Tebarkan Ilmu Dengan Selembar Tulisanmu


Ilmu adalah ibarat mutiara di tengah timbunan pasir, ilmu adalah ibarat cahaya di tengah sepotong malam, ilmu adalah ibarat sahabat di tengah keterasingan.

kalau mau di pikir lebih runut jauh ke alam pikiran yang paling jernih, yaa, harusnya saya bisa lebih bersukur dengan apa yang sudah saya kerjakan sejauh ini, terutama dalam niat dan konsens saya untuk tetap terus menulis sebagai Salah satu bentuk usaha saya buat sekedar memelihara blog sederhana ini. adalah menjadi hal yang sangat penting buat kita, khususnya saya yang notabene di tuntut untuk tetap terus menulis dengan mengambil cerita atau tema macam apapun yang sekiranya bisa di ukur dengan kemampuan saya sendiri, atau paling tidak dalam hitungan beberapa hari setidaknya saya bisa menelurkan sebuah tulisan. Terlebih jika saja tulisan tersebut bisa bermanfaat buat orang banyak. Jujur, itu saja sudah cukup untuk sekedar menjadi kebahagiaan tersendiri bagi saya secara pribadi.

Ketika kita membaca beberapa tulisan orang lain, maka akan ada banyak kemungkinan kemungkinan yang kita peroleh. kemungkinan itu hadir ketika sudah mendapatkan ilmu baru, mendapatkan pelajaran dan bisa belajar dari semua yang sudah kita baca, atau minimal bisa mendapat banyak manfaat yang mana kemudian bisa di konversi dalam bentuk yang lebih nyata setelahnya kita membaca. begitupun ketika kita sudah menyelesaikan sebuah tulisan, tidak harus yang bisa menginspirasi atau mengandalkan karya bernarasi. dari cerita yang sederhana saja kadang akan terselip kalimat kalimat yang berhasil menularkan energi positif untuk mentransfer berupa semangat dan ilmu baru bagi orang yang membacanya. salah satunya berupa ilmu yang bisa bermanfaat buat banyak orang.

Katanya ilmu itu bertebaran di mana mana, berserakan di banyak kejadian dan peristiwa kecil, menyelinap di tengah kisah dan cerita, sampai ke dasar kolong jembatan. pun pada fenomena jatuhnya sehelai daun kering ke tanah saja bisa menyelipkan pelajaran berharga buat di tularkan pada tataran proses kehidupan nyata banyak manusia. yang mana kemudian, dari kegiatan menulis lah jalan lain yang sekiranya bisa mengantarkan kita buat sedikit menyampaikan ilmu ilmu apapun buat orang lain. hal ini bukan saja menyangkut ilmu ilmu agama secara ritual, namun yang non ritual pun memiliki dimensi yang luas untuk di pertimbangkan yang kemudian bisa menularkan sebagai sesuatu yang punya manfaat lebih.

Ilmu non ritual, atau ilmu umum yang di ajarkan buat orang lain juga merupakan bentuk kemanfaatan tersendiri. terlebih jika dengan ilmu itu orang lain bisa mendapatkan life skill (ketrampilan hidup). Lalu dengan bekal life skill itu ia mendapatkan nafkah untuk sarana ibadah dan menafkahi keluarganya. lalu nafkah itu bisa menjadikan anaknya bersekolah dan bekerja hingga bisa menghidupi keluarganya, bermanfaat bagi masarakat, dan seterusnya, Maka ilmu itu akan menjadi pahala jariyah baginya. Ilmu yang bisa menolong sampai sesudah kematianya.

Rasulullah saw bersabda, bahwa ada tiga hal yang tidak akan putus amalanya walaupun orang tersebut sudah meninggalkan kita untuk kembali kepada penciptanya, yaitu: amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang shaleh. mungkin ilmu yang bermanfaat disini adalah ilmu yang memiliki manfaat buat orang lain dalam menuju ketakwaanya kepada Allah swt. bukan menuju pada kefasikan. bisa saja kita menulis tips tips tertentu, atau menulis berupa ajakan dan anjuran ataupun himbauan yang sifatnya bisa menimbulkan orang lain merasa di berikan manfaat yang lebih oleh apa yang sudah kita tulis. sepertinya mudah buat di pahami yang kemudian bisa di kerjakan, namun kesadaran tersebut kadang sering di kalahkan oleh minimnya pola pikir.

Orang yang sadar akan manfaat dan pentingnya berbagi ilmu buat orang lain, maka ia akan dengan segenap hati untuk terus bisa " menebarkan " ilmunya ke penjuru bumi. Ia tidak pelit dengan ilmu yang sudah di pegangnya-- di milikinya. ia akan merasa senang jika melihat para orang lain bisa mengerjakan apa yang sudah ia tulis. Ia akan merasa gembira jika bisa melihat para orang lain, lebih mengerti dan memahami sebuah persoalan dari yang sebelumnya pernah terlilit dalam kungkungan kebodohan.

Mensyi' arkan ilmu yang bermanfaat tidak harus lewat aktivitas pendidikan formal ataupun mimbar mimbar dakwah, ilmu juga bisa kita tuangkan hanya lewat sebuah tulisan yang manakala tulisan tersebut bisa membawa pengaruh positif bagi para orang yang membacanya (sukur sukur membawa manfaat bagi orang lain). Kita mencoba berusaha, bukan hanya melulu menjadi seorang pengekor, namun sesekali mencoba untuk bisa menjadi motivator. bukankah petuah bijak pernah membentangkan kalimatnya, bahwa kedudukan orang yang tanganya di atas akan lebih mulia dari pada orang yang tanganya di bawah.

Allah juga sangat senang terhadap orang yang berusaha untuk belajar, namun, Allah akan jauh lebih senang terhadap orang yang terus belajar yang kemudian bisa mentreatment atau membagikan ilmunya buat orang lain. tebarkan ilmu dengan selembar tulisanmu. Ilmu sebesar apapun akan tidak punya manfaat yang lebih jika saja ilmu ilmu itu tidak di rasakan oleh orang lain sebagai sesuatu yang bermanfaat.

Tulisan apapun, entah itu penting atau tidak, minimal akan punya makna bagi si penulisnya. alangkah bersukur jika di kemudian hari tulisan tersebut bisa punya manfaat besar bagi orang lain. Semoga saja, semua yang sudah kita tebarkan lewat sebuah tulisan, bisa memberi masukan buat menambah ilmu orang lain, sekaligus jumlah tabungan amal baik kita. semoga bisa bermanfaat.


24 comments:

  1. selamat berbagi ilmu... semoga hidup kita dimudahkan

    ReplyDelete
  2. termasuk ngeblog ya mas..kan berbagi ilmu juga :)

    ReplyDelete
  3. berbagi ilmu memang banyak kata inspirasinya...
    misal...
    sampaikanlahwalau satu ayat.....
    ;)

    ReplyDelete
  4. ilmu adalah jendela dunia...
    Ilmu juga bisa membuka pintu surga

    sampaikan ilmu walo satu ayat
    sampaikan ilmu walo satu paragraf ato satu postingan. Mari berbagi ilmu dengan ttp rendah hati...

    ReplyDelete
  5. sama dengan berbagi ilmu, belajar pun bisa dilakukan dimana saja. termasuk baca postingan sahabat yang sarat akan makna dan motivasi :)

    ReplyDelete
  6. Wah kalau blogkuuu, gatau deh bermanfaat buat yang baca apa nggak :|
    Nice post mas ^^

    ReplyDelete
  7. Ilmu tiada batasan umur untuk belajar,walau sedikit,diamalkan dan disampaikan ke yang lain maka itulah ilmu yang bermanfaat,seperti ngeblog, ..ehehe....:)nice share

    ReplyDelete
  8. berbagi yang paling gampang dan murah biayanya adalah berbagi ilmu menurut saya mas, yang penting niat hati dan keikhlasan, dan bikin hati damai tentram deh setelahnya...

    yuk keep sharing, setidaknya lewat blogging yuk.... :-)

    ReplyDelete
  9. kata ustad yang pernah saya temuin dulu, tulisan adalah pengikat ilmu. dengan tulisan memang akan lebih mudah untuk menyampaikan ilmu, karena berkesan tidak menggurui.. beda ketika disampaikan lisan, kadang ada yang merasa gak cocok

    ReplyDelete
  10. termasuk ketika membaca tulisan ini, maka saya mendapat energi positif bahwa dibalik setiap kejadian akan selalu ada makna yang akan saya dapatkan. tulisan ini juga kembali memotivasi saya yang akhir2 ini semangat menulisnya terus berkurang. he he. terima kasih sudah berbagi !

    ReplyDelete
  11. bagi saya menulis itu sama dengan mengguratkan nama kita di lembaran sejarah. just it... apakah itu akan berguna atau tidak itu urusan lain.

    ReplyDelete
  12. Amin ... dan itu pasti ... jika kita bertujuan menjadi خير الناس أنفعهم للناس sebaik2 manusia adalang yang bermanfaat bagi sesamanya

    ReplyDelete
  13. @Ratnawati Utami:
    Semoga mbak, mudah2 ada kemanfaatan setelah kita menulis yg kemudian di ikuti dgn membaca :)

    Terimakasih, salam ukhuwah

    ReplyDelete
  14. @ketty husnia:
    mungkin ngeblog salah satunya, seperti isi dari tulisan blognya mbak husnia, banyak sekali yg sya kira punya nilai manfaat buat orang lain :)

    Makasih udah mo sahre disini... Salam

    ReplyDelete
  15. @zone:
    bener sekali hehe Kalimat yg membuat kita utk lebih sadar ttg pentingnya berbagi ilmu buat orang lain. Terimakasih sob :D

    ReplyDelete
  16. @iffa hoet:
    Sampaikanlah ilmu walau satu paragraf atau satu postingan, kalimat tsb membuat kita lbh semangat utk ttp memelihara hobinya dgn menulis. Gajah mati meninggalkan gading, blogger mati meninggalkan posting :D

    Terimakasih udah mau berbagi :) salam ukhuwah

    ReplyDelete
  17. @armae:
    semuanya serba gampang kapanpun dan dimanapun, banyak ruang tentunya tapi kalo kesadaranya kurang ya kita ttp hanya terpaku pda keinginan dan kemauan tanpa bsa menuangkan. Terimakasih udah mau mampir disini, salam :)

    ReplyDelete
  18. @Una:
    Mudah2an sih banyak manfaatnya, bermanfaat atau tidak kan yang merasakan dan menilai itu tentunya orang lain (org yg membaca). Okay, terimakasih atas kunjunganya hehe

    ReplyDelete
  19. @al kahfi:
    Insya Allah mas, mudah2an bermanfaat, dan dgn ngeblog kita jadi lebih peka terhadap lingkungan dan org sekitar-- karena kita menulis tidak lain bersumber dari situ. Makasih, salam.

    ReplyDelete
  20. @alaika abdullah:
    Sangat setuju mbak, tujuan ngeblog dengan niat utk sekedar bsa berbagi dengan banyak teman, insya Allah itu merupakan lahan utk berbagi pahala. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  21. @Gaphe:
    Setuju, kalo lewat media tulisan berkesan lebih tulus yg artinya tidak mengharapkan imbalan apapun kecuali berusaha utk berbagi dengan banyak orang. Hanya saja ada juga sebagian orang yg punya tujaun dan pemahaman yg beda :)

    Makasih udah singgah disini, salam

    ReplyDelete
  22. @Awaluddin Jamal:
    Terimakasih juga sob, semoga setelah ini muncul berupa semangat baru utk ttp menulis, menulis ttg apapun. Terimakasih ya, salam..

    ReplyDelete
  23. @masichang nugroho:
    minimal bsa meninggalkan jejak kita utk di ketahui oleh sejarah. Setuju sekali, terimakasih udah mau berbagi disini.

    ReplyDelete
  24. amien,tulisan itu akan mempunyai arti buat kita kalau berguna bagi yang membaca'a makanya aku suka nulis yang baik2 di blog

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More