullah. haha gaya padahal aslinya cuma bawa duit sisaan beli bensin.

Cuma dengan angka harga yang relatif murah serta duduk di bangku dengan sedikit ga nyaman, saya pun bisa puas makan, sambil ngobrol membahas apa saja mengenai dari hal yang kecil sampai pada kehabisan topik buat saya bicarakan di sana. "kamu mau minum apa? Tanya dia. " udah, saya sih ngikut kamu aja" padahal sih kalau mau jujur maunya air putih yang emang jadi menu wajib saya satu hari minimal lima sampai enam gelas. So dari sebelum nonton sampai ke toko buku muter-muter juga saya belum menenggak air putih sebagai menu penyeimbang tubuh.
Well, sedidkit ruang dan sedikit tempat buat sekedar lenjehan, tapi sudah banyak waktu saya numpang ngobrol di sana, rasanya saya pun jadi sedikit malu dengan orang yang jualanya, padahal makanan sudah habis di lahap. Setelah lihat jam, angka pun sudah semakin naik menjadi ke pukul 16:20 yang di artikan waktu sudah mengabarkan sore. "sudah sore, hampir setengah lima" celetuk saya. " ya udah pulang aja tah?" balas dia. Ahirnya pulang juga kita, dengan harap ga sampai kehujanan di jalan, soalnya kita-kita ga ada prepare buat bawa jas hujan sebagai pelindung dua manusia ini.

Saya pun coba antar pulang dia ke rumahnya dengan sudah mempersiapkan resiko apapun termasuk di bilang tukang ojek sekalipun hehe. Dan sukur-sukur bisa lancar di jalan, karena pada dasarnya saya punya niat dan tujuan yang baik, jadi berhak dong saya berharap sesuatu yang baik juga buah dari niat baik saya.

Dengan sebuah kuda besinya plus dua insan di atasnya, kita melaju dengan kecepatan 60 km/jam menyusuri jalan kartini_ tuparev_ plered_ kemantren dan sampai juga di sumber dan tepat persis di depan rumahnya dia saya antarkan. Dan Alhamdulillah bisa sampai dengan selamat memenuhi amanat hati untuk tidak meninggalkan atau membiarkan dia pulang dalam keadaan sendirian, karena naluri hati saya, jujur itu merupakan bentuk dari sebuah sikap tanggung jawab saya.

Ahirnya saya pun memutuskan untuk pamit pulang dengan lewat jalur yang sama, ga tau kenapa harusnya saya belok kiri buat ngambil menembus jalan raya. ternyata di luar kesadaran saya, motor di bawa lurus terus sampai kesadaran itu memberhentikan laju motor saya yang harus segera putar balik.

Tugas saya pun sudah selesai sekaligus memutuskan untuk bergegas pulang dengan jalur jalan bypass, tadinya saya berpikir bisa nyampai rumah tepat sebelum maghrib. dan pada ahirnya saya hanya bisa sholat maghrib di tengah perjalanan pulang menuju rumah, padahal tinggal beberapa kilo meter saja bisa finish. Dari pada saya keburu-buru di jalan, saya pun memutuskan buat mampir ke masjid. Rupanya di situ sudah cukup banyak jamaah dan orang orang yang sengaja mampir buat sholat.

Saya pun berpikir untuk membawa buku tsb ke dalam masjid, bukan apa-apa takutnya hilang kan cukup di sayangkan juga. Buku yang terbungkus plastik putih tsb sengaja saya taruh di jok motor orang lain buat ngambil air wudhu dulu, yang kebetulan motor tsb dekat dengan area lokasi tempat wudhu. Tidak tau lagi mikirin apa saya juga ga ngerti, ternyata saya lupa alias mbalelo, karena ga membawa buku tsb ke dalam masjid. Dan fatalnya lagi, setelah selesai sholat berjamaah walopun ketinggalan dua rakaat, saya pulang pakai motor langsung ngebut ala valentino rossi, padahal ga nyadar si rossi ini kalau bukunya dalam keadaan terancam di negri orang.

Mampir bentar di toko, Saya pun belum sadar juga pas naruh bungkusan kue di motor kalau dua jam yang lalu saya barusan beli buku. Weird. Aneh. Jalan teruuuuuus kesanya mumpung bensin masih banyak, dan sampai di rumah tepat posisi depan pintu, kesadaran tsb langsung tertuju pada tiga buah buku. Astaghfirulloh ... saya hari ini sudah empat kali di kerjain penyakit lupa, padahal aslinya saya bisa di katakan termasuk teliti banget pada hal sekecil apapun. Si rossi ini balik lagi ke masjid dengan keadaan panik takut bukunya sudah raib.

Sesampainya tiba di masjid, alih--alih mau ngamuk meraung-raung nyakar tanah karena bukunya sudah hilang, ternyata Alhamdulillah dan sangat bersukur buku tsb ternyata masih di pegang oleh orang yang punya motor tadi. Orang itu sudah tua dengan memakai kopyah hitam dan baju koko sebagai atributnya. Beliau jamaah masjid tsb. Keliatanya beliau ramah. Sambil menyodorkan buku saya tadi, orang tua tsb senyum dan berkata "oh nyari buku ya, untung aja mas naruhnya di motor saya yang kebetulan masih ada di sini " terang beliau dengen sembari senyumnya. Sayapun mengambilnya dengan sedikit membungkukan badan sbg sikap hormat " Aduh iya pak makasih banget gih, beneran lupa pak hehe". Dengan sedikit basa basi Sayapun bergegas pamitan untuk segera balik lagi pulang dengan perasaan yang lega dan bahagia. karena penyakit lupa saya, belum cukup untuk membawa sesuatu yang terburuk bagi saya sendiri. Amiin.

Menyikapi dari buah pengalaman ini, kedepan___ sekarang saya coba untuk bersikap lebih berhati-hati dan teliti pada hal sekecil apapun. Tidak jelas benar apakah makhluk lain dapat lupa juga, sehingga kerap di katakan bahwa lupa itu manusiawi. ada pepatah juga yang bilang bahwa manusia itu tempatnya salah dan lupa. Asal jangan sampai lupa pada peran tanggung jawab dan kewajiban kita sebagai mahluk atau hamba kepada penciptaNYA. Amiin ☻

24 comments:

  1. Untung yang nemuin bukunya orangnya baik coba kalau enggak udah raib bukunya.....hehehehe mana bukunya baru beli lagi.....:) memang susah mas kalau sudah lupa.... saya sendiri rasanya mau pecah kepala kalau sudah lupa terhadap sesuatu...hehehehe

    ReplyDelete
  2. ceritanya detail banget.
    syukurlah, akhirnya buku ketemu juga padahal sudah sampai rumah ya.
    jadi keinget kakak, ditinggal sholat dompet di tas hilang, tasnya sih masih ada :)

    ReplyDelete
  3. lain kali mesti lebih berhati2 lagi.
    tapi yg namanya lupa ya? maklum koq :)

    ReplyDelete
  4. ikut deg2an bacanya, hehe...
    syukurlah ketemu lagi bukunya, udah 2 kali ketinggalan kalau 'masih milik' ya kembali lagi ke kita ^_^

    ReplyDelete
  5. lain kali hati2 ya mas.... daya juga sering banget kena penyakit lupa...

    ReplyDelete
  6. Ass.wr.wb.
    Alhamdulillah....itu namanya rizki sob..
    Bukunya selamat n si kerudung merah jg selamat.
    Btw siapa hayoo si kerudung merah? Suit...suit...:)

    ReplyDelete
  7. ne penyakit mang parah bnget.
    ikut senang bukunya di jaga tangan yg tepat. :D

    ReplyDelete
  8. @Arief Bayoe Sapoetra:
    Iya mas, beliau yg megang buku jg tau kalo buku tsb baru aja di beli. Kan plastiknya ada tulisan gramedianya kta beliau lagi :) lupa itu bukan pilihan haha

    ReplyDelete
  9. @narti:
    Ada hal yg unik yang coba saya amati dari beberapa cerita banyak orang, jangan sesekali menempatkan barang berharga ketika sedang ada di toilet atau kamar mandi. Lupa itu menjadi pelengkap kalo sekiranya tdk ber hati-hati. Sukur--sukur tdk di curi orang. Barang raib cuma jadi pelajaran dan pengalaman pahit!
    Makasih udah mo berbagi :)

    ReplyDelete
  10. @sda:
    Lupa satu atau dua kali bisa di maklumi, tapi kalo lupa terus patut di pertanyakan dan anehnya sampe sekarang pertanyaan tsb belom bsa saya jawab sampai sekarang hehe..

    ReplyDelete
  11. @dee:
    Betul, kan dari awal juga saya selalu menempatkan segala sesuatunya untuk tujuan dan niat yang baik, kalo ujung2nya buku tsb msh ada di tangan saya berarti itu sudah menjadi sebuah pelajaran bagi saya buat ke depan :)

    ReplyDelete
  12. @Aina:
    Makasih ya pesan bijaknya :) sallam

    ReplyDelete
  13. @iffa hoet:
    Aduh ini mbak bisa aja hehe emang yang berkerudung merah harus di selamatkan terlebih dahulu, toh berkat dia juga buku tsb selamat dari tragedi lupa yang pertama : ) kerudung merah? Haha hanya saya dan dia yang tahu. Makasih sudah mo mampir ....

    ReplyDelete
  14. ikutan nangkring mas.
    Jadi keinget omongan pengawas saya waktu itu, kelemahan orang pintar adalah kurang teliti.
    Wah, apakah mas masuk kedalam itu yag..
    Heheh peace..

    ReplyDelete
  15. saya bermasalah juga dengan lupa,huhu:(

    ReplyDelete
  16. kalau saya lagi banyak pikiran bisa jadi pelupa, itung2an juga jadi ruwet. salah2 mulu.

    ReplyDelete
  17. @Ardian Bumi:
    Di katakan org pinter? Itu fitnah mas haha..

    ReplyDelete
  18. @Ajeng Sari Rahayu: ya emang tdk bsa lepas dari kebiasaan orang. sisi dari sekian banyak kelemahan kita sbg manusia.

    ReplyDelete
  19. assalamu'alaikum Kang,
    Alhamdulillah itulah rejeki yang telah digariskan Alloh kepada hambanya yang menomer satukan sholat jamaah dan tepat waktu. Sebuah rejeki yang tidak kita sangka-sangka

    ReplyDelete
  20. @Djangan Pakies:
    Iya yah, secara tdk di sadari pak, saya jadi ngerti kapan Allah akan mengukuhkan tanganya sbg yang maha pengasih dan penyayang. Mungkin Allah msh sayang saya untuk ttp memgang buku tsb hehe..
    Makasih pak udah membuka pikiran2 saya :)

    ReplyDelete
  21. @Djangan Pakies:
    Iya yah, secara tdk di sadari pak, saya jadi ngerti kapan Allah akan mengukuhkan tanganya sbg yang maha pengasih dan penyayang. Mungkin Allah msh sayang saya untuk ttp memgang buku tsb hehe..
    Makasih pak udah membuka pikiran2 saya :)

    ReplyDelete
  22. @Djangan Pakies:
    @Djangan Pakies:
    Iya yah, secara tdk di sadari pak, saya jadi ngerti kapan Allah akan mengukuhkan tanganya sbg yang maha pengasih dan penyayang. Mungkin Allah msh sayang saya untuk ttp memgang buku tsb hehe..
    Makasih pak udah membuka pikiran2 saya :)

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More