Perkataan Adalah Doa


Jika saja pulsa tidak mencukupi untuk melakukan sebuah panggilan, maka sesuatu yang wajar kalau upaya lain yang harus di lakukan adalah dengan mengirim sms. tapi kalau ada orang yang sehari harinya sudah memegang ponsel sebagai perlengkapan pribadinya, maka akan menjadi sedikit heran jika tidak bisa untuk sekedar berkirim pesan lewat sms. tapi tidak buat tetangga saya, maksudnya saya tidak heran__ karena banyak dari mereka__yaitu para orang tua yang belum siap di hadapkan dengan kemajuan technologi zaman sekarang. Salah satunya adalah tetangga saya yang hari itu kemungkinan tidak bisa menghubungi anaknya yang belum pulang dari sekolah.


Bapak sebagai tetangga saya ini merasa kesal karena anaknya belum pulang juga dari sekolah__ padahal waktu sudah hampir mendekati hari gelap. Jelas untuk sekedar menelpon saja tidak bisa karena jumlah pulsa sepertinya tidak mencukupi, bapak ini merasa sedikit kebingungan dan kesal dalam dua hal, satu karena ponsel pribadinya tidak bisa untuk menelpon, sesudah itu sebelumnya merasa kecewa karena anaknya tidak memberitahu minta izin untuk pulang sore, pastinya sebagai orang tua akan merasa hawatir, apalagi anaknya adalah seorang perempuan. setelah saya menjelaskan semuanya, opsi lain yang memudahkan adalah dengan berkirim sms.

”sebentar, lagi main di rumah teman ”. Itulah jawaban sms singkat dari anak bapak tadi setelah saya menanyakan posisi keberadaanya. Bapak ini menggerutu sekaligus bersyukur karena anaknya tidak kenapa napa, kalaupun pulang hujan pun lagi deras derasnya. ”ya udah cepetan di bales, bilangin suruh nginep saja di situ gak usah pulang dulu karena hujan makin besar”. Supaya tidak terlalu membebani, kalimat ucapan bapak tadi tidak semuanya saya tulis untuk membalas isi sms tadi. Saya juga memahami apa yang ada di pikiran bapak tadi waktu itu. Waktu yang mungkin lagi di penuhi dengan rasa hawatir. Saya cuma membalas isi sms dengan kalimat permohonan supaya nginep saja kalau hujan pun belum juga reda, itu saja bagi saya sudah cukup dan saya rasa akan bisa di pahami oleh anak bapak tadi.

Tanda tanda hujan mulai reda nampak dari percikan air di pelataran rumah saya. Walaupun hujan belum benar benar reda akhirnya dia memaksa bergegas pulang. Hanya saja sudah di dapati sepulangnya di rumah kalau lututnya terkena luka karena jatuh dari motor, kecelakaan di jalan pas dia di antarkan temanya untuk pulang. Entah anjuran orang tuanya yang suruh nginep itu benar atau tidak dan jujur atau tidak, ada sebuah kebetulan yang mungkin memang sudah menjadi bagian dari skenario Tuhan. Kesan itu makin kuat setelah di tanyakan semuanya, bahwa alasan dia jatuh dari motor itu katanya karena kondisi ngantuk. Bagi saya sendiri ini seperti ada hubunganya dengan ucapan bapak tadi agar anaknya suruh nginep saja sekalian. Kalau saja dia menuruti apa yang sudah di pesankan orang tuanya lewat sms, mungkin hari itu akan punya cerita lain.

saya sedikit menjadi berpikir, bahwa benar adanya kalau perkataan itu adalah doa, dan perkataan orang tua adalah sabda dan perintah. Proses tadi memunculkan sebuah kesimpulan bahwa kejadian apapun rasanya akan punya nilai sebuah hikmah. Hikmah dari kejadian yang saya tulis di atas adalah bagaimana sebuah pesan dari orang tua itu sangatlah mahal, ada baiknya jangan mencoba memurahkan apalagi mengabaikan.


18 comments:

  1. setuju, jangan pernah memurahkan apalagi mengabaikan nasihat ortu.
    perkataan orang tua adalah doa, apalagi ibu.

    ReplyDelete
  2. Menulis juga mesti hati-hati, apa yang kita tuliskan adalah doa. Tulisan yang inspiratif

    ReplyDelete
  3. Setiap perkataan adalah doa, maka itu kita dianjurkan untuk menjaga omongan.

    saya sepakat mas kalo kata kata/pesan orang tua itu sakti, pun dikehidupan saya telah banyak kejadian yg membuktikan kesimpulan itu.

    ReplyDelete
  4. jadi inget masa lalu..ibu saya selalu berkata bahwa apa yg diucapkannya benar..saya suka sebel..koq bisa gitu sih..nyatanya memang ortu cenderung bisa meraba kondisi anaknya drpd si anak itu sendiri.."kadang2"..ga selalu sih..tapi kisah ini adalah hikmah yg dalam..semoga bisa menjadi ortu yg bijak..amin

    ReplyDelete
  5. Bisa jadi demikian, karena memang dari ceritanya seolah ada keterkaitan...
    Banyak kebetulan-kebetulan yang sebenarnya tidak disadari.
    Semoga saja kita (saya) lebih berhati-hati dalam berucap.. terimakasih :)

    ReplyDelete
  6. emng bener adanya mas, bahkann pemikiran baik saja sdh merupakan doa , dan ada nilai pahala disitu, apalagi ucapan yg baik2..makanya kita hrs bener hati2 kalau berkata2

    ReplyDelete
  7. setuju mas, saya sering berhadapan dengan perwujudan dari sebuah kata-kata yang diucapkan oleh orang tua. Perkataan mereka adalah doa... jadi kita harus sebijak mungkin dalam bersikap dan menerjemahkannya.
    nice posting mas, thanks for share.

    ReplyDelete
  8. makanya tutur kata kita sebagai manusia sosial harus lebih di perhatikan dengan baik,agar tidak merugikan orang lain
    seperti kata pepatah " Mulutmu Harimaumu "

    ReplyDelete
  9. @Yan Muhtadi Arba:
    Ya, perkataan org tua akan menjadi penting karena ridho org tua akan sangat dekat dgn ridho Allah.

    Makasih, salam kenal :D

    ReplyDelete
  10. @Ami:
    benar mbaak, konon tulisan juga bsa menjadi perwakilan dari kepribadian si penulis sendiri...

    ReplyDelete
  11. @Syam Matahari:
    tentunya dgn banyak kisah dan cerita seperti halnya kisah sejarah malin kundang :)

    Makasih udah mau mampir, salam ...

    ReplyDelete
  12. @Sukadi:
    Dari banyak kisah dan pda kejadian2 tertentu sebenarnya akan ada banyak hikmah yg terselip di dalamnya. Semoga kita selalu dlm petunjukNya :)

    Terimakasih...

    ReplyDelete
  13. @al kahfi:
    Iya mass, setiap proses kejadian adalah pelajaran baik atau buruk dari kejadian tsb :))

    ReplyDelete
  14. @alaika abdullah:
    Semoga kita bsa menangkap pesan dari setiap kejadian2 serupa, sederhanya kita akan terus belajar dari banyak kisah dan cerita. Terimaksih, salam

    ReplyDelete
  15. @Andy:
    Mudah2an kita lbh berhati hati dlm setiap mengungkapkan sesuatu lewat ucapan yg kadang kalo tdk di sadarai akan menjadi sangat berbahaya.

    ReplyDelete
  16. mas...ada PR buatmu..kapan2 dikerjakan ya..makasih!

    ReplyDelete
  17. berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..:)

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More