Dear Pahlawanku: Untuk Susi Susanti


Salam olahraga... Mendengar salam ini, rasanya saya atau kita akan punya berlipat lipat semangat, sebuah semangat untuk terus meraih prestasi dan karya terbaik. Prestasi atau karya yang mendunia tentunya. Itulah yang pernah di lakoni sekaligus di raih oleh seorang susi susanti. Semua capaian anda adalah kebanggaan bangsa, sayapun merasa ikut bangga, bangga karena moment tersebut seakan turut menjadi saksi bagaimana wanita indonesia sebenarnya bisa berbuat banyak di hajatan bergengsi olimpiade.


Hebat! anda adalah orang yang pertama. Ya, orang pertama yang berhasil mengukir sejarah baru bagi dunia gelanggang indonesia di helatan kelas dunia sehabis membungkam musuh abadinya, Bang-shoo-hyun. setelah menyabet medali emas buat indonesia di arena olimpiade barcelona, ketika itu nama anda dan indonesianya begitu menyihir dunia. Indonesia begitu di kenal dengan nama susi susantinya. dan Susi susanti begitu di kenang dengan negara indonesianya.

Pengibaran bendera dan lagu indonesia raya menjadi awal dari terlahirnya sejarah baru. Sebuah catatan sejarah yang mungkin sangat menjadi kebanggaan besar buat bangsa indonesia. semua orang pun di buat kagum dengan keberhasilan anda menembus bayang-bayang negara besar lainya di dunia. Waktu itu, media dan seluruh rakyat seantero negri memuji prestasi anda.

Setidaknya bukan cuma sampai di situ anda berprestasi, capaian anda selama menjadi atlet bulu tangkis nasional terbilang begitu banyak yang mungkin tidak bisa di raih oleh para atlet manapun. Mulai dari juara olimpiade, juara turnament bergengsi All-england, juara world championship, juara world badminton grand-prix, juara beregu sudirman cup, juara beregu uber cup, ataupun 60 lebih koleksi gelar kejuaraan kejuaraan penting lainya. Yang saya rasa begitu banyak dan begitu luar biasanya.

Anda juga pernah mendapatkan berupa penghargaan yang cukup prestisius, mulai dari Hall of fame dari IBF 2002, Herbert schelee trophy 2004, dan tanda kehormatan republik indonesia bintang jasa utama tahun 1992. Nah, saya rasa kalau untuk mencari barometer prestasi bulutangkis wanita di dunia mungkin anda lah orangnya, yaitu pribadi susi susanti. Mantan ratu bulu tangkis sejagad. bahkan nama anda juga sudah menjadi ikon bulutangkis wanita di dunia, hal tersebut cukup beralasan karena begitu banyak pengakuan dari para mantan rival anda kalau permainan seorang susi susanti adalah yang terkomplit di dunia. alasan itu di pertegas dengan banyaknya pujian dan peng-anugerahan yang salah satunya adalah dari negri pesaing berat indonesia sendiri, yaitu china, yang sudah pernah memahatkan nama susi susanti sebagai atlet wanita yang berpengaruh di jagat bumi.

Itulah sedikit gambaran tentang prestasi anda yang rupanya akan terus tetap di kenang, khususnya tentang tipikal pantang menyerah, daya juang dan mental juara anda lewat banyak prestasi yang begitu harum. Capaian tersebut tentunya bukan di hasilkan dengan cara cara yang mudah dan waktu yang relatif singkat. Tentu butuh yang namanya sebuah perjuangan, kerja keras, keuletan, disiplin, berlatih dan berlatih. sehingga menghasilkan sesuatu yang heroik.

Tidak cuma sampai disitu satu dari banyaknya usaha pengorbanan anda, Mungkin banyak juga yang bisa di artikan sebagai salah satu dari pengorbanan, yang semata demi sebuah tujuan prestasi sebagai cita cita besar anda, seperti tidak menikmati masa remaja dulu, atau jauh dari keluarga karena harus di karantina tinggal di asrama pelatnas, dan barangkali pendidikan yang sedikit terbengkalai karena jadwal latihan yang begitu padat. Tapi menurut saya anda tetap menjadi anda yang sarat akan sebuah keberhasilan. Saya salut dan bangga sekaligus terharu kalau mendengar nama anda. Nama yang begitu cantik secantik prestasinya, Lucia fransisca susi susanti.

Nama itu kembali mengingatkan orang-orang yang pernah berjasa buat bangsa dan negaranya. Nama seorang pahlawan? ya, mungkin bagi saya tidak berlebihan jika gelar tersebut harus di sematkan untuk pribadi anda. Karena harga keringat anda, upah kerja keras anda, hasil perjuangan anda, dan dedikasi anda nyatanya telah dan sudah mengangkat nama indonesia ke podium tertinggi sebagai bangsa yang besar dan bangsa yang bisa berbicara banyak di forum arena dunia. Bagaimana melihat negara negara besar lainya, pastinya akan mempunyai atlet atlet yang terkenal. Seperti martina navratilova dengan amerikanya, Steffi graf dengan jerman nya, david beckham dengan inggrisnya, ataupun Zhang-ning dengan negri china nya. Mereka orang-orang besar dan dari negara yang besar pula.

Dengan semua prestasi anda dan rasa nasionalisme anda yang begitu tinggi, ini seharusnya bisa menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi para anak muda negri ini, setidaknya untuk memelihara bisa menyambung estafet prestasi anda. Tapi iklim sekarang berkata lain yang kebanyakan anak muda zaman sekarang lebih tergiur menjadi seorang artis. rasanya para anak muda masa kini khususnya para generasi penerus bangsa, kiranya perlu banyak belajar dari anda. Secara tidak langsung kepribadian anda telah mengajarkan kita, saya, dan semua penduduk bangsa ini bagaimana kita menjadi seorang petarung sejati, mengajarkan kita bagiamana bisa berbuat sesuatu untuk bangsanya sendiri, dan mengajarkan buat kita bagaimana menjadi pribadi ungggulan kebanggan negri.

Semua yang sudah anda torehkan merupakan sebuah penghargaan dari perjuangan anda, dan semua gelar prestasi anda sudah sepantasnya untuk di sandingkan dengan gelar seorang pahlawan. Saya berpikir, mungkin itu bukan sesuatu yang berlebihan, karena sejatinya anda lah yang bisa mengantarkan negri ini belajar akan sebuah perjuangan membesarkan harga martabat bangsa. Dan dari nama anda lah waktu itu nama besar indonesia bisa terangkat sejajar dengan negara negara besar lainya.

Dari situ saya sangat meyakini, kalau sampai sekarang nama anda masih terus membahana di hati dan telinga para pewaris bangsa ini, termasuk saya. tentu karena jasa, pengabdian, prestasi dan kebangggaan yang sudah anda sumbangkan bagi negri ini. konon pengabdian anda juga masih bisa di harapkan sampai sekarang, yang salah satunya sudah rajin memotivasi para generasi lanjutan, lewat upaya memaksimalkan para bibit muda dengan mendirikan sekolah bulu tangkis guna mencari para pemain berbakat yang mendunia.

Itulah peran sebuah langkah nyata yang mungkin pengabdian dan pemikiran anda masih sangat di perlukan. dari situlah nama anda akan menjadi sebuah ikon wanita berprestasi yang menginspirasi. wanita yang memberikan inspirasi begitu luas bagi banyak orang, wanita yang menjadi penyemangat perempuan lainya untuk tidak harus terkungkung pada urusan kasur sumur dan dapur. Kalau tidak mau menutup mata dan telinga, anda lah yang sebetulnya menjadi penyemangat semua orang untuk mencetak prestasi bernilai mahal.

Pahlawan tidak harus yang berdarah darah, pahlawan tidaklah harus di tengah hutan dengan bambu runcingnya, dan pahlawan tidak harus kepala berikat kain merah putih dengan teriakan MERDEKA-nya. Cukupkan semangat pantang menyerah atas nama harga diri bangsa, upayakan semua kemampuan demi prestasi setinggi tingginya dan berilah sesuatu yang positif kepada negara. dan saya sangat meyakini kalau anda sudah melakukan semuanya. Saya kadang merenung, semua di balik usia muda anda begitu banyaknya prestasi yang sudah anda ukir sebagai kebanggaan pribadi dan negara, tidak cukup sampai disitu, di usia pensiun pun anda masih punya kontribusi besar buat upaya memajukan dan berusaha mencetak pemain berbakat sebagai regenerasi. Seperti ada pangggilan hati, dan pengabdian kepada negara yang luar biasa tentunya.

Dengan segala kelebihan dan segudang prestasi anda, Tentunya negara dan kita perlu merasa berbangga hati dan berterimakasih kepada anda, karena dari prestasi anda lah sang bendera kebanggaan MERAH PUTIH pernah membung-bung begitu tinggi di Hall Indoor megah Barcelona. Karena dari prestasi anda lah nama bumi indonesia bisa bertengger di kancah dunia internasional. Karena dari prestasi anda lah penduduk bangsa merasa berbangga terhadap negrinya sendiri. Energi Ini sekaligus menelurkan dan terus memelihara sikap nasionalisme kebangsaan.

Lewat pembinaan atlet usia muda asuhan anda, Semoga kedepan bangsa kita mampu mencetak para pahlawan bulu tangkis dunia baru, atau srikandi dan jawara baru hasil dari sentuhan apik tangan dingin anda, yang tentunya minimal sudah dapat dukungan dari seluruh lapisan anak negri. Cukupkan sampai disini, dan Saya menulis di sini sebagai tanda jika keberadaan sosok seorang susi susanti menjadi layak untuk di sebut sebagai seorang PAHLAWAN.


Untuk bangsa dan negara, semoga selalu semangat mbaak..

salam dan terimakasih...




“Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Dear Pahlawanku yang diselenggarakan oleh Lozz, Iyha dan Puteri



Sported by: 





26 comments:

  1. seorang susi susanti??? aku salut sama perempuan satu ini, membaca dr sejarahnya dia, dia bs di bilang sangat PAHLAWAN sekali dg mengalahkan pemain pemain yg di kenal ulet dan terampil spt korea dan cina. indonesia bangga pnya susi susanti.

    sukses ya buat kontesnya

    ReplyDelete
  2. Aamiin... :)

    semoga sukses dengan tulisannya ya mas ^^

    ReplyDelete
  3. Terima kasih untuk partisipasinya..

    Artikel sudah kami catat sebagai peserta Kontes Dear Pahlawanku

    Salam merdeka..!

    ReplyDelete
  4. sukses aja deeeh.... aku gak ikutan kontes, lagian kayaknya tulisanku dikatain fanatik gak gaul, hehehe...

    ReplyDelete
  5. makasih ya udah ikutan dear pahlawanku. pada masanya dahulu susi susanti telah membuktikan kepahlawanannya, bgm dg kita. semangat. salam pu

    ReplyDelete
  6. Ah ya..., Susi Susanti memang hebat. Indonesia menunggu lahirnya Susi Susanti baru lainnya sekarang.

    ReplyDelete
  7. Jadi kangen melihat permainan Susi Susanti lagi sekarang.
    Semoga sukses dg kontesnya ya.. :)

    ReplyDelete
  8. Doi emang keren banget kalo lagi tanding,, mengAamiinkan doanya :-)

    gud lak ya buat kontesnya ^_^

    ReplyDelete
  9. saya juga rindu mas Yayack dengan atlet-atlet kita sekarang yang bisa berpresatai hebat macam Susi Susanti..

    matur nuwun sudah berpartisipasi ya

    ReplyDelete
  10. @Puteri:
    Makasih, waktu usia 18 tahun jg sudah jd tim inti piala sudirman bahkan menyumbang satu angka hingga keseluruhan menang 3-2 atas korea.

    ReplyDelete
  11. @Miss 'U:
    Amin, terimakasih :D cuma mo berpartisipasi aja.

    ReplyDelete
  12. pemerintah dan sejarah negeri ini terlalu banyak berhutang jasa ama etnis tionghoa. sudah sepatasnya mereka berada pada posisi yang layak di negeri ini. pahlawan di negeri ini memang sering dipandang sebelah mata

    ReplyDelete
  13. @puteriamirillis:
    Makasih kembali, hehe.. Ya, menantikan lahirnya susi susi baru.

    Makasih, salam

    ReplyDelete
  14. @catatan kecilku:
    Kayaknya di dunia jg belum ada yg bsa menandingi prestasi susi. Apalagi di indonesia ya mengingat dri melihat prestasi bulutangkis putri belakangan.

    ReplyDelete
  15. @the others...:
    Iya mbaak, dpt di youtube tp kurang puas dgn gambarnya. Belum ada yg bsa setidaknya bsa mematron gaya permainan susi yg sabar, kalem dan bertenaga.

    ReplyDelete
  16. @Lozz Akbar:
    Bener kang, kapan ya? Dlu ada mia audina skrg malah udah pindah negara :D

    Makasih juga atas waktunya :)

    ReplyDelete
  17. @rusydi hikmawan:
    Msh menjadi pr negri ini, terlalu banyak pahlawan kali ya :)

    Makasih, salam sukses

    ReplyDelete
  18. Waahhh,
    iya si Susi Susanti itu kerennn...

    Kalo pebulutangkis cowok yang keren mungkin si Liem Swie King sama Rudy Hartono kali ya.

    Semoga menang mas :)

    ReplyDelete
  19. @Sitti Rasuna Wibawa:
    Taufik hidayat juga hehe, makasih ya, salam :)

    ReplyDelete
  20. Susi Susanti memang salah satu pahlawan wanita yang dimiliki negeri ini, mudah2an akan lahir banyak lagi pahlawan2 lainnya untuk mengharumkan kembali negeri ini dimata dunia...
    semoga menang kontes ya mas....
    dan makasih juga lho udah sering berkunjung dan meninggalkan jejak di pojok maya saya, :-)

    ReplyDelete
  21. sebenarnya banyak,pahlawan bulutangkis indonesia dulu
    kaya Liem Sui King,Alan Budi Kusuma,Hariyanto Arbi,Hendarawan dll
    tuh smua favorit saya dulu,soalnya aku hobby badminton semenjak liat mereka sampai detik ini

    ReplyDelete
  22. @alaika abdullah:
    Rasanya perlu waktu lama utk melahirkan susi2 baru melihat dari capaian pemain bulu tangkis kita di sektor putri. Makasih juga mbaak :)

    ReplyDelete
  23. penerus susi susanti sapa yah???
    moga menang deh. :)

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More