Painting Project


Saya sengaja memakai judul berbahasa inggris ini biar bisa terus bersemangat, itulah sisi lain dari cara cara saya yang kurang populer. Ya, tiap orang kan punya cara sendiri sendiri dalam menggalang kekuatanya untuk bisa menyemangati diri sendiri. Atauuu Setidaknya saya bisa mengambil point positifnya dulu dari hal yang kurang populer sekalipun. Nah, satu dari menumpuknya keinginan saya salah satunya adalah Painting projects this year. postingan ini sekaligus terinspirasi dari blog Rumah Matahari, Evaluasi 49.


Melukis... Untuk tahun ini saya menargetkan melukis dengan mengambil tema yang sangat sederhana, yang mana dari hasil karyanya nanti bisa masuk sebagai Masterpiece. Haha berkesan ada pesan gagah gagahan ya? Oh sebenarnya enggak juga, ini lebih pada ada usaha buat menggali potensi diri saja agar terus bisa semangat. Dari situ dan dari lukisan itu nantinya saya niatkan sebagai persembahan untuk diri sendiri. walaupun nantinya lukisan tersebut akan bermuara di ruangan siapa itu adalah urusan nanti. yang penting dari sini saya merasa perlu untuk bisa menghadirkan sesuatu yang di anggap saya sendiri sebagai buah dari semangat yang melangit. Semangat yang akan terus terpelihara.

Walaupun saya juga belum tahu project ini bisa mulai siap di garap kapan dan sampai butuh waktu berapa lama. Tapi mulai dari minggu sekarang saya sudah mulai mengumpulkan apa itu yang sekiranya di anggap penting untuk di hadirkan dalam penggarapanya nanti. dalam project ini sendiri aslinya saya tidak punya deadline untuk semua pengerjaanya. Biarlah semuanya (termasuk imajinasi) itu akan bekerja dengan sendirinya. Hanya saja saya tidak selalu terpaku pada satu project tersebut, mudah-mudahan ada pengerjaan lukisan lain yang nantinya bisa menjadi pelengkap untuk pundi pundi koleksi pribadi.

Saya juga tahu, saya juga sadar dan saya juga sudah menghitung dan mengukur setiap dari kapasitas dan kualitas saya sendiri. target dari tujuan pribadi itu penting dan hasil dari target itu yang saya kira lebih penting buat di tunaikan, karena saya yakin__ seyakin satu kali satu sama dengan satu__ bahwa setiap dari diri pribadi manusia itu sendiri akan menyimpan semua keinginan keinginan yang mungkin saat sekarang masih tersumbat. Entah itu karena alasan apa yang pasti mereka punya caranya sendiri berupa menyediakan medianya masing-masing dalam memfasilitasi keinginanya. Seperti keinginan saya dalam poject ini.

Awal dari munculnya ide tersebut, pas pada saat dimana saya pernah di pertemukan pada situasi yang mana dari situ saya langsung menjadi tertarik untuk meniru. Meniru bukan melulu berkonotasi negatif. Kalau untuk di perjelas dalam bahasa yang lebih sederhana artinya saya meniru lebih pada termotivasi, tergerakan atau ada yang menggerakan. kan sah sah saja hehe.. Selagi itu tidak merasa ada yang di rugikan. Saya tidak tahu dan tidak mau tahu ini kreatif atau tidak. Lebih jelasnya intinya saya tiba-tiba merasa menemukan sebuah lukisan yang kalau boleh di bilang sangat indonesia banget, I Like. Lukisan itu mengambil latar berupa pesawahan yang di intip oleh pegunungan yang bersembunyi di balik putihnya awan, dengan di pertegas peran para petani yang sedang istirahat di gubuk kayu tua, dan kesemuanya bebaur dengan aksen hijau kekuning-kuningan khas alam indonesia. Pokoknya indonesia banget dan saya sudah melihat--Tepatnya di sebuah toko alat-alat tulis yang mana di hampir setiap sisi kosong dari dinding toko tersebut sudah terpampang beberapa lukisan (salah satunya lukisan berukuran besar itu). Sayang saya tidak sempat mengabadikan lukisan tersebut.

Semakin penasaran saya pun menanyakan perihal tentang tiga lukisan tadi. Dan setelah mengantongi keteranganya-- ternyata yang aslinya cuma satu dan sisanya adalah hasil dari repro. Kebetulan yang asli adalah yang punya ukuran lebih jumbo, dan dari ukuran besarnya itu yang sebenarnya bisa menarik perhatian banyak orang, salah satunya saya waktu itu. gak tahu kenapa dari melihat keindahan setiap goresan lukisan itu, melihat setiap dari ruas kanvas yang terkesan berharga mahal itu, saya jadi merasa iri, takjub dengan apa yang sudah terlihat di depan mata saya. Kok bisa ya, sempet bertanya dalam hati; sampai butuh waktu berapa lama hingga bisa menghasilkan lukisan sebagus itu. Gumam saya, yang waktu itu cukup bisa mengambil satu atau dua dari beberapa tehnik ilmu yang sudah terbenamkan dalam jejak lukisan tadi_ walaupun pada sebatas hasil dari " mengamati " setiap detail detail lukisan tersebut.

Alhasil, setelah pulang saya langsung mencari bahan observasi dan referensinya untuk proyek saya sendiri yang di daulat bisa kelar sebelum pertengahan tahun. Sukur sukur bisa rampung dalam beberapa bulan yang sesingkat singkatnya. Karena saya sendiri meyakini kalau pekerjaan semacam itu butuh proses yang berundak-undak. Artinya pada fase ketika cat cat tersebut sudah di torehkan terkadang harus menunggu kering lebih dulu untuk menumpuk warna cat lainya agar menghasilkan bentuk lukisan yang lebih sempurna. Ada proses lah, dan Itu target, kemudian dari situ saya sebenarnya merasa di beri porsi semangat yang melipat lipat untuk pekerjaan yang sebenarnya cuma nama lain dari pengaktualisasian diri.

Minta doanya ya, di proyek pribadi tahun ini saya akan coba melukis dengan memakai dan menggunakan media yang lebih besar mengacu dari hasil lukisan saya sebelumnya yang cuma berukuran 80 x 48 cm. Nah untuk selanjutnya saya mau mencoba sedikit meng-upgrade untuk ukuran medianya, yang mana saya akan memakai yang berukuran kurang lebih 1,3 m untuk lebarnya dan 85 cm untuk tingginya. Lumayan besar-- dan sebenarnya ini sangatlah tidak mudah untuk bisa mewujudkan tentang project saya tersebut, karena saya di tuntut untuk bisa lebih tajam dalam hal mengelola imajinasi, untuk bisa lebih sabar dalam berproses, untuk bisa lebih akurat dalam pemilihan warna, untuk bisa lebih percaya diri, untuk bisa lebih cerdas dalam meng kolaborasikan setiap warna, untuk bisa lebih punya taiming kemana warna itu akan di selaraskan. Semuanya tidak mudah. Semuanya di tuntut untuk bisa lebih, lebih dan lebih. Terutama lebih semangat dan Mudah-mudahan Project saya tersebut bisa terlaksana sesuai dengan rencana semula.



Sebagus apapun karya dari orang lain saya hanya mampu memberinya sebuah apresiasi, sejelek apapun karya dari saya sendiri maka itu adalah awal dari jalan untuk mendapatkan apresiasi dari orang lain. Dari titik apresiasi itu selanjutnya ada titik balik dari akumulasi apresiasi yang kemudian memunculkan sebuah prestasi. Semoga. hopefully in the given path and smooth for
this project :)

24 comments:

  1. Amin....
    Turut mendo'akan smg lancar.
    Hmmm....jd pingin nh, *pingin dikasih hehe....*

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih untuk doanya, terimakasih utk kunjunganya :) salam

      Delete
  2. Aku kurang paham dengan lukisan dan melukis. Oh ya, soal disorientasi seksual seorang psikopat itu hanya imbas saja. Memang sih, ritual penyembah setan itu kejahatan dengan membunuh jadi tumbal atau seks bebas. Kenapa mereka betah ritual kayak gini gak jauh-jauh... kayak sakti mandraguna aja. apa yang diinginkan akan mudah didapat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga mereka di mudahkan dgn segala urusanya ya mbaak, hehe terimakasih :D

      Delete
  3. Eh itu hasil lukisnya mas? Kereeen ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih teh una, terimakasih jg udah mau mampir disini :D

      Delete
  4. semoga kreatifitasnya menjadi semakin terasah

    sukses buat projeknya..

    kunjungan pertama
    salam kenal dan follow balik juga
    Revolusi Galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ya, terimakasih utk doanya. Salam kenal juga :D mudah2an bsa ke TKP...

      Delete
  5. waaah lukisannya mas ya? kereeen lho ^^
    jadi kangen corat-coret sketsa lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih utk kunjungan baliknya, ayo corat coret lagi biar hidupmu lebih berwarna :D

      Delete
  6. semoga sukses ya dengan projeknya. kantor saya di bakri tower sedang membuat gallery lukisan. harga2nya mahal2 bahkan sampai 1 milyar. tp memang detail sekali lukisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal temen ya mbak sampai menembus 1 milyar, yg beli mudu org2 spt gayus tuh hehe..

      Delete
  7. Lukisan memang dapat memacu semangat sang pelukisnya. Apalagi yang dilukiskan adalah gambaran hati. Btw akan mengerjakan proyek besar yang kelihatannya hebat sekali sob. Slogannya bagus sob, memungut ide-ide liar, mengunyahnya mentah-mentah lalu memuntahkan dalam gulungan digital.
    Bagus banget sob kata-katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma proyek kecil2an yg di peruntukan buat saya sendiri ko hehe.. Slogan? Oia terimakasih, makasih juga udah mau share disini.

      Delete
  8. wahhh, bener-bener nggak nyangka kalo Njenengan jago ngelukis. Saya termasuk penyuka lukisan-lukisan yang bertema alam, termasuk yang abstrak. Walo saya nggak bisa nglukis, tapi saya bisa menikmati. Semoga sukses Kang, kalo bisa karya-karya dipublish tapi dikasih watermark, sapa tahu ada yang tertarik dan dijadikan lahan mendapatkan cring-cring. Sukses ya Kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe belum jago pakies, msh hanya sebatas menyalurkan hobi, ya sukur2 kalau ada cring-cring sih :D

      Terimakasih utk saran nya, terimakasih jg sudah mau berkunjung disini :)

      Delete
  9. sayang dari dulu berusaha bisa melukis dengan minta diajarkan temen tapi entah emang tidak bakat atau gimana gtu
    sampai detik ini saya tidak bisa melukis dengan indah & benar,hadehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus aja belajar mas sapa tau bsa ketemu dan kalau bsa sih di nikmatin buat di jadikan semacam hobi dlu, nyatanya kalau ngelukis pakai beban jadi tambah trouble. Terimakasih udah mau share disini :)

      Delete
  10. Yayack Faqih, memang benar tuh, walaupun semangat itu diperlukan dari pihak luar tapi kalo kita sendiri gak bisa and gak mau menyemangati diri sendiri ya payah deh. Do'a dari bunda untuk your Painting Project. Semoga semakin terpacu semangatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bunda, minimal peran dari diri sendiri dulu, terimakasih buat doanya hehe salam buat keluarga :)

      Delete
  11. salam kenal ya mas. semoga painting projectnya jalan terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, dan terimakasih buat doanya :)

      Delete
  12. semoga proyek apresiasi pribadia itu sukses dan cepat selesai sesuai dengan harapannya ya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, mudah2an, terimakasih atas kunjunganya :) salam..

      Delete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More