Ramaditya: Yang Buta Mata, Yang Terus Membuka Mata Hati Orang Lain


Ramaditya, seperti halnya burung Phoenix, yang matinya hancur menjadi debu. Tapi dari debu itu dia " Reborn ", dan siap terbang kembali.

Begitulah sekelumit kalimat berbau puisi yang di ucapkan rama di gelaran acara kick andy show edisi 3 februari 2012 sebelum rama memainkan Tin wishtle-nya (Silver Strand-The Coors). Ini sekaligus memberi pesan REBORN atau lahirnya kembali seorang rama, yang sekarang konon sedang merilis buku terbarunya dan proyek nyata lainya.

Pastinya kita sudah mengenal dan mudah mudahan sudah pada tahu siapa itu rama? Pemuda penyandang tuna netra sejak lahir ini punya nama asli Eko Ramadtya Adikara. Di tengah segala keterbatasanya sebagai orang yang berkebutuhan khusus, rama adalah seorang blogger, penulis, trainer atau jurnalis media online. Rama juga pernah menjadi kontributor lepas detikcom bidang IT, serta motivator buat para penyandang tuna netra. Dan tragisnya, beberapa tahun yang lalu atau tepatnya tahun 2010 rama seolah mengejutkan banyak pihak setelah membuat pengakuan bahwa apa yang selama ini ia mengklaim sebagai komposer asli musik game jepang (super mario galaxy) ternyata itu adalah kebohongan. Dan ini bukan berarti rama tidak bisa memainkan musik.



Kasus tersebut seolah terbongkar dan menguak tabiat akan semua kebohongan rama yang langsung mendapat stempel buruk di mata khalayak luas, atau kasarnya sebagai seorang plagiat. Bagi para blogger, tentu hal itu adalah bentuk sikap yang di haram-kan. Dan kemarin rama sudah banyak sekali menjelaskan semuanya kepada banyak orang di panggung kick andy show perihal tentang kebohonganya tempo dulu ataupun hal pribadinya pada sisi yang lain. dan saya rasa semuanya menjadi jelas siapa itu rama dengan segala kesalahan dan kelemahanya dan segudang kehebatan dan prestasinya. Apa yang di alami rama dengan kasusnya ibarat kata pepatah: akibat nilai setitik, rusak susu sebelanga.

Ia merasa sangat menyesal apa yang sudah di lakukanya beberapa tahun kebelakang, dan menurut rama sendiri ia sudah bisa belajar dari imbas kejadian tersebut, dan dia sekarang sudah tidak mau lagi berkutat pada pusaran persoalan yang di anggap oleh rama sendiri sebagai bagian dari masa lalu. Dan sekarang, rama seolah merasa di lahirkan kembali setelah sayapnya tumbuh beribu ribu dan siap terbang tinggi ke penjuru dunia baru yang lebih jauh.

Di acara tersebut, saya sendiri melihat rama jauh lebih dewasa. Dengan plot kemeja putih berdasi yang di balut paduan kombinasi jas warna hitam membuat rama jadi kelihatan punya style. Apalagi pas di saat dia memberi sanggahan atau menjawab semua pertanyaan bung Andy F Noya, rama begitu bijak, tenang dan sangat percaya diri setiap kali berbicara panjang lebar tentang masalah dan masa lalunya. Hemm, saya jadi ngiri tentang bagaiamana dia menjelaskan dan berbicara untuk mengakui kesalahanya, dan bahkan dia sendiri mengaku kesalahanya itu semata di anggapnya sebagai teguran dari yang di atas. Dan menilai kesalahan yang di buatnya sendiri adalah bentuk konsekuensi atas kekeliruanya.

Ia beralasan, waktu itu merasa karena terbius sikapnya yang masih labil, berpikir pendek, dan lebih terbawa oleh sikapnya sendiri yang lebih pada mengedepankan ego dari pada rasio. sehingga ia mudah tergelincir yang mengakibatkan menanggung begitu banyak penyesalan. Ia merasa tidak cukup waktu dan tidak butuh untuk membelenggukan dirinya buat meratapi semua bentuk penyesalan tersebut. Semua kesalahanya semata untuk menjadi magnet pengingat, teguran sekaligus point pelajaran hidupnya sendiri.

Atas kejadian yang di buatnya dulu, rama berkisah pada saat itu sangatlah terpukul. Hancur, Sakit hati akibat dari banyaknya nada suara sumbang dan hujatan dari sana sini yang mengarahnya dari berbagai sisi. Tapi di anggapnya itu adalah resiko, bahkan rama sendiri bercerita bahwa dirinya pernah di cap oleh banyak orang sebagai (maaf) orang yang buta mata sekaligus buta hati. stigma negatif jelas sudah melengkapi identitas dirinya waktu itu. Tudingan miring dan negatif seringkali menghampirinya. sakit sekali... Rasanya seperti di lempari batu bata dari sana sini. keluh rama dengan nada datar.

Namun rama tetaplah dengan pribadinya yang tidak pernah menyerah. Di tengah kehancuranya ia memutuskan untuk tetap berdiri. Lantas Ia mencoba untuk sesegera mungkin buat memungut batu bata tersebut, dan batu bata itu ia alihkan fungsinya untuk membuat pondasi menuju pada bangunan pondasi kepribadianya yang lebih baik. Dari penjelasan tersebut sontak tepuk tangan riuh mendadak menjadi membahana di studio acara kick andy show.

Setelah melihat acara yang di tayangkan metroTv setiap jumat malam tersebut, saya mencoba mengais serakan mozaik mozaik untuk sekedar mencari sudut pandang dari sebongkah ilmu dari tontonan inspiratif itu, yang mana nantinya bisa di jadikan sebagai bahan pembelajaran, atau bisa juga pada hal yang lebih menguntungkan yaitu sebagai bekal berupa hikmah dan utamanya esensi tentang mensyukuri nikmat itu sendiri, yaitu berupa nikmat dari Tuhan-- karena saya di lahirkan dengan dua mata yang utuh.

Rama adalah contoh nyata dari kebesaran sikapnya untuk menjadi pribadi yang mestinya tidak bisa di anggap murah. Ia sudah bisa mensejajarkan dirinya dengan orang lain yang lebih sempuna dari segi fisik. bahkan kita yang terlahir dengan sempurna saja belum tentu bisa melakukan apa yang seperti ia torehkan sekarang. Sejujurnya, kita mestinya harus merasa malu atas segala prestasi yang sudah di capai oleh kerja kerasnya rama.

Dengan mengesampingkan tentang semua masa lalunya-- kita yang notabene punya semua yang tidak di miliki rama-- mestinya menjantankan diri untuk memberikan apresiasi buat seorang rama. Di luar tentang dua sisi yang di miliki setiap orang, buat saya sendiri tentu ia adalah seorang figur yang sudah bisa membagikan semangatnya buat dunia. Dan menginspirasi banyak orang. Untuk tetap berdiri di atas puing puing kehancuran, adalah sebuah pilihan hidup yang sekarang di jalani oleh rama.

Dalam bahasan lain yang bisa di petik dari kisah perjalanan hidup yang sudah di ceritakan oleh seorang rama, saya mencoba sedikit berkawan dengan perasaanya, yaitu tentang kesedihnya yang di ceritakanya pada acara tersebut. Bahwa dirinya waktu itu sudah di cap sebagai orang yang buta mata sekaligus buta hati. Ia merasa terpukul serupa jatuh ke dasar bumi. Hancur! Tapi semuanya di anggapnya sebagai proses pembelajaran. Pun Sebenarnya tidak perlu lah menjustifikasi orang sebegitu gampangnya tanpa mencium dulu bau kakinya sendiri. Di luar kelebihanya, semua orang punya sisi lain bahkan dalam pengalaman dan kelemahan terburuknya sekalipun.

Kini, sekarang rama nyatanya sudah terbungkus dalam pribadi yang begitu hebat, sangat sederhana, cerdas dan kuat. Sebagai lokomotiv penyemangat anak muda masa kini. Ia sekarang sudah bangkit kembali berkat dukungan keluarganya, teman temanya, kekasihnya dan yang pasti berkat semangatnya sendiri. Tentang semua hal buruknya itu adalah bagian dari masa lalu yang kelam. Semua orang mestinya dan sewajarnya tidak lepas dari yang namanya bentuk kesalahan, sengaja atau tidak sengaja. Dan sekarang rama masih tetap rama yang dulu, yang sekarang semangatnya terlahir kembali. Sayapnya tumbuh di dua bahu dan siap memikul beribu ribu waktu, menembus dunia yang sedang menunggu.

Dengan prestasinya yang membuat kita malu, dengan semangatnya yang membuat kita patut meniru, dan dengan kelemahanya yang membuat kita sadar, bahwasanya episode hidup itu tidak ada yang pernah tahu. Hanyalah Tuhan satu.

37 comments:

  1. itulah keadilah Sang Maha Kuasa...
    ditengah kondisi fisiknya yang abnormal...Rabb memberikannya "aura berlian" yg memancarkan keanggunan dan keterpesonaan buat siapa saja ynng melihatnya...!
    btw sya juga nonton acara itu sob...
    salam persahabatan ya...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali, harusnya kita malu dgn melihat kenyataan bhwa seorang yg hidup dlm kegelapan saja bsa berbuat lebih. Semoga bsa jd pelajaran hidup.

      Terimakasih atas kunjunganya. Salam :)

      Delete
  2. Replies
    1. okay, makasih udah mau singgah disini. Salam ukhuwah..

      Delete
  3. Sempat melihat kehebohan dan caci makinya di dunia maya. Subhanallah.. luar biasa sekali Rama. Ah, malu saya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal ya mbaak, seandainya dia bukan seorang music game
      composer pun, publik seantero akan tetap mengaguminya. Bagaiman dia menggunakan Bahasa Inggrisnya yang fasih dan telah didemonstrasikan berkali-kali, gaya dan cara bicaranya yang sangat runut dan memikat, kualitas vokalnya yang mikroponis, kemampuannya menulis dan mendesain blog,
      kepiawaiannya bermain recorder, menurut saya sudalahh cukup baginya untuk menjadi some one special. Ya itu tadi hanya karena nilai setitik rusak susu sebelanga.

      Terimakasih mbak anaz udah jauh2 mampir kesini. Salam :).

      Delete
  4. Subhanallah.. dibalik keterbatasannya dia memiliki banyak kelebihan. Sehrsnya kita yg punya fisik normal, bisa berbuat lebih jg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kita lagi di ingatkan ttg kebesaran Tuhan, rama adalah contoh nyata bagaimana manusia di ciptakan itu pda hakikatnya sma cuma yg membedakan adalah ketika kita harus menggunakan porsi dirinya seperti apa. heemm.. Malu saya o_0

      Okay, terimakasih sudah mo meluangkan waktu kesini :)

      Delete
  5. Bung Rama ini bisa menjadi inspirasi besar untuk kita semua. Yuk buat teman2 yang selalu ingin maju, kita bisa belajar dimana saja dan pada siapa saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, salah satunya dgn semangat dia yg tentunya semua pencapainya tdk di hasilkan dgn cara2 instant dan mudah. belajar sma siapa saja termasuk sma isi blog sampean..

      Makasih untuk kunjunganya, salam.

      Delete
  6. Subhanallah, justru kejujurannya hebat banget.
    Waktu di KA aku ndak nonton, baca ini bertambah syukurku, trims ya Faqih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rugi mbak kalau gak nonton hehe tapi yang pasti sih dia hadir cuma lebi padah memberi pesan tentang ' Reborn ' , ttg terlahirnya kembali seorang rama

      Makasih juga atas kunjunganya. Salam.

      Delete
  7. Ramaditya adikara? Aku jg kmarin nonton di kick andy. Main tin wistelnya mahir loh tidak sembarang org bsa memainkan alat musik dari irlandia ini yg katanya btuh kesabaran tingkat tinggi.. Dia blogger jg dan skrg lagi mnggarap novel dgn tema horor. Wah keren ya si rama ini..

    Aku kadang suka ngiri, di saat org2 pda ribut membantah dan membentengi satu dari banyak skandal kasusnya dia malah mengakui kesalahanya di hadapan media yg tentunya di tonton oleh begtu bnyak org. Kabarna doi jg mau jd dosen tinggal nunggu pengukuhanya aja. Yuk pda belajar dgn sosok kepribadian rama heeehe. Nice posting o_0

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah rupanya tau banyak ttg rama ya, ya rama juga mau mengeluarkan buku terbarunya, setidaknya kita sedang belajar dari dia ttg semangat utk ttp terus menulis.

      Terimakasih udah mau berkomentar disini. Salam buat keluarga :)

      Delete
  8. RAMADITYA REBORN, mencoba meninggalkan masa lalu utk menggapai masa depanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijinkan dia utk meninggalkan masa lalunya :D

      Delete
  9. pernah denger tuh dulu yang soal komposer musik game jepang, baru tau ternyata itu juga bohong malah disini, wah telat informasi saya..hehe artikel yang menarik sob, oia salam kenal ya ijin follow blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, salam kenal juga. Mksh udah mau berkunjung kesini :)

      Delete
  10. jadikalnlah masa lalu sebagai semangat untuk meraih masa depan yg lebih baik. Kadang noda tidak bisa dihapus sama sekali, tapi kita bisa memoles sedikit noda itu dengan sesuatu yang akan membuat noda itu menjadi kabur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya dengan prestasi juga ya mas, semoga kita bsa belajar dari kasusnya rama ini.

      Terimakasih sudah mau share disini. Salam hangat buat keluarga :)

      Delete
  11. aya aya wae yang namanya manusia
    tapi suer aku salut dengan mereka yang ga cengeng dengan kekurangan fisiknya dan bisa berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah manusia mas hehe melakukan kesalahan sekaligus memperbaikinya dgn caranya masing, dan disitulah biasanya akan menyelipkan hikmah dan pelajaran.

      Oke terimakasih utk yang kesekian kalinya udah mau nyempetin mampir kesini :) salam buat bue :D

      Delete
  12. It's really whaowww...
    Bukan perkara mudah untuk mengakui kesalahan diri sendiri, apalagi didepan orang banyak. Luar biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itulah salah satu dari usaha dia utk bsa mengembalikan citranya.

      Terimakasih, salam buat keluarga :)

      Delete
  13. wah salut sama Mas Rama,hal yg paling mudah dilakukan manusia adalah menghina & membenci manusia tapi hal yg paling sulit dilakukan manusia adalah mengakui kesalahan'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bsa menjadi contoh buat kita ya mas. Terimakasih atas kunjunganya :)

      Delete
  14. sebuah sikap gentle, jarang orang mau mengakui kesalahan di depan orang banyak setelah mendapat hujatan dan amarah orang lain

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin butuh kekuatan dan kerendahan hati ya hehe. Terimakasih udah mau mampir disini :)

      Delete
  15. rama benar-benar ksatria g kayak para pejabat koruptor kita.

    Itulah...siapapun dia, yg utama adalah orang yg menyadari kesalahannya dan bertobat sesudahnya.
    Salut buat rama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sebut2 nama koruptor dgn apel malang dan apel washington nya, tensi darah jadi naik nih hehe.. Makasih mbak udah mau share disini :)

      Delete
  16. walaupun mempunyai keterbatasan tapi tetap semangat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dari keterbatasanya sehingga dia mempunyai semangat yg lebih.

      Delete
  17. ada yg tau link download utk lagunya yg REBORN ga ya....

    ReplyDelete
  18. Habis blogwalking dan nemu blog ini, setelah baca beberapa artikel well aku cukup tertarik, apalagi yang rama ini soalnya aku juga lihat jadi bisa sedikit 'menjiwai' apa yang kamu tuliskan haha :P

    oiya... satu lagi thin whistle nya si rama bikin saya ter enyuh. apalagi silverstrand nya the corrs itu lagu yang paling bisa bikin saya menangis haha. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke terimakasih karena tanpa sengaja kita sudah di perkenalkan di rumah ini.

      Maun tin whistle adalah salah satu dari sekian banyak dari kelebihan pada diri rama. Saya juga mendengarnya jadi terenyuh karena dia sendiri seolah menjiwai dengan judul dari lagunya.

      Delete
  19. kebesaran jiwa yang mengharukan, budaya orang timur yang pemaaf membuat kita justru menjadi salut, pemimpin kita azh ngga ada yang sanggup mengakui kesalahan...maju dan tetap semangat untuk rama.
    salam hangat dan sehat selalu untuk kang yayack

    ReplyDelete
  20. saluutt,, dibalik kekurangn tersimpan kelebihan yg luar biasa :)

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More