Pada Titik Sekarang, Kita Sudah Mendapatkan Apa Saja?

Aktifitas keseharian yang kerap meng-kudeta hampir sepanjang hari, membuat terasa kian mahal untuk hanya sekedar mencari waktu kosong di tengah padatnya rutinitas hidup. akan menjadi hal yang biasa buat kita, kalau saja ada acara yang di rasa itu sangat penting, maka umumnya akan punya kesepakatan untuk memilih hari " H " yang tidak jauh-jauh jatuh pada pilihan hari sabtu ataupun minggu. karena hari hari tersebut kerap di anggap banyak orang sebagai hari libur ataupun waktunya untuk beristirahat. meski tidak semua orang akan merasakan hari libur tepat pada hari akhir pekan. itulah siklus hidup yang akan terus memutar dan berputar mengitari putaran waktu hingga di pertemukan dengan masanya. Masa di mana kita akhirnya sudah menemukan sesuatu atau paling tidak sudah mendapatkan sesuatu


Setiap menit pada hari ini, atau pada beberapa jam kemudian, dan tenggat waktu satu atau dua hari kedepan, mestinya kita akan menemukan perubahan hidup entah itu satu hal yang punya nilai kecil ataupun perubahan yang punya pengaruh besar. dan baik tidaknya hasil dari perubahan itu bergantung dari pintar pintarnya kita untuk menyikapi semua bentuk perubahan tersebut. mau gak mau pada setiap jengkal langkah kita, saya rasa akan menjadi hal yang merugikan kalau saja pada titik di mana kita sudah melangkah jauh, tapi toh pada titik kordinat tertentu justru kita tidak mendapatkan apa apa. artinya tidak ada sesuatu yang kita dapatkan sebagai sebuah hal yang punya nilai positif. jelas sebenarnya itu sangat merugikan.

Hari libur bukan berarti di artikan sepenuhnya sebagai hari untuk bermalas malasan, bukan juga lantas kita tidur seharian penuh untuk menghabiskan jatah waktu libur di rumah. di luar dan di mana saja, atau juga di ujung sana, tentu akan ada banyak hal yang pada awalnya terlihat biasa, untuk kemudian bisa di rubah sebagai hal yang menjadi luar biasa, akan tetapi sudahkah kita merasa perlu untuk merubah? perlu atau tidak perlu saya pikir ini adalah pertanyaan yang cukup klasik. saya cukup berpegang pada kamus hidup, bahwasanya hidup itu tidak ada yang tidak bisa, yang ada hanya mau atau tidak mau. mau berubah atau tidak? tentunya kita juga punya sikap yang serupa untuk mengamini hal itu. tapi sedianya kadang semua kemauan menjadi terasa malas buat di kerjakan.

Kata ustadz kondang Aa Gym; bukankah seharusnya perubahan itu bisa kita lakukan mulai dari yang paling kecil, dari diri sendiri dan mulai dari saat ini. tidak ada misi dan mimpi seseorang yang harus bergantung kepada peran dari orang lain, dan tidak bijak kalau kita mau berubah justru lantas kita mengharapkan peran bijak dari orang lain. yang di tuntut adalah sikap untuk memilih buat tujuan hidup kita sendiri karena hidup itu adalah pilihan.

Seperti waktu hari minggu kemarin, saya memilih untuk bangun pagi-pagi sekali. dari yang mulai benerin kabel internet, beresin batu bata buat jalan motor yang mulai kena musim becek, ataupun nyari bahan di toko buku buat garapan lukisan sesi ke tiga. Saya rasa semuanya bermanfaat sekaligus ada hasil, dan semuanya adalah hasil dari pilihan saya, karena sedari dulu saya suka mewanti wanti buat diri sendiri. sederhananya ada semacam target tertentu, buat satu minggu kedepan saya harus mendapatkan sesuatu ah, atau untuk satu bulan kedepan saya harus bisa mendapatkan sesuatu nih, saya pikir sepertinya rugi banget kalau saya sudah punya banyak waktu luang tapi pada akhirnya justru tidak di gunakan sebaik mungkin untuk sesuatu yang punya manfaat. Istilahnya mubadzir kalau saya punya perjalanan waktu satu minggu, justru saya malah tidak mendapatkan sesuatu apapun. Istilahnya punya jatah waktu kosong itu jangan sampai menjadi sia sia.

Tapi untuk satu minggu belakangan ini Alhamdulillah yah setidaknya saya sudah mendapatkan banyak hal, entah itu rejeki, buah karya baru, nilai pelajaran hidup, atau pada hal yang terkecil sekalipun. seperti sudah menemukan tulisan bagus hasil dari membaca artikel teman, atau karena rajin membaca tulisan banyak orang lalu kemudian saya bisa menangkap ide sehingga bisa menelurkan sebuah artikel. atau juga sudah menangkap pelajaran hidup__dari kejadian di banyak tempat__ seperti dalam perjalanan saya kemarin. Kesemuanya bisa di sikapi sebagai sebuah hasil dari pilihan hidup saya. dan tepat hari ini saya juga akhirnya sudah mem-publish satu buah artikel lagi. yang mudah mudahan bisa bermanfaat. bagaimana dengan pengalaman perjalanan anda, dalam satu minggu terakhir ini anda sudah mendapatkan apa saja?

17 comments:

  1. Wah terimakasih postingannya, jadi mengingat untuk selalu berkegiatan yang bermanfaat.
    Hm, gimana ya minggu ini :-s
    Aku palingan bisa namatin dua buku heheh tapi yang bermanfaat lainnya mbuh apaan :-s

    ReplyDelete
  2. ternyata nggak perlu jauh -jauh untuk menemukan makna. cukup bermain ke blog teman, juga sudah dapat menemukan sesuatu pembelajaran. dan itu bagus..

    selamat beraktivitas!

    ReplyDelete
  3. blog yang sangat bagus gan,,,,,,,

    kunjungan balik gan

    minta back link alexa nya gan soal nya ane baru ganti domain

    http://www.falahmulyana.com/
    happy blogging gan

    ReplyDelete
  4. hari libur buatku justru hari yang diharapkan bisa bermalasan
    bisa ancur badan kalo ga dikasih libur
    kerjaan disini ga kenal waktu dan jam kerja kayaknya cuma tempelan pengumuman doang tanpa realisasi...

    ReplyDelete
  5. Wah..saya seminggu ini lumayan banyak BW, banyak hal positif yang saya dapat dari teman-teman..

    ReplyDelete
  6. banyak, dan kemungkinan berulang-kali saya alami hal yang sama dengan sudut pandang yang sama-seharusnya saya mnyikapi beberapa hari terakhir ini dengan sudut pandang yang berbeda >.<

    ReplyDelete
  7. Hm... minggu ini padat banget agendaku, gila-2an, tapi anehnya dua bulan terakhir ini, semakin stress dan sibuknya aku dikejar waktu, pasti tertantang setidaknya untuk bisa realese satu postinga. Jika berhasil, sensasinya gimanaaaa gitu?

    ReplyDelete
  8. yupz harus ada perbuatan yang berguna dalam sehari selain ibadah.. misal nguras kamar mandi, benah-benah kamar, baca buku dan banyak lagi yang lainnya

    ReplyDelete
  9. "bahwasanya hidup itu tidak ada yang tidak bisa, yang ada hanya mau atau tidak mau"

    like that.

    Bangun pagi di hari minggu dan melakukan banyak hal? Saya kira, saya harus mencobanya.

    Thanks. postingan yang sangat memotivasi. ^_^

    ReplyDelete
  10. Kok komen gak muncul? waaaa> apa karena internetnya ya?

    "bahwasanya hidup itu tidak ada yang tidak bisa, yang ada hanya mau atau tidak mau"

    like that.

    Dan bangun pagi di hari minggu dan melakukan banyak hal? Saya kira saya akan mencobanya. hehehe

    Thanks postingannya. Memotivasi. :)

    ReplyDelete
  11. Baca judulnya:

    " Pada Titik Sekarang, Kita Sudah Mendapatkan Apa Saja?"

    #jleb, langsung mikir saya. Tapi yg lucu mungkin untuk kita sendiri sebagai pemeran utama dlm hidup, kita belum dpt apa-apa, mah belum puas dg apa yg ada. sementara kl dr kacamata org lain, loncatan yg kita alami itu berarti dn membuat mreka iri

    *eh malah curhat*

    ReplyDelete
  12. hal sekecil apapun ternyata bisa benar-benar bermanfaat. Terimakasih tulisannya ^^

    ReplyDelete
  13. Sitti rasuna wibawa@:
    Wah hebat ya bsa melahab dua buku sekaligus hehe kalo sya semangat membelinya aja pas nyampai rumah kadang di lilit rasa ngantuk kalo sudah di hadapkan sma buku. Ngepost artikel jg bagian dari sesuatu yg punya manfaat. salam :)

    Gaphe@:
    Tidak usah repot2 ya mas, cukup mantengin beberapa jam di depan kompi juga ternyata banyak sekali yg mepunyai kadar manfaatn. Met jalan jalam aja hehe

    Falah mulyana@:
    Terimakasih, kalo untuk tukeran link sya udah gak bsa, alexa juga udah sya delete dari blog.

    Rawins@:
    Wah rupanya sibuk sekali dgn pekerjaanya, ya mungkin istirahat jg sesuatu yg punya manfaat agar bsa terjaga kesehatanya. Semangat

    Terimakasih, salam :)

    Irly@:
    Blogwalking ibarat wisata buat kita yg punya hobi membaca. Makasih... Salam

    Sadako kenzhi@:
    Mudah2an semuanya bermanfaat ya jeng :))

    Alaika abdullah@:
    Selamat beraktivitas ya mbaak semoga semuanya termasuk targetnya bsa terpenuhi. Karena mungkin dari kerja keras lah segalanya akan bsa di wujudkan. Terimakasih dan terus semangat..

    Lozz akbar@:
    Betul kang, kalo ada banyak agenda tapi justru kita di hinggapi rasa malas sepertinya kita akan merasa bersalah setelah kita sadar bahwa kita belum punya aksi apapun untuk tujuan kebutuhan kita sendiri.

    Namarrappucino@:
    Terimakasih, semangat yah hehe..

    Syam matahari@:
    Iya yg penting kita punya hasil yg bermanfaat sukur2 bsa bermanfaat buat org lain. Terimakasih, salam...

    Hitam putih pelangi@:
    Bener yang penting ada manfaat dalam jumlah yang terkecil sekalipun. Karena sesuatu yg besar harus di awali dari sesuatu yg kecil. Makasih udah mau mampir. Salam...

    ReplyDelete
  14. Minggu ini yang aku dapatkan adalah sebuah email dari seseorang,yg mana aku di lolos scholarship di university,hehehe

    ReplyDelete
  15. Yayack, lama gak blogwalking. Lagi nonton konspirasi dan grup metafisika.

    Semoga kita bisa mencapai hikmah dari setiap titik perjalanan kita. Kamu tuh serius amat yah, aku kadang nulis serius, aslinya aku banyak ketawa loooh, suka yang gokil-gokil juga...

    ReplyDelete
  16. Semua kemudahan dan Rizki yang didapat sepatutnya harus disyukuri. Apa yang kudapat hari ini? Banyak! Ada cinta, Rizki, pengalaman, kesehatan dan ilmu

    Follow my twitter: @elloaris

    ReplyDelete
  17. Andy@:
    Wah keren kalo gitu, selamat ya moga sukses. Terimakasih :) salam

    Ami@:
    Rupanya lagi banyak aktivitas penting ya mbaak hehe... walah iya ahir2 ini sya jg ngerasain kalo nulisnya terlalu serius pdhl dari postingan sebelumnya sya nulis terkesan enjoy. Serius nulis boleh tapi kalo aslinya serius2 amat kayaknya ga sya juga msh suka doyan ketawa. Makasih mbak :)

    Ello@:
    Waduh di borong ya mas hehe selamat. Okay insya Allah follow balik :) salam ....

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More