Sebelas Hari Tidak Bisa Membuka Blog

Sudah banyak hal yang saya lakukan untuk sekedar bisa mengembalikan blog saya dalam keadaan utuh atau normal. Artinya saya masih terus berusaha untuk tetap memelihara semangat ngeblog saya dan khususnya menulis yang notabene menjadi salah satu tujuan utama hadir di dunia maya di samping banyak aktivitas lainnya di banyak forum. Waktu itu Terhitung sejak jumat pagi tanggal 20 mei, blog saya kena masalah, bermasalah atau lagi ada masalah saya juga tidak ngerti. tiba-tiba pas saya buka dashboard yang biasa menjadi halaman awal kita sewaktu membuka blog pribadi, ternyata muncul tulisan pemberitahuan seperti ini:

Account Verification Needed

The account you attempted to sign in to is not yet activated. The associated email address needs verification. In order to
verify that the email address associated with your account is correct, we have sent an email message to that address. To activate your Google Account, please access your email and visit the verification URL
provided. To have the verification email resent to yayack_qh@yahoo.com , click here.
If you mistakenly entered the wrong email,
please click here to change your email
address.


Cukup di pahami, saya di suruh melongok email saya dan anehnya email saya waktu itu tidak mendapat pesan verifikasi seperti yang di perintahkan. di spam pun tidak ada pesan yang memperjelas masalah yang saya hawatirkan waktu itu. Maklum saya di sini blogger pemula dan menjadi suatu ketakutan kalau saja saya tidak bisa lagi memelihara blog saya ini yang sudah di bangun dengan susah payah. Ironis memang kalau saja saya jadi ada niat bikin blog baru dengan pertimbangan meninggalkan blog ini dan harus mengimport artikel yang sudah saya publish dulu dari blog yang lama ke blog yang baru.
But, di tengah kehawatiran dan ketakutan blog saya kena amputasi, saya niatkan saat itu juga untuk tetap semangat dan berusaha, karena pada prinsipnya: kalau saja saya mau mengahasilkan follow up yang positif, tentunya saya harus punya sikap sebagai bentuk dari usaha dan tanggung jawab saya sebagai kelanjutan dari hal yang bisa di katakan mau berusaha dan terus berusaha. Berusaha agar blog saya bisa kembali normal.

Saya pun menanyakan dan terus berusaha mencari tahu atau istilahnya memperjelas blog saya lagi kena kasus apa. Tanya tanya ke teman blooger tapi tetap saja jawabanya tidak bisa merubah atau memperjelas yang waktu itu menjadi masalah. Ada yang bilang malah jangan-jangan kena hack. Tuiih! Tapi pas saya nyari tahu dengan mencoba nanya balik cirinya kaya gimana kalau di kemudian hari blog saya kena hack? Dia malah menjawab gak tau juga. Haha.. Di sini saya berkeyakinan dia itu tidak tahu persis apa yang saya alami pada kasus blog saya itu sendiri.

Mencoba lagi dan terus mencoba mencari tahu informasi yang lebih jelas mengenai apa dan bagaimana yang harus menjadi jalan solusinya tentang kasus blog saya. Saya pun coba memanfaatkan facebook untuk menanyakan perihal masalah ini ke sodara brigadir kopi. Berikut penjelasanya:

Yayack: Bro maaf mo minta bantuan nih, blog pnya sya ko ga bsa buka dasbor knpa
ya?... Sya udah ngisi email n pasword yg biasa saya pakai tp pas buka halaman yg seharusnya muncul dasbor, but malah muncul halaman kya gini:

Account Verification Needed The... account you attempted to sign in to is not
yet activated. The associated email address
needs verification. In order to verify that the email address associated with your account is correct, we have sent an email message to that address. To activate your Google Account, please access your email and
visit the verification URL provided. To have the verification email resent to yayack_qh@yahoo.com , click here . If you mistakenly entered the wrong email,
please click here to change your email
address.

Setelah cek email sya tapi ga ada pesan masuk dari pihak blogspot. Bingung...

Brigadir kopi: klick saja untuk verification, kemudian masuk ke yahoo maka link verifikasi akan masuk ke inbox atau
bagian spam pada email, selanjutnya klik ,
syukur2 langsung terverifikasi .jika belum terverifikasi pasti pihak google meminta no hp anda maka isikan saja no hp (GSM lebih baik), tunggu beberapa saat pasti akan mendapatkan kode verifikasi google via SMS , dan masukan kode itu ke kolom verifikasi.. ^^ morning mas..

Yayack: tahu kalo google minta nomer hp saya nya dari mana, masalahnya udah sya
cek pesan email sya smpai di spam pun ga ada konfirmasi ataupun verifikasinya. tp kalo kemungkinan blog sya kena hack ato di banned hal itu bsa di amini ga?... Sering ga sih banyak blog kena kasus kya gini?

Brigadir kopi: Yupz sering, kalo di hack kayaknya gak deh mas, itu memang
belakangan ini memang paltform blogger
bermasalah untuk account2 yg belum
memverifikasi account yg tak memakai
layanan gmail, notabennya gmail account /
google account via gmail sudah terverifikasi terlebih dahulu sebelum membuat accountnya bahkan.

Yayack: Owh gtu ya, tapi sya ga ngerti apa sya harus nunggu email masuk buat dpt
kode verifikasi apa harus bikin blog baru lagi dengan pertimbangan meninggalkan blog yg sudah sya bikin dgn susah payah hikzz... Mas maaf, ada postingan yg lbh memperjelas masalah kya gini ga soalnya sayang kalo blog ini akan di tinggalkan oleh empunya hehe..

Brigadir kopi: wah kok aneh yah,biasanya kalo verifikasi itu langusng sending otomatis dari pihak google,coba tunggu besok atau nanti sore mas, siapa tahu nanti ada perkembangn sayangkan blog lama harus di tinggalkan.

Yayack: Hehe makanya mas ini kasus masalahnya dah hampir beberapa hari terhitung sejak jumat pagi sya ga bsa ngebuka kaya biasanya...

****
Berkali-kali banyak keterangan yang saya dapatkan dari banyak teman, berkali- kali juga saya coba memeriksa email saya. Dan berkali kali pula tidak ada email masuk untuk keterangan dari gooogle mengenai kode verifikasinya.

Coba berkali kali membuka blog dengan alamat url saya, di situ sangat yakin kalau blog saya baik-baik saja dan bisa kembali punya 'RUH' sebagai misi untuk terus blogwalking dan bisa saling share dengan banyak teman. sesuatu hal yang menjadi tidak pas kalau saya blogwalking sekaligus tidak bisa berkomentar. Itu yang menjadi alasan saya selama ini seakan tidak bisa ngasih komentar, padahal saya ternyata sudah baca juga postingan2 blog teman sekalian dan sodara-sodara yang saya kunjungi.

Hari selasa dan belum genap dua minggu, saya mencoba kembali membuka blogger.com. Setelah mengisi email dan pasword sebagaiman biasanya, ternyata Alhamdulillah blog saya sudah kembali normal dan bisa di akses lagi oleh sang empunya hehe. Pada ahirnya saya menuliskan postingan ini untuk mencari tahu kasus apa yang menjadi masalah pada blog saya kemarin. Mudah2an bisa menjadi suatu informasi yang sekiranya bisa di alami juga oleh tean-teman lain. terima kasih...

14 comments:

  1. wah... Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi kita semua.. Sep mas.

    ReplyDelete
  2. hahahaha, saya merasa soktahu banget bilang blogmu dhack (macam ngerti aja hack kaya gimana). Untungnya kamu nanya yang ngerti...

    selamat datang kembali.

    oh ya, ternyata temanku juga ada yang kena kasus serupa. pemilik blog Haa ana dza. g tw juga apa sekarang dia dah bisa ngeblog apa engga'.


    akhirkata, saya salut ma kamu yang ga nyerah begitu saja. kalau saya mah, dah nyerah, bikin blog baru dan ngimport posting.
    semangaaat!

    ReplyDelete
  3. wah2 semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat aja, thx atas sharenya bro....

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sahabatku keluar dari permasalahan. Selamat datang, semoga ada banyak hal bermanfaat yang akan dibagi

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah,pantas jarang OL...

    ReplyDelete
  6. @Ardian Bumi:
    Mudah2an mass.. Ada masalah artinya udah nambah ilmu baru setelah bsa lepas dari masalah itu sendiri.. Makasih udah mau mampir lagi :)

    ReplyDelete
  7. @Huda Tula:
    Hehe sudah di maafkan bro, apalagi saya bsa nanya ke brigadir kopi atas usulan kamu juga yg setidaknya bsa setengah memperjelas kasus itu sendiri. Makasih nih sudah mau mampir lagi hehe

    ReplyDelete
  8. @fizer0:
    Semoga, terkhusus yg sudah baca postingan ini. Tahnks...

    ReplyDelete
  9. @Djangan Pakies:
    Iya makasih banyak pak, semoga ke depan bsa lbh bertenaga lagi untuk menghasilkan karya2 baru yg siap di bagi. Seperti yang sering bapak bilang kesempurnaan hanya milik Allah SWT :)

    ReplyDelete
  10. @I-one: padahal sih ol tapi tidak punya 'ruh' hehe..

    ReplyDelete
  11. ouh mungkin kena transmigrasi akun
    cz kabarnya blogger harus pake email gmail tuh

    ReplyDelete
  12. huh, persis seperti yg aku alami mas:(
    tp alhamdulillah ini udah kebuka

    ReplyDelete
  13. @John Terro:
    Iya isu itu sudah berhembus beberapa bulan kemarin, but kata temen kmu juga ajeng sari rahayu: katanya layanan blogspot sndiri tidak mengaharuskan pke gamail..

    ReplyDelete
  14. @Nova Miladyarti:
    Owh berarti sama ya, tapi ada banyak jg yg mengalami gangguan yg sama but pemulihanya beda2 malah sya di bilangnya lama hampir 2 minggu ...

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More