"Mencoba" Dan Percaya Diri Itu Penting


Ini tentang saya, tentang orang lain dan tentang bagaimana mengubah tahapan dari yang tadinya biasa saja bisa di konversi menjadi sesuatu yang lebih di artikan punya sedikit hasil. Tentunya hasil itu tidak kemudian bisa muncul sendiri tanpa sebuah sikap sebagai bagian dari upaya atau usaha itu sendiri. Sederhananya, semakin besar usaha tersebut di upayakan maka tentunya semakin besar juga kita punya peluang untuk mendapatkan reward sebagai titik sebuah pencapaian... Artinya tanpa harus meninggalkan upaya sebagai bentuk kuantitas diri cerminan dari orang yang selalu berikhtiar.


Ikhtiar bisa di aplikasikan juga dalam bentuk upaya ”mencoba”. Karena menurut saya itu penting melihat hasil dari pengalaman saya dalam kurun satu minggu terakhir. Adapun hal hal yang menjadi pelajaran buat kita sesungguhnya sering muncul menjadi menu keseharian kita yang kadang tidak tertangkap dalam radar pemikiran kita untuk di usahakan menjadi sebuah pembahasan yang mengandung banyak pelajaran hidup yang sifatnya lebih positif.

Mengaca dari proses bagaimana waktu itu saya harus menyelesaikan tugas melukis untuk urusan pekerjaan yang punya deadline lima hari harus bisa selesai, dan kebetulan sekali bertepatan dengan bulan puasa yang tentunya akan sedikit menyita jatah waktu buat tidur. Tahu sendiri kalau bulan puasa yang namanya porsi buat tidur kayaknya menjadi berkurang karena adanya kegiatan malam hari yang mengharuskan.

Buat tugas melukis sendiri, tadinya saya menganggap ini sesuatu yang sangat terpaksa harus saya katakan sangat berat melihat dari rekam jejak saya yang sudah lama tidak melakukan kegiatan melukis. juga porsi waktu dan medan serta perangkat yang harus saya pergunakan waktu itu buat mulai melukis yang menjadi salah satu alasan lainya . Dan untuk pertama kalinya waktu itu saya di hadapkan dengan cat minyak plus kanvas serta sedikit bakat untuk di gabungkan yang mudah mudahan bisa menghasilkan sesuatu yang punya nilai. (Itu bakat juga menurut pendapat orang orang). di bawah ini contoh lukisanya



Tidak tahu harus pakai tehnik dan jurus seperti apa untuk memulai melukis yang terpenting waktu itu buat saya adalah bagaimana lukisan saya nantinya bisa menjadi bukti bahwa sebenarnya saya bisa mewujudkan kepercayaan orang lain. Dan itu menjadi hal yang penting buat saya sendiri setidaknya untuk di usahakan terlepas di terima atau tidak hasil dari usaha saya nantinya.

Tadinya sebelum saya memegang kuas artinya ketika masih membuat sketsa bagan gambar di kanvas dengan menggunakan pensil, sepintas saya merasa pesimis dengan kemampuan saya sendiri untuk memulai menggunakan media cat dan kanvas dan sesekali terlintas pada pemikiran____ingin saja membatalkan garapan painting tersebut karena kurangnya kepercayaan diri. Tapi lalu lalang pemikiran bodoh tersebut mencoba saya patahkan atau saya lawan dengan berusaha MENCOBA, tidak ada salahnya buat mencoba. Itu kata orang orang. kata ini mungkin terbilang sakti buat saya sendiri karena telah mengubah pemikiran buruk saya menjadi sebuah jalan yang akhirnya sedikit demi sedikit bisa menghasilkan sesuatu (jawaban). Karena dari sikap yang sederhana yaitu mencoba untuk sesuatu yang kita anggap penting (positif), kita akan jadi tahu bahwa sebenarnya dunia itu sangatlah luas yang akan selalu memberi ruang dan peluang serta jalan bagi orang yang hendak menemui visi tujuanya ke depan.

Dan pada akhirnya walopun terkesan dengan modal tehnik hati hati, satu persatu kuas dan cat tersebut bisa berkolaborasi buat mengaktualisasikanya di atas kanvas putih. Dari sinilah letak jejak jalan selanjutnya menemukan tumbuhnya sikap kepercayaan diri saya, karena kepercayaan diri juga di yakini sangatlah penting buat saya sendiri. Kalau kita sudah di tumbuhi rasa percaya diri maka segala sesuatunya akan terasa lebih mudah buat di kerjakan.

Dan setelah saya mencoba menuangkan cat cat tersebut tentunya dengan kesabaran dan berkali kali merasa gagal di sana sini saya terus berusaha mencoba sebisanya, karena saya pikir dari fase kegagalan atau merasa gagal tersebut artinya secara tidak langsung saya bisa menemukan point point penting berupa ilmu ataupun teori baru yg terlahir secara otodidak. dari situlah saya menemukan jalan lain yang pada akhirnya waktu itu bisa menghasilkan sebuah lukisan sederhana walaupun belum sepenuhnya di katakan lukisan. Tapi setidaknya ini sudah menjadi sebuah pelajaran karena hasil dari lukisan saya yang sudah mendapatkan apresiasi dari orang orang tertentu, dan bukti bahwa sebenarnya hidup itu tidak ada yang tidak mungkin selama kita masih punya kemauan buat mencoba.

Mungkin dari hal tersebut saya menangkap pesan bahwa apa apa yang dulunya saya anggap tidak bisa bukan berarti saya selalu terjebak pada pemikiran “underestimate“ atau merendahkan kemampuan saya sendiri buat berhenti sampai disitu. Berusaha ”Mencoba” menjadi kiat pembuka dan membuka jalan, dan ”percaya diri” menjadi tongkat estafet untuk melanjutkan jalan selanjutnya. karena proses penggabungan keduanya akan punya potensi menemukan sesuatu yaitu keberhasilan.

Besar atau kecil yang di hasilkan semuanya dalam proses pembelajaran hidup. karena sesuatu yang bernilai besar tentunya di mulai dari dari hal yang kecil. Dan mencoba dari yang kecil adalah modal awal buat menemukan sesuatu yang besar. semoga bermanfaat :))

26 comments:

  1. Untuk level seorang pemula, itu lukisan di atas KEREN bangettt >_<

    ReplyDelete
  2. wow....
    seminggu, lukisanmu udah kaya gini? cckckck...

    emang bener tuh, percaya diri memang penting. kalau ga pede, kadang kita ga mulai-mulai.

    ReplyDelete
  3. "percaya diri" memang sangat penting dan harus dimiliki oleh manusia yang pengin " berhasil", sedang "coba coba" atau trian and error adalah satu tahap untuk memupuk rasa percaya diri smakin kuat, percayalah tiada orang yang berhasil tanpa percaya diri

    ReplyDelete
  4. Tapi ingat, Pede jangan terlalu berlebihan. Pede berlebih bisa mengakibatkan kita meremehkan orang lain, dan berujung sombong.
    Dosisnya harus tepat. ^^

    ReplyDelete
  5. @Claude C Kenni:
    Makasih hehe untuk keren nya udah saya telen mas tapi bangett nya entar aja :D salamm...

    ReplyDelete
  6. @Huda Tula:
    Iya hud, lo juga yg udah ngasih semangat ko makasih...

    Ya, kadang kalo tdk percaya justru akan memasung kreatifitas seseorang. Untungnya saya mudah percaya diri hehe asal ga over.Ya, kadang kalo tdk percaya justru akan memasung kreatifitas seseorang. Untungnya saya mudah percaya diri hehe asal ga over.

    ReplyDelete
  7. @pakde sulas:
    Betul pak dee hehe modal awal untuk memulai suatu tujuan hendaknya rajin menabung kepercayaan diri karena saya juga merasakan manakala percaya diri tsb belum tumbuh ide2 baru atau kreatifitas juga sulit buat di wujudkan. Hanya saja sikap percaya diri juga harus punya porsinya..

    Makasih pak dee... Salam sukses!!

    ReplyDelete
  8. @asop:
    Iya mas kita juga harus pintar dan bisa menakar porsinya dalam mengelola kepercayaan diri. Tergantung konteksnya dimana yg paling penting harus punya takaran.

    Makasih udah share semoga bisa membawa manfaat :D

    ReplyDelete
  9. waw.. keren tuh lukisan nya manteb deh :)

    ReplyDelete
  10. bener tuh penting banget
    tapi kalo dah kepedean kaya aku
    kadang katrok juga
    hehe

    ReplyDelete
  11. @Dhani:
    makasih, hehe tapi buat saya sih biasa aja :D

    ReplyDelete
  12. @Rawins:
    Hu uh percaya diri akan sangat penting buat di pelihara selagi buat punya tujuan memompa semangat kita sndiri. Salam...

    ReplyDelete
  13. Aku kagum sama kamu, lukisanmu bagus juga. Teruslah berlatih, agar makin sempurna hasilnya.
    Dan, percaya diri itu memang sangat penting. Aku percaya banget itu.

    ReplyDelete
  14. lukisannya bagus kok... aku gak bisa melukis... kagok dengan yang urusannya berkaitan dengan gambar dan warna

    ReplyDelete
  15. Banyak ahli yang mengatakan bahwa percaya diri adalah modal yang sangat penting untuk meraih kesuksesan.. :)

    ReplyDelete
  16. Percaya diri bisa timbul disaat hati dekat dengan tuhannya,.

    ReplyDelete
  17. @catatan kecilku:
    Terimakasih haha iya berlatih dan berlatih itu salah satu motivasi dan dukungan nyata dari teman2... Makasih semuanya :D

    ReplyDelete
  18. @Ami:
    Kalo belom mencoba tentu akan menganggap itu sesuatu yg sulit dan jangan harap tumbuh rasa kepercayaan diri hehe sekedar share aja tuh....

    Iya, tidak sedikit orang berpendapat melukis sangat susah dari cuma membayangkanya saja. Tapi buat saya tehnik ngelukis cuma perlu daya imajinasi aja itu nomer satu.

    ReplyDelete
  19. @Merliza:
    Bener sekali mbak,musti harus di pelihara asal jangan di tempatkan yg bukan pda tempatnya karen terlalu percaya diri juga bsa menimbulkan yg akibatnya bsa melemahkan diri sendiri.

    ReplyDelete
  20. @kumpulan puisi:
    mungkin itu salah satunya :D makasih udah mo mampir. Salam sukses....

    ReplyDelete
  21. iya saya sendiri sering ragu dan minder. saya sadari itu tidak baik banget. akan saya ubah pelan2 :)

    ReplyDelete
  22. saya punya masalah dengan kepercayaan diri. ~_~

    ReplyDelete
  23. @TUKANG CoLoNG:
    LANJUTKAN walopun pelan pelan :D makasih

    ReplyDelete
  24. @Yus Yulianto:
    Saya juga punya mas, hanya saja saya lbh sibuk mencari kelebihan diri sendiri dari pada cuma minder karena melihat kelebihan orang lain.. Salam

    ReplyDelete
  25. hidup adalah kanvas dan kitalah pelukisnya.
    klo tdk percya pada diri sndiri, bgmna bisa melukis sketsa terbaik untuk dilalui. :D

    ReplyDelete
  26. @Accilong:
    Oh iya karena pelukis lah yang punya peran penting di mana dan kemana kita akan memulai melukis itu sendiri. Dari kiri atau kanan dan dari atas atau bawah sesungguhnya pelukis lah yg punya pilihan. Hehe terimakasih ttg analoginya :D salam...

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More