" Something " That Reminds


Adakalanya... siapapun kita, kalian, mereka atau saya sendiri pastinya pernah mengalami juga dan merasakan pada sebuah kondisi dan situasi diri dimana ingatan alam sadar kita terlempar pada sebuah keadaan, kejadian atau peristiwa dimana ketika telinga kita di hadapkan pada suara, entah itu suara yang bersumber dari sebuah musik ataupun bebunyian apapun, pada suara katak sekalipun. Yang barangkali bisa membuat kita bisa sedikit membongkar rekaman masa lalu kita, atau dalam bahasa sederhananya lebih pada mengenang pada sebuah kejadian entah itu berupa perasaan senang ataupun sedih tergantung dari bekas apa saja yang sudah di tinggalkan pada sebuah ingatan tadi.


Ada saat di mana kita pernah sedang merenung, memikirkan kemungkinan kemungkinan, atau tentang sesuatu, lantas tiba tiba di pertemukan pada suara yang sering kita dengar entah suara itu hinggap dalam ingatan kita pada tahun berapa. Tapi suara itu mengingatkan jelas akan sebuah kejadian tertentu yang membawa perasaan kita ikut menyelam bahwa sepertinya kejadian tersebut barulah kemarin. Dan suara itu terkadang merekam jelas yang barangkali menggiring kita pada sebuah kejadian, bahwa kita pernah berada di suatu tempat tertentu.

Bahkan untuk indra pencium sekalipun, yang terkadang bisa membawa ingatan kita akan sesuatu hal, baik itu bau beraroma yang mengingatkan pada sebuah parfum ber-merk, pada kenangan dengan seseorang, atau ketika mengendus bau yang kurang nyaman misalnya, karena kesemuanya tidak akan pernah bisa membohongi dan di bohongi, Baik itu telinga ataupun indra pencium kita.

Seperti misalnya pas ketika saya tiba tiba di perdengarkan lagu My Hearth Will Go On punya Celine Dion, di manapun dan mungkin sampai kapanpun, mau setuju atau tidak__ ketika saya mendengarkan lagu tersebut, ingatan saya langsung terlempar pada saat di mana saya dan temen temen sekolah rameh rameh nonton film Titanic lewat VCD di rumah salah seorang temen, bahkan kamar TV tersebut masih teringat jelas yang mengambil tempat di ruang tengah sembari menggelar tikar yang kemudian sengaja di suguhi cemilan berupa kacang dan air putih sebagai pelengkapnya. Terkadang jadi kangen pada ingatan kejadian tersebut yang mungkin cuma akan menjadi materi bahan cerita untuk di kemudian hari.

Ada juga kejadian lain yang menjadi acuan pas ketika saya di pertemukan pada bau sesuatu yang tidak asing bagi indra pencium saya, yaitu ketika saya menemukan bau pewangi pakaian merk tertentu, yang berhasil melambungkan ingatan saya ketika pas pulang sekolah yang baju seragamnya harus buru-buru di cuci terlebih dulu sebelum di pakai untuk keesokan harinya, karena waktu itu saya cuma punya satu pakaian sebagai baju seragam sekolah satu satunya.

Atauuu mungkin saja ketika saya mendengarkan suara petasan sekaligus mendapati bau asapnya, entah orang lain punya perasaan yang sama dengan saya atau tidak, tapi yang saya tangkap dari pesan itu adalah tentang suasana bulan ramadhan dan hari lebaran. Mungkin masih banyak lagi hal hal yang bisa membangkitkan ingatan saya pada sebuah keadaan, kejadian atau peristiwa dan seseorang. Terlebih jika pada saat sekarang sejujurnya saya masih belum kena penyakit lupa ingatan. hehe...

Suara jangkrik, musik, ataukah bau aroma parfum klasik yang sekiranya bisa mengusik ingatan sobat sobat pada sesuatu hal?

21 comments:

  1. Heeeheh... kebanyakan kl suaranya itu adalah lagu pasti ingatnya ke scene tertentu dr sebuah filmnya. best scene.

    tapi kalo farfum. ahhahah... pengalaman banget aku yack. ada satu aroma yg entah apa namanya yg kl saya menciumnya langsung ingat seseorang yang pernah membekas dikeseharianku. akhhh... masalalu memang selalu aktual :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lagu lebih bsa punya jejak di ingatan kita hehe.. Parfum jantan kali ya mbaak :D

      Delete
  2. hm... bener banget... aroma, suara bahkan kilasan gambar bisa mengingatkan kita pada suatu kejadian...

    kalo saya seringnya aroma/parfum.... hm.... jadi teringat deh... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah spt syam juga hehe lebih ngena dgn parfum sekaligus mengingatkan seseorang :D

      Delete
  3. harus musik lembut kayaknya ya..?
    pantesan aku jarang dapet
    seringnya muter dangdut sih
    abisnya sepi banget di hutan
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin, dan saya malah baru mendengar suaranya rossa aja udah mengingatkan seseorang pda tujuh tahun silam hehe...

      Delete
  4. de javu ya... lama nih gak nongol di blogku. sibuk ya? moga-moga bukan karena aku salah komen kepanjangan di postinganmu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin spt itu mbaak, hehe gak tau kenapa tiap kali saya bw pke hp ke blue sky saya malah jadi kerepotan ga bsa masuk. Blognya ada yg di rubah kali ya? :D

      Maaf kapan2 bsa ke TKP lah :)

      Delete
    2. blogku ada video dan link blog list kali. mmm, memang aku kalo pake hape suka gagal komen juga. mestinya memang dipisah kali ya, tapi itu resiko sih pengen banyak link. apalagi gambar2 juga ngelink semua. dipertimbangkan linknya diputus aja. tx yaaa

      Delete
  5. ya memang itu cara manusia berpikir ... saling tertaut

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin salah satu dari kelebihan kita juga kayaknya. terimakasih, salam kenal :)

      Delete
    2. atas karunia dari Tuhan juga ya hehe... Terimakasih ya, salam :)

      Delete
  6. suara hujan dan kala sendiri seringkali membuat pikiran terlempar pada file-file yg tersimpan rapi pada album masa lalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, kalo ada suara hujan terus muter lagu ebiet wah ingatan sya melompat jauh ke lima belas tahun silam :)

      Delete
  7. Benar. aroma, suara bahkan kilasan gambar bisa mengingatkan kita pada suatu kejadian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata sama --semuanya, hehe oke terimakasih atas kunjunganya :)

      Delete
  8. kalo denger suara hujan...saya ingatnya lagu mbak bla..bla..purwasih itu lho.."yang hujan turun lagi..di bawah payung hitam ku berlindung..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ratih purwasih kali mbak penyanyi asal jogja hehe..

      Delete
  9. itulah karena alam bawah sadar kita demikian luas dan besarnya.. mampu menyimpan jutaan memory yg akan dengan serta merta keluar tanpa kita sadari knp bisa keluar begitu ada pemicunya yg tepat :) terimakasih berbagi pengalamannya mas ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ini juga sekaligus bukti nyata dari kebesaran Tuhan sbg maha pencipta. Makasih udah mau mampir disini. Salam :)

      Delete
  10. Banyakkk hihihi.
    Keren ya kalau dipikir-pikir, keingetan bau aja jadi keingatan masa lalu atau hal yang sudah berlalu...

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More