Asal ada Niat Insya Allah ada Jalan

Gambar di ambil dari kamera Nokia E63


Sekilas dari melihat foto di atas, mungkin kalian tidak usah dulu terjebak dan berpikir macam macam, apalagi menilai sebagai sebuah fenomena yang janggal. Ia bukan orang gila, bukan manusia setengah pocong, bukan juga lelaki yang keganjenan. Ia memakai mukenah buat sholat asharnya__ semata lebih punya tujuan__ guna menyelamatkan diri dari sebuah tanggung jawab kewajibanya sebagai seorang muslim. Yaa, tentang sebuah sikap... sikap tersebut sebenarnya tersirat punya kesan ada pesan untuk tujuan melawak orang lain, tapi sebenarnya patut di jadikan sebagai sebuah hal yang masuk pada kolom positif, tentang bagaimana mengajarkan kita untuk memelihara sikap baik kita sendiri dalam situasi apapun. Ia hanya punya tujuan baik pada awalnya, dan bisa sekaligus menjadi pembelajaran yang baik buat orang lain pada akhirnya.

Ia punya nama sukroni atau biasa ia di panggil ukong dan punya nama pena Ukong alwis sofyan. Nah, barangkali yang mau kenal lebih jauh dengan ukong, tenang aja, saya sudah sengaja kasih link hidupnya untuk terhubung dengan alamat facebooknya. Sebenarnya orangnya menarik cuma kadang suka membikin orang lain bingung dengan tulisan status di facebooknya yang punya prinsip asal ngerti dewek. Hehe alias tulisanya yang tidak memenuhi standard EYD. Tapi aslinya kreatif, cuma kalau kumat kadang suka pelit [:D] daaaaan, suka seneng sekali kalau di bilang mirip orang korea. # asli.

Menyambung dari kelanjutan judul di atas.. Ceritanya, waktu itu saya sengaja nonton turnament bola volley out door yang kalau orang biasa menyebutnya sebagai tarkam (Turnamen antar kampung). Lumayan seru dan rameh, turnamen tersebut sekaligus bisa menumbuhkan animo masarakat sekitar untuk nonton. Dan, nyaris sebuah kebetulan atau tidak-- kalau saja persis di samping lokasi lapangan volley sendiri ada sebuah masjid yang pada akhirnya memudahkan bagi saya atau temen teman untuk melaksanakan sholat ashar, mungkin buat penonton lain, termasuk ukong hehe. Tapi sayang kalau ia sendiri tidak sadar apa yang sudah melekat pada tubuhnya waktu itu tidaklah memenuhi sarat sarat untuk sholat dalam soal sah atau tidak. atau lebih jelasnya karena dia sendiri waktu itu memakai celana pendek yang jelas jelas lutut jeleknya bisa menegaskan aurat sebagai salah satu anggota tubuh yang wajib di tutupi.

Namanya juga orang yang udah niat mau sholat, apapun bisa di lakukan, merasa dirinya hanya memakai celana pendek, dia langsung punya inisiatif lain buat mencari sarung. mungkin apes juga pas tanya di sana sini kalau sarung yang di maksud tidak tersedia di masjid. Artinya masjid tersebut barangkali tidak menyediakan sarung untuk di pinjamkan. Dari situ lagi lagi dia memunculkan ide lain yang barangkali tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Dia masuk bilik yang di peruntukan untuk jamaah perempuan, dengan sekulum senyum yang menjadi ciri khasnya ia langsung untuk memberanikan diri buat mencari mukenah. seperti gak punya malu sedikitpun dia yang notabene sebagai seorang laki laki merengek rengek minta di pinjamkan mukenah. Sontak saja aksi di luar skenario tersebut membuat para jamaah perempuan tadi merasa mendapat hiburan segar dari ulah lakon pelawak dadakan ini. Saya percaya, apa yang di lakukanya semata untuk tujuan baik dan murni untuk ibadah, tidak ada maksud untuk mencari sesuatu yang melucu di atas niatan untuk ibadahnya.

Sarung gak ada, mukenahpun jadi. Di saat gak ada sarung, kalau ada niat insya Allah ada jalan. Walau hanya dengan mukenah pun, pada akhirnya bisa menjadi sebuah kelegaan rasa--karena kewajibanya bisa merasa lunas di tunaikan. Dari situ kita jadi tersadarkan, betapa pentingnya akan harga sebuah kewajiban walaupun dirasa memberatkan. Karena seberat beratnya sholat hanya niat dan ikhlas lah yang bisa meringankan pekerjaan tersebut. Tentunya butuh akan situasi hati dan kondisi diri yang sudah di kalungi dengan gemerincing tanda nyalanya iman kita. Karena kita yakin, puncak keindahan itu pastinya akan melalui fase menuju anak tangga dulu yang mana dari anak tangga tadi kita bisa belajar untuk berproses. Belajar dengan lelah, dengan bosan dan kesabaran... Insya Allah iman kita jadi bertambah.

Dari sini, kita merasa yakin kalaulah alasan alasan yang menjadikan kita gagal melunasi kewajibanya kita sendiri, itu semata hanya bentuk pembenaran dari memurahkan harga kita sendiri di mata Tuhan. Kalaupun pada akhirnya saya harus mengakui bahwa saya bisa belajar dari seorang ukong, maka sesungguhnya saya sedang menapaki dari anak tangga yang akan terus memberi nomor nomornya hingga di pertemukan pada urutan tangga yang lebih tinggi. Insya Allah... Kita bisa belajar dari mana saja, dari teman, dari kejadian yang ada di sekeliling kita, dari alam bahkan dari musuh sekalipun. Karena sesuatu yang bisa menyemburatkan makna dan ilmu hanya bisa di dapat oleh orang orang yang gemar mencari ilmu dalam sedikitnya waktu.

Semoga saja apa yang sudah pernah di lakukan ukong kemarin, entah itu di sikapi sebagai sebuah contoh yang baik atau tidak, setidaknya ada sisi lain yang bisa di ambil sedikit manfaatnya dalam sebesar besarnya pendapatan akan makna sebuah pembelajaran.

34 comments:

  1. itu bagus nemu mukena. sya pernah kejadian, pengen shalat kagak ada mukena. jadinya pake sarung, dibuat kayak ninja. mpe ponakan heboh sendiri, teriak2 ada ninja lagi shalat. wkkwkwkkk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalamanya lucu juga ya, apalagi kalo pke cadar hitam_ pasti dikira perampok tuh :D hehe namanya jg anak anak :)

      Delete
  2. Tak ada sarung mukena pun jadi.. Yang penting ada sebuah niat, dan itu hanya Tuhan dan pelaku yang tahu.. terserah orang mau bilang lucu... bablas wis angine kata bang Ukong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, kadang setelah selesai sholat kita jadi nerasa lunas dari beban hutang. maaf cuma segitu: karena sya sendiri belum bsa menyikapi sholat itu sendiri sbg suatu kebutuhan...

      Delete
  3. yang penting bisa menjalankan ibadah wajib ya walaupun tidak ada sarung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin begitu kali buu, yg penting ada yg bsa di tunaikan walopun memberatkan :)

      Delete
  4. kreatif sob, islam itu mudah, tapi gak di mudah mudahin, yakan? kewajiban harus tetep dijalan, walaupun sedang ngeblog, kl denger azan, langsung tinggalin dulu deh blog nya, hehey >>^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sindiran punya potensi pahala nih, yaa, sebenarnya tdk terlalu ngoyo jg buat bela belain blogwalking. # asli :)

      Delete
    2. Kalau nge'blog setelah sholat ISya di tunaikan...

      Delete
  5. Laah? iya mas ukong ada buntutnya,, kenapa ga sekalian aja pake mukenahnya smpe atas biar di kira marshanda hahaaa... tp baik juga sih harusnya yg wajib itu bsa segera di tunaikan apapun halanganya. kalau ada niat dan usaha insya alah ada ajalan << sepakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mardhanda sih terlalu berlebihan hehe, mpok atik aja dulu :P

      yg penting ada niat aja dulu kan?

      Delete
  6. kirain mau sumpah pocong tuh orang wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah gak zaman pakai sumpah pocongan om :D

      Delete
  7. Wah... biasany Yayack kalo posting agak tegang bacanya, kali ini jadi cengar cengir. Kok ya momennya bisa diambil ya. tapi nekat amat ya pinjem mukena untuk jadi sarung. Kalo wanita shalat pake sarung juga bisa asalkan baju atasnya longgar, kerudung lebar dan punggung tangan tertutup. Tapi aku lebih suka bawa mukena yang bisa dilipat kecil kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, karena ceritanya berbau lucu juga hehe mungkin dari lucunya sya bsa memungut ide dari lahirnya tulisan skrg :)

      Delete
  8. Replies
    1. terimakasih atas kunjunganya mas :) salan sukses buat BW nya.

      Delete
  9. hehehe, temenmu kreatif yack...
    tapi lebih kreatif lagi kalau bawa sarung deh kemana2
    karena kalau merasa suda kewajiban, mustinya dia dah siap tempur dong yah. ahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kemana mana bawa sarung sih sekalian aja jualan sarung syam hehe.. gak cukuo pakai celana panjang aja selagi celana itu mash dalam kondisi jauh dari najis.

      Delete
  10. Jadi inget pernah jalan ama temen2, singgah ke Surau, nggak ada mukenanya. Aku masih mending pake jilbab dan kos kaki seadanya, alhamdulilah bisa shalat. Yang laki2 pake baju panjang, ajdi bisa shalat, yang perempuan gak ada mukena, nggak bisa shalat

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung bawa kaos kaki ya mbaak, kalau gak bawa bsa bikin repot tuh :D

      Delete
  11. hahahaa... jadi keingetan hal konyol gituan yang pernah saya lakuin. lagi bepergian, sama temen2 cewek.. saya pake celana pendek dan nggak ada sarung. pake bawahan mukena juga!

    apapun itu, niatnya menutup aurat untuk syarat sahnya kewajiban :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe harusnya sekalian aja pke mukenanhnya sampe kepala mas :D kalo mau diambil manfaatnya minimal bsa belajar dari mas gaphe juga tuh..

      Delete
  12. Assalamualaikum
    Buat Kang Ukong status FBnya pake bahasa indramayu ya? :D
    Iya benar perbuatan kang Ukong baik, hehehe
    saya mah nggak berani kemana2 kalo nggak pake celana panjang, ya buat jaga2 takut kejadian kayak gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wallaikum salam...
      Iya indramayu banget dia mah hehe.. Apalagi yg baik ya, kadang dari kejadian yang tidak baik juga bsa menyelipkan manfaat--

      Delete
  13. kalau saya mah kagak ada sarung pasti kagak jadi mas,soalnya kurang sreg pakai mukena begitu walaupun gpp sih
    cuma dalam hati yang suka menentang,mungkin takut disangka ngodek kalau orang liat takutnya,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sih islam itu mudah, ga ada air jg bsa tayamum tinggal bagaimana kita bsa meniatkan kewajiban tsb bsa segera di tunaikan, termasuk pke mukenah bila itu memang jalan satu2nya :)

      Delete
  14. inilah yang harus kita sadari jika 'keluar' rumah entah dengan tujuan sebentar ato lama. Kita harus mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah jika sudah datang waktunya shalat. Paling tidak, jika seseorang menggunakan pakaian sedengkul, ada persiapan bawa sarung dari rumah untuk jaga-jaga jika kita tidak bisa melakukan sholat sekembalinya ke rumah. Jadi, selalu ada jalan keluar yang baik jika setiap langkah kita ada perencanaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak ies, berkaca dari pengalaman atau kejadian yg sudah sengaja saya di tulis di atas, mestinya kita atau saya sendiri bsa melakukan antisipasi jika itu memang sangat diperlukan-- apalagi pada sebuah kewajiban. Terimakasih sudah melengkapi sekaligus mengingatkan :)

      Delete
  15. wah tiada sarung, mukena pun jd, klo aku, tak ada mukena, sarung pun jd.. ternyata bs juga dibalik ya.. hehehe..
    betul.. yg penting ada niat, pasti ada jln.. Namanya jg lagi kepepet, ga ada pilihan lain selain mukena.. :)

    ReplyDelete
  16. kunjungan pertama :)

    salam kenal...

    ReplyDelete
  17. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    keberuntungan selalu menghampri kita
    hanya saja kita yg trkdng tdk brfkir demikian.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More