Memuliakan Pembaca



Tak ubahnya peran media dalam menyuguhkan segala informasinya ke halayak luas, dunia blogsphere yang membentuk komunitas berbasis pada sekumpulan orang orang yang hobi menulis juga mestinya harus punya peran yang lebih, di mana setiap semua yang sudah kita tulis nantinya di harapkan menyelipkan manfaat, setidaknya untuk bisa berbagi dan membagikan setiap persembahan jejak tulisanya dengan banyak orang. dalam kapasitas dan identitasnya sebagai bagian dari penduduk dunia mayantara.


Bebas nulis, tidak harus bebas bebas amat sebenarnya... artinya lantas kemudian bukan berarti menghalalkan segala cara buat bebas nulis tentang segmen apapun. dengan kata lain supaya lebih pada punya rambu rambu seperti mata bijak sebagai " terjemahan" sikap kehati hatian kita saat dimana kita sudah di beri peluang untuk sebebas mungkin buat menuangkan setiap buah dari mengunyah ide dan gagasanya dalam lembaran lembaran artikel. Karena tulisan seseorang sedianya bisa sedikit punya gambaran yang mencerminkan kepribadian si penulisnya (seseorang). Dan tidak jarang pula salah satu dari sekian banyak orang pernah tergiring pada pusaran masalah hanya karena akibat dari tulisanya sendiri.

Saya, yang sudah genap satu tahun lebih dalam upaya memelihara blog sederhana ini, kalau mau jujur rasanya belum punya banyak makna yang bener bener ber-manfaat, minimal sudah punya efek positif buat orang lain yang sudah pernah membacanya, yang mana kemudian dan kemungkinan saya hanya di sibukan pada mencari point-point tertentu yang sifatnya lebih mementingkan dan menguntungan diri sendiri. Itu sebetulnya sudah di akui saya sedari kemarin loh hehe. Kalaupun ada yang sudah merasa di beri porsi lebih setelah membaca tulisan di Rumah Petuah ini, saya ucapkan seraya mengucap sukur, merasa berterimakasih juga, sekaligus Alhamdulillah. Karena apa apa yang sudah saya tuangkan dan di hidangkan disini sedikit bisa di terima dengan atau tanpa memberi komentar sekalipun. Karena semuanya berawal dari niat yang tak lain dan tak bukan adalah untuk berbagi dan ukhuwah.

Beberapa hari kemarin, setibanya saya nyangkut di alamat blog orang lain, pernah mendapati tulisan yang kemungkinan berisi hanya sebatas sebuah curhatan seseorang yang sedang menjadi bagian dari masalah atau memang sudah terjebak sama masalah. Awalnya hanya menceritakan sikap labil dan kelemahan dia sendiri sampai yang punya tujuan untuk berhenti dari dunia tulis menulis, dan entah dengan memakai alasan apa sampai ujung ujungnya saya banyak menemukan tulisan tulisan tadi yang berorientasi pada point untuk menjustifikasi orang lain secara personal dengan tendensi yang negatif. Dari situ saya jadi sedikit kurang nyaman kalau sekiranya mau ngasih komentar pun, karena harus di tuntut untuk bersikap senetral mungkin. Yang akhirnya saya hanya ngasih komentar sesedikit mungkin berupa ajakan dan anjuran sok bijak untuk tetap bersemangat.

Mencoba buat di compare, sedikit beda pada saat kemarin kemarin, pas ketika perjalanan blogwalking saya tergiring pada sebuah halaman blog, pada situasi di mana saya merasa nyaman berlama lama membaca setiap artikelnya, bahkan sampai belain buat membedah sebagian archive-nya. Ada banyak bahan yang bisa di adopsi yang kesemuanya menyuguhkan tulisan yang bermanfaat, entah itu manfaat buat orang lain terlebih lagi bermanfaat buat si penulisnya sendiri.

****
Memuliakan pembaca adalah saat di mana mereka para pembaca merasa nyaman, memuliakan pembaca adalah saat di mana mereka paham dan tahu maksud dari arah tulisan yang sudah di bacanya. Terlebih jika ada banyak menu menu manfaat setelahnya mereka membaca-- entah itu berupa sekedar informasi, motivasi, inspirasi, ataupun yang cenderung hanya berbasa basi.

Bisa juga memuliakan pembaca adalah di saat para mereka (pembaca) sudah merasa mendapatkan sebuah dorongan untuk berjalan pada roda evolusi kesadaran. Pada sikap untuk gemar menebarkan kemaslahatan yang akhirnya membentuk komunitas yang menebarkan kesemuanya menuju pada lahirnya masarakat yang terbiasa menyebarkan dan melakukan tindakan yang maslahat. Semuanya akan tersaji indah jika saja proses pekerjaan menulis bisa di lakukan dengan di barengi sikap untuk memuliakan pembacanya.




47 comments:

  1. Terima kasih sudah mengingatkan untuk menulis dengan selalu mendahulkan asas manfaat dibandingan asas bebas :D

    Semoga senantiasa menulis untuk menebarkan kebaikan ya Mas, :D

    Eh burung ya ngikutin terus, jadi agak keganggu pas baca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih jg karena sudah mau mampir disini utk berbagi, terimakasih jg kalau sekiranya udah ada point yg bermanfaat. Salam :)

      Delete
  2. blog tak ubahnya seperti rumah kita, yang tentu saja setiap pintu dan isinya dengan karakter tersendiri. Saya pribadi masih merasa sangat jauh dari harapan menjadi tuan rumah yang baik yang bisa menyajikan hidangan yang bisa memberikan sebuah kelegaan rasa. Karena bagaimanapun saya masing sering kali terhanyut perasaan dan kondisi diri. Ini yang harus saya upayakan untuk diletakkan,sehingga apa yang kita tulis bukan hanya sebatas kekuatan emosional.
    Saya rasa, selama ini tulisan dan sajian di rumah kang Yayack cukup dalam kajiannya, sehingga terkadang saya tidak mampu mengomentarinya, hanya saja walo saya ndak berkomentar tapi saya merasa ada hal yang bisa saya dapatkan dari itu. Teruslah berkarya sodaraku, lukislah apa yang hendak tertulis dan tulisalah seperti membuat lukisan yang dengan itu menghasilkan goresan penuh makna. Insya Alloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kalo sekiranya udah mau memberikan sya semangat utk ttp berkarya. Salah satunya minimal utk bsa berkiblat sma isi rumah dari pak ies yang sya kira begitu banyak asas manfaatnya :)
      Terimakasih udah mau berkunjung disini.

      Delete
  3. maaf baru bisa berkunjung kesini. terima kasih pengingatnya semoga saya bisa seperti itu, blog saya masih jauh dari itu sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak apa apa ko buu hehe salam kenal juga semoga selalu dlm nilai ukhuwah. Terimakasih, salam.

      Delete
  4. salam kenal mas atau kang ya...?...wuahh.... kayaknya saya bener-bener harus ekstra belajar nih untuk bisa memuliakan pembaca...maklum blogger pemula...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, mas atau kang sma aja mbak hehe.. Kalo pemula, medioker atau udah jd penulispun disini sma saja yg penting bsa saling share dlm balutan silaturahimm. Terimakasih..

      Delete
  5. pengingat yang baik....
    semoga nanti bisa membuat postingan yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  6. kalau masalah itu tergantung kepada tujuan dari owner ngeblog'a karena beda owner beda visi & misi ngeblog'a mas
    contohnya kalau blog saya,banyak yg bilang blog saya kritis banget tulisan'a mas,bahkan pernah ditegor sama oknum pemerintah tapi tetap aku terima kritikan'a
    so ngeblog itu untuk mencerdaskan readers dengan tulisan yang kita buat,jangan hanya eksis ngeblog tapi isi'a kagak penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog itu untuk mencerdaskan readers dengan tulisan yang kita buat,, sepertinya sya masih jauh dari kesan seperti itu hehe perlu banyak belajar nih. Terimakasih sudah berkunjung di rumah ini. Salam buat yg suka mau eksisnya aja :D

      Delete
  7. beda owner blog,pasti beda visi & misi ngeblog'a mas
    tapi kalau prinsip saya adalah Jadilah blogger yang mercerdaskan readers dengan content yang kita buat,jangan hanya jadi blogger yang eksis tapi isi di blog kagak penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali mass, tapi sya jg punya prinsip utk belajar sampai kapanpun dan sma siapapun termasuk sma mas andy hehe itu syam kenapa juga tuh :D

      Delete
    2. Heeheh, gak... banyak blog eksis yang bertebaran. dan beberapa diantaranya memang gak penting. tapi biar bagaimanapun, blog itu milik mreka. jadi bebas dong. Pilihan ada sama kita, mau berkunjung dan berbasa-basi atau tinggalkan. ahahahah... #UPS

      Delete
  8. Kalo buat aku sendiri sih Menulis di blog itu hanya sekedar untuk mengisi waktu luang dan sekaligus menyalur kan hobi menulis.Jadi kemungkinan besar tulisan2 ku gak bs memuliakan pembaca,atau lebih jauh lagi gak bisa memberi manfaat pada yg membaca.Namun aku dapat merasakan kepuasan tersendiri dalam menulis di blog.

    Ok kawan,sukses slalu.Lam knl.
    Aku follow blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, kita dan mungkin banyak blogger disini mustinya punya tujuan yg sama cuma kadang ada saatnya kita sedang belajar dari org lain dan pada saatnya secara tdk di sadari kita sudah bsa memberi pelajaran bagi orang lain. Tujuan berbagi disini adalah adanya timbal balik dlm pengaruh yg positif yg berujung pda kemanfaatn bagi sesama :)

      Terimakasih utk komentarnya, terimakasih jg udah mau follow disini. Salam kenal :)

      Delete
  9. Nice yack... terimakasih sudah memuliakan saya sebagai pembaca. saya selalu mendapatkan sesuatu dari blog kamu.

    Blog bagi saya adalah tempat berbagi, sebagai brand untuk diri saya sendiri. karakter saya beradu bersama perasaan saya ketika menulis sesuatu. sebenarnya saya tidak begitu perduli dengan apa kata pengunjung ttg isi tulisan saya. saya memang egois dalam hal ini. dan saya bukan orang yang bisa berbasa basi.

    maaf kalau kamu tidak mendapatkan sesuatu dari tempat saya, tapi saya berterimakasih kamu sudah selalu ingin datang berkunjung. apapun alasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kalau udah ada yg merasa di muliakan hehe kesanya jadi gak enak nih syam :D

      Ttg blog, konklusinya mantap dan itu yang ngebuat sya jadi ingin dan ingin lagi utk sekedar nengok rumah sebelah apalagi disitu ada musik yg menemani pas di saat sdg kita membaca hehe..

      Delete
    2. Ow. jangan salah... musik yg saya pasang di Rumah Matahari itu adalah musik mistik, punya daya hipnotis untuk membuat pembacanya datang lagi. untuk yg segenre tapinya, hehehe... setiiap blog ada segmentasi masing2. So far jiwaku se-genre dg Rumah kamu ini.

      Delete
  10. Terima kasih Mas sudah mengingatkan saya..semoga kedepannya saya bisa menuliskan yang bermanfaat untuk semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga atas kunjunganya, semua tulisan sobat pastinya udah baik ko dan bsa saja di saat menurut kamu sndiri biasa2 saja pas bagi orang lain ada yg merasa mengambil manfaat dari isi rumah kamu hehe terimakasih ya, salam :)

      Delete
  11. layaknya seleksi alam, blog qt akan memilih pembacanya sendiri2. yg tdk sepaham pasti akan kabur sendiri. seperti blogq, isinya sok waras dan sok bijak smua. makanya pembaca pada kabur. hihihi..

    cuma mo bilang, just do it by your own style.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, tapi bukanya pembaca yg berhak memilih tuh hehe... Mereka gak kabur ko paling cuma ngerasa bosen aja mau nyari sesuatu yg baru. Tp esensinya bukan itu ko, siapapun mereka semuanya bsa saling membagi. Terimakasih udah nengok kesini, salam :)

      Delete
  12. apa kabr sahabat ku??? maaf ya,, aku dah kelamaan ga mampir ke sini,, padahal sob yayack dah baik bener selalu mampir ke CH,, hmm... soal memulia kan pembaca ,aku tetap mesti belajar nih,,, yuuk kita belajar bersama...

    00t: blog nya ganti judul apa aku yg kelamaan dah ga kesini ya? rasa nya dulu warna merah,, hmm... tahun baru renovasi ya??? aku suka template barunya.. plus burung biru yg selalu ngamati aku baca,,hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kabar baik, dan tdk usah meminta maaf atas sebuah niat hiatus yg cukup lumayan lama hehe... Semoga cerita hujan skrg bsa ttp subur menelurkan beberapa karyanya apalagi sangat di dukung dgn kondisi musim hujan kaya sekarang :D

      Ganti judul udah lama dan utk template blog sendiri punya tujuan di ganti lebih pda mencari sesuatu yg baru supaya gak bosen hehe kalau rumah sih istilahnya pakai cat tembok baru :D

      Delete
    2. hehehe,, sudah lama ya ganti judul,, waduh,,, tambah ketahuan kelamaan hiatus,,,hahahaha. Semoga saja,, sekarang mulai rajin,, kemarin2 koneksi tidak berpihak sob,, makanya terpaksa hiatus,, (bewww gaya ku, padahal faktor Malas yg paling buanyaaak)wkwkwk

      ---
      oot: tuh dipostinganku kipas anginnya itu ada 2 fungsi,, untuk lepi bisa juga iya karena lepinya juga dipakai nonstop,, tapi yang pasti orangnya dulu yang dikipasin,, sayang,, untuk ambil foto terpaksa orangnya ga bisa ikut foto,,,hahahaha

      Delete
  13. ah jangan merendah gitu Yack.. toh saya kalo mampir sini selalu adem baca artikelnya.

    ya, terkadang memang pembaca memiliki kriteria masing-masing apakah dia mau melanjutkan sampai selesai atau meninggalkan komen seadanya bukti kalau sudah mampir. itu pilihan.

    Dan sebagai yang menulis seharusnya tidak mempermasalahkan hal itu, karena balik lagi tujuan menulisnya itu apa.. hanya sekedar minta dikomen atau memang tulus untuk berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat setuju, kayaknya mas gaphe selalu punya point tersendiri di saat sudah memberi komentar ttg apapun, karena ya itu tadi --> punya prinsip yang katanya tdk harus memberi bukti bahwa kita sudah mampir, tapi lebih pada sikap tulus utk berbagi satu sama lain nyang keduanya minimal sama -sama mendapatkan manfaat :) hehe apalagi dlm kalimat pamungkasnya suruh berkunjung balik :D

      Terimakasih ya phe sudah mo jalan jalan kesini sayang gak ada sunset disini :pt

      Delete
  14. banyak blog eksis yg bertebaran tapi berasa gak penting, blog sya mau di kasih musik nyari tutornya di mana ya? Haha di rumah matahari kayaknya ga ada ya :D #abaikan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh buka videokemon.com disitu banyak lagu kok. pilih mana suka, trus ambil kode htmlnya. di blog aku gak ada tutorial mas :)

      Delete
  15. Assalamu'alaikum sob...
    Aduh...aku lama g blogging dg istiqomah sprti awal-awal dulu.

    Blog ini cucok dg judul blog Rumah Petuah. Yach....dikau pintar meramu isinya hingga petuah menjadi cerita mengalir sampai akhir...

    Seepp...n terus berkarya ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wallaikum salamm, ttp semangat mbak, haitusnya jangan kelamaan hehe :) terimakasih udah mau berkunjung. Salam

      Delete
  16. Sepertinya saya juga harus banyak belajar agar blog saya memberi manfaat buat saya pribadi atau orang lain. Bukan semata-mata hanya sebagai tempat curhat hikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga belajarnya ttp semangat mbaak, ya masing2 blog punya genre beda2 dan insya Allah siapapun termasuk rumah mbak katty sendiri bsa bermanfaat buat org lain, yg menilai kan harus dari org lain :D

      Terimakasih udah mo singgah disini :)

      Delete
  17. nulis itu kan seperti orang ngomong
    untuk ngomong orang cuma perlu satu mulut
    tapi sebelum ngomong orang harus melihat dengan 2 mata dan mendengar dengan 2 telinga terlebih dulu

    tapi itu kan teorinya
    soal nulis tetep aja aku ngaco

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip, betul sob, saat kita di hadapkan pda tuntutan utk ngomong tdk serta merta asal ngomong itupun kalo sekiranya punya tujuan utk membwri manfaat buat org sekitar. Seperti juga nulis ya :)

      Terimakasih sudah mau share disini. Salam

      Delete
  18. Yep, menulis itu harus dengan hati kali yaaaa. Kadang curhatan orang gak enak dibaca tapi itulah keunikan orang tersebut dlm menuangkan ide, walau berikutnya kita akan memahami kemampuan orang tersebut hanya dalam tulisannya.

    Regards,
    Twitter: @elloaris

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin salah satu dari sekian banyak penunjang dari kegiatan menulis adalah dgn hati. terimakasih waktunya udah mau berbagi disini :) salam

      Delete
  19. terkadang menurut kita sendiri seperti tdk bermakna,, padahal oleh byk org lain yg tdk kita ketahui sangat byk manfaatnya tulisan2 yg sdh di buat,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali sob, tulisan itu punya takaran masing2 dan dari para mereka lah yg mampu buat memilah mana yg menurut mereka bsa di ambil utk di jadikan sbg sesuatu yg punya manfaat :)

      Terimakasih udah mau mampir disini :) salam

      Delete
  20. Super sekali, terima kasih sudah membuat kami merasa nyaman. Pada dasarnya setiap orang memiliki karakter tulisan masing2, dan nggak mungkin juga semua kepala seragam pemikirannya. Jadi wajar aja sih, kalau ada tulisan yang kesannya gini atau gitu. Pandai2 memilih aja mana yang bagus buat dibaca ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih jg kalo udah ada yg merasa nyaman, ya,, tiap kepala punya pemikiran yg beda2 dan dari perbedaan itu kita jadi bsa tahu atau minimal menambah ilmu baru dari pemikiran2 org lain hehe.. Terimakasih sudah berkunjung, salam.

      Delete
  21. Piye kabare kang Yayack? :)

    maaf baru sowan sekarang, maklum habis selesai bertapa haha

    waduh.. bukan saya kan yang mau pensiun nulis? Kang bisa enggak ya burungnya disangkarin aja, ganggu saya lagi asyik baca nih kang :(

    Kalau saya sih sebisa mungkin nulis atau berkomentar untuk tidak menciderai yang membacanya. Jujur saat menulis, tapi juga gak kejujuren menulis semua yang ada di dalam otak kita, apalagi mengenai sebuah perbedaan dengan yang lain. Yang ujung2nya bisa jadi kita malah melakukan keceplosan omong yang berlebihan.

    Salam kangen kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik kang lozz haha, waduh ceritanya udah turun gunung nih? jangan kelamaan semedi.

      Setuju sekali, beda pendapat dan beda pemahaman itu bukan berarti menciderai kan? Kalo menurut sya sih mestinya perbedaan itu menjadi pelengkap. Oke, terimkasih udah mau sempet mampir kesini entar juga brung twitter mo di sangkar aja di sidebar hehe.. Salam :)

      Delete
  22. aku suka baca2 di sini.. rasanya menenangkan.. :)
    memang bnr, sehrsnya kt memberikan sesuatu yg bermanfaat kpd pembaca. kalaupun curhat, sehrsnya curhat yg mengandung pembelajaran bagi yg lain jg, bukan sekedar ngomel2 atau mencaci maki org.
    Aku pernah terpaksa menghapus 1 postinganku, krn stlh kubaca lg, postinganku itu terlalu sarat emosi. Dan rasanya tak enak hati menghadirkan itu ke pembaca.. Semoga kedpnnya tulisanku bs lbh baik lg.. Makasih dah dingatkan :)

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More