Rumah Petuah: Blogger Hibah Sejuta Buku


Ketika orang-orang berbicara, kata-katanya hanya bergaung ke seberang ruangan atau sepanjang koridor. Tapi ketika BUKU berbicara lewat tulisanya, kata katanya akan bergaung sepanjang zaman. Itulah sedikit petuah yang bisa memberi semangat lebih untuk menggalang gerakan Buku untuk Maluku. Lewat Blogger Hibah Sejuta Buku.

Terhitung dari sejak tahun 2009 lalu, Blogger hibah sejuta buku sudah menemui pada fase ketiganya__setelah dua fase sebelumnya buku buku yang sudah terkumpulkan kemudian berhasil di kirimkan ke sebuah desa di kabupaten Meranti kepulauan Riau propinsi Riau, dan daerah pedalaman Papua, tepatnya di Fakfak Utara Papua Barat. Artinya apa yang sudah menjadi keinginan kami melalui buku buku tadi bisa sampai ke tangan para mereka__ yaitu anak anak didik yang teramat sangat perlu akan bahan buku bacaan. Moga saja ini sekaligus bisa menjadi sesuatu yang punya manfaat, apalagi dari peran anak anak tadi yang kemudian kita bisa berharap banyak untuk kelangsungan dari lahirnya para pencetak prestasi dari generasi generasi negri ini buat bentang waktu kedepan guna menembus peradaban yang lebih baik. menjadi hal yang wajar jika kita bisa berharap banyak dari para generasi lanjutan yang sekarang butuh akan uluran tangan kita. Yaa, walopun kelihatan sederhana--mungkin dengan buku tadi yang dirasa bisa sangat punya efek manfaat dari harapan harapan kita pada saudara kecil kita disana.



Siswa Sekolah Dasar YPPK Manusela Maluku

Terimakasih buat semuanya, Terutama buat mbak Anazkia yang sudah banyak memberikan saya informasi sekaligus penjelasanya. Terimakasih juga buat teman teman yang sudah melepaskan atribut kesibukanya guna melibatkan dirinya di BHSB ini, utamanya buat teman teman yang sudah membuat postingan BHSB ini secara berantai dan menular. Sekali lagi terimakasih, setidaknya para mereka mereka yang sudah menyisihkan bukunya untuk di hibahkan, yang pada akhirnya bisa menyeret pada kesadaran tentang keinginan saya sekaligus ikut tergerak untuk bisa berpartisipasi pada sebuah aksi__ yang di rasa bisa punya sedikit manfaat untuk anak anak didik dalam memenuhi kebutuhan akan buku buku bacaan. Terutama di SD manusela Maluku, sebagai daerah tujuan untuk Blogger Hibah Sejuta Buku fase ketiga ini. Mudah2an bisa terkumpul lebih banyak lagi ya hehe.. Walopun kamarin katanya sebagain bukunya ada yang terendam karena banjir. Terus mbak Anaz bilang supaya terus tetap bersemangat. Oke mbaaak.. Tapi berita itu katanya cuma bohongan, wah mbak anaz sampai seius banget :D

Nah, Bersumber dari apa yang sudah pernah saya baca melalui suguhan tulisan tulisan teman, Jangka waktu penerimaan hibah buku fase ketiga sendiri akan berakhir sampai tanggal 30 april, terhitung di buka sejak 1 februari kemarin. artinya masih ada waktu lah buat bisa ikut ber-partisipasi untuk berbagi, walaupun nantinya hanya sebatas buku bekas atau buku apapun yang sudah lama mengendap tidak pernah terbaca. Kasihan kan, buku buku tadi kalau tidak pernah di baca atau tidak pernah menularkan manfaatnya buat orang lain. Dan, akan terdengar lebih bijak jika saja buku buku tersebut bisa menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi anak anak murid sekolah yang sangat membutuhkan. Yang pasti, dari sinilah kita bisa tahu dan paham akan kondisi di mana sebenarnya masih sangat banyak sekali anak anak di sana yang minim akan buku bacaan dan sangat membutuhkan sekali peran dari uluran para dermawan. Karena dari buku lah kiranya dunia pendidikan kita bisa terus punya lokomotiv sebagai penggerak maju mundurnya peradaban bangsa. Khususnya negri yang kita singgahi sekarang. Jangan terlalu serius ah bacanya hehe apa memang tulisanya yaa

Oke lanjuut, nah untuk target dari tujuan lokasi atau daerah pada BHSB fase ketiga ini adalah SD YPPK Manusela Seram Utara - Maluku. Saya sengaja copas tulisan teman teman untuk menuliskan profil atau mau tahu keadaan lebih detail bagaimana dan gimana keadaan dari Sekolah Dasar YPPK Manusela sendiri. Sekolah ini katanya memiliki anak murid sekitar 60 anak dengan 6 ruangan kelas saja. Di sekolah ini, cuma ada tiga guru. Namun, hanya seorang saja di tempat mengajar. Yaitu, Yuli Lilihata atau yang biasa dipanggil oleh anak muridnya dengan sebutan Mama Yuli. Mama Yuli ini sebenarnya bukanlah seorang pegawai PNS, beliau hanya guru honorer yang tak bergaji. Beliau selalu punya jurus jitu untuk memelihara semangatnya, dengan patuh pada pesan prinsip bijaknya sendiri, "kalau bukan kita, siapa lagi yang mau mengajar di SD terpencil seperti ini? ".






Kalau melihat kondisi dan keadaanya seperti itu, jujur, saya jadi terlempar pada ingatan tentang Film Laskar Pelangi. Tentang kegigihan seorang ibu Muslimah, tentang peran peran penting dari seorang wanita sederhana dalam memperjuangkan agar anak didiknya tetap belajar walaupun dengan kondisi sekolah yang hampir roboh dan minimnya fasilitas yang jauh dari layak. Tentang sikap pantang menyerahnya dalam membungkus sebuah tekad, agar anak muridnya bisa mendapatkan hak haknya untuk mendapatkan pendidikan. Dan, tentang bagaimana seorang guru punya misi mulianya walopun tanpa mengharapkan imbalan apapun. Dan ironisnya, potret dari gambaran film laskar pelangi sendiri, sesungguhnya masih banyak sekali di temui di banyak pelosok negri di luar sana. Termasuk salah satunya di SD YPPK Manusela Maluku. Dari situ, saya mencoba menangkap pesan yang sepatutnya bisa mewabah untuk di tularkan pada kalimat berikutnya sebagai kelanjutan dari sikap kita tentang menyikapi ironisnya pendidikan negri ini. kalau tidak sekarang, kapan lagi kita bisa membantu lewat buku untuk maluku. Dan semoga saja bisa di lanjutkan untuk tujuan daerah daerah lain yang sekiranya sangat membutuhkan.

Semoga saja dari sini, saya, kita dan siapapun mereka setidaknya bisa urun saran dan ikut andil dalam penggalangan pengumpulan buku untuk para anak anak yang lebih membutuhkan. Itung itung sebagai inves kita sendiri lewat jalan yang bisa menggugah kesadaran orang lain sekaligus bermanfaat buat orang lain kemudian. Semoga saja, hanya dari sebuah keinginan karena ikut prihatin pada awalnya, dan kemudian bisa punya manfaat lebih buat orang lain pada akhirnya. Bukankah itu sudah menjadi kepuasan tersendiri manakala bisa di ikuti oleh orang orang yang sebenarnya punya keinginan serupa tapi kemudian tidak tahu harus menyalurkanya kemana. Di sinilah, gerakan Blogger Hibah Sejuta Buku. Tujuan lain Untuk lebih menggugah kesadaran kita semua agar bisa lebih peduli pada dunia pendidikan, yang dirasa masih banyak sikap keprihatinan keprihatinan kita hanyalah sebatas sikap keprihatinan tanpa pernah di ikuti dengan aksi dalam bentuk nyata. Yaa, minimal kita bisa urun serta tidak hanya sebatas pernyataan dan kata kata.

Berhubung saya bukan bagian dari panitia, buat teman atau rekan rekan yang mau menghibahkan sedikit bukunya, nanti bisa langsung menghubungi para volunteer dengan alamat terdekat kalian, yang sudah tersebar di tiap kota seluruh wilayah indonesia. Misalkan kemarin, setelah mendapati buku buku bekas yang masih layak baca tentunya, sengaja saya kumpulkan dan untuk sementara nunggu buku dari seorang teman yang katanya ada dan siap untuk di hibahkan. kalau udah terkumpul insya Allah secepatnya saya langsung mengirimkanya ke alamat Roe Salampessy: Jl. Tebet Dalam 4, nomor 31 A. Kel. Tebet Barat RT.12/RW.01.
Jakarta Selatan-12810. Dan mudah mudahan nantinya bisa nyampai kesana yang kemudian sampai ke tangan para mereka yang lebih membutuhkan.

Kalau untuk alamat teman-teman volunteer bisa di lihat nanti di akhir postingan yang ada di bawah ini. Batas pengumpulan buku sendiri adalah sejak awal februari 2012 sampai akhir april 2012. Bagi yang belum ikutan masih ada waktu ko, dan bagi yang belum bisa ikutan karena beberapa alasan cukup minta doanya aja dulu, semoga gerakan ini bisa terus menemukan tongkat estafetnya, apalagi sebenarnya masih banyak sekolah di daerah daerah atau tempat lain yang akan sangat mengharapkan dari manfaatnya gerakan serupa. Tentu berharap dari dukungan banyak teman teman sekalian. Semoga BHSB tidak berhenti sampai di fase ketiga ini, mudah-mudahan ada fase fase berikutnya yaa :))

Berikut adalah alamat para Volonteer yang sudah tersebar di berbagai wilayah di indonesia.


DWINA
Sekretariat Blogger Bertuah
Jl. Sakinah I no. 2A
Tangkerang Utara
Pekanbaru - Riau
hp. 07614880884

MARYO SANJAYA
Sekretariat Bappeda Kota Pekanbaru
Kantor Walikota Pekanbaru
Jl. Sudirman
Pekanbaru - Riau
085271464472

Bukittinggi dan sekitarnya
Jaza Aufayani

Jalan Proma 1 no 03
kelurahan belakang balok,
kecamatan aur birugo tigo baleh,
kota bukittinggi 26136

Harie Sulistyono
sekolah : SDIT AL FIDAA Jl. damai no 8
papan mas blok F Tambun bekasi
jawa barat 17510
Hape, 085710013667

Jakarta : Roe Salampessy
Jl. Tebet Dalam 4, nomor 31 A.
Kel. Tebet Barat RT.12/RW.01.
Jakarta Selatan-12810.
Hape, 085716061556

Ambon :Jln. Jenderal Sudirman
Galunggung Samping SMA 11 Ambon,
Lorong SD 64. No. 6. RT 06/006
Kode Pos 97128 (Cp. Afrianti Mahulette, Akbar Marasabessy) / anggota arumbai lainnya.

Semarang, Slamet Riyadi
Jl. Pasarsari RT 3 RW 3
Gunungpati 50225
Semarang-Jateng

Bogor dan sekitarnya
Erikasman Gafar
PT Yudhistira Ghalia Indonesia
Jaln. Rancamaya KM.1 No 47Warung Nangka
Ciawi-Bogor
16720

Kediri, Jatim Agustin Wilujeng
Jl. Letjen Suprapto No. 58
Kediri 64124
Hape, 08819252376

SULAWESI DAN SEKITARNYA
YUNIAR SAKINAH WALIULU (UNHY)

Kompleks Wesabbe Depan Pintu 2 Unhas
Blok C No.49, Makassar-90245.
Hp. 0852 4327 8256

JOGJAKARTA DAN SEKITARNYA
ANTOK SURYADEN

Jogloabang Desa Gombang, Tirtoadi, Mlati,
Sleman - Yogyakarta 55223
Hp. 081 227 320 63

KALIMANTAN DAN SEKITARNYA
RIFQI

SMAN 1 Bakumpai Jl.Atak Iberansyah
Desa Lepasan - Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala
Kalimantan Selatan 70512
hp. 0819 53560008.

Bandung dan sekitarnya Rio Pratomo
Masjid Syamsul 'Ulum IT Telkom
Jalan Telekomunikasi
Dayeuh Kolot-Bandung
Jabar 40257
085721434775

Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana detail dari BHSB ini, bisa di baca di situs resminya disini Atau juga bisa bergabung di group facebook Blogger Hibah Sejuta Buku.




30 comments:

  1. semoga banyak yg ikutan gerakan ini ya

    ReplyDelete
  2. Wah... blogger Indonesia keren keren...
    Mmmmh... saya blogger nggak ya ^.^a

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah blogger semua :D selagi msh doyan nulis..

      Delete
  3. Dari Malaysia aku Siap mendukung program BHSB, alhamdulilah bnyk temen2 saya sesama TKI juga udah nyumbang berupa uang kepada saya, selanjut nya akan saya serahkan ama Anaz.

    Semangat terus kawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh mas adi juga ya disana sama mbak anaz dan baha andez :) oke lanjutkan dan ttp semangat..

      Delete
  4. Semoga Allah memberikan kemudahan untuk tujuan yang mulia ini. Amin, insya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, mudah2an mass semoga msh banyak jalan buat membantu para saudara kita yg ada disana. hehe

      Delete
  5. wow, sekain meningkat rupanya program ini, semoga bisa menjadi solusi yang lebih baik ya sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, semoga saja sob. ini berkat teman2 yg sudah lbh dulu menggaungkan gerakan mulia ini.

      Delete
  6. Semoga sukses programnya sob, hanya bisa ikut mendoakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp doa juga, yuuk pada doain semoga bsa sukses utk fase ketiga ini :)

      Delete
  7. Replies
    1. terimakasih juga atas kunjunganya :))

      Delete
  8. ahhh gerakan positif nih....
    semoga tambah maju ya sobat... ayo sobat blogger lainnya ikud ngumpulin juga yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuuk, satu buku saja sudah merasa berterimakasih bagi mereka.

      Delete
  9. Alhamdulillah Jember sudah berpartisipasi Kang.. dan terus kami kumpulkan buku dan mungkin seragam bekas untuk acara selanjutnya.. saya rasa bukan hanya Manusela yang butuh bantuan kita semua, tapi masih banyak adik-adik kita yang kurang layak mendapat sebuah fasilitas di negeri yang katanya kaya ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bsa terus membumi ya, bukan hanya buku saja tapi apapun yg sekiranya bermanfaat buat menunjang kegiatan belajar. jember udah ada volunternya ya :))

      Delete
  10. sebuah awal dari bentuk kemajuan,tapi menurut saya & yang saya mau lakukan adalah bukan sekedar membuka mata mereka dengan bahan bacaan tapi saya ingin membuka otak mereka dengan lebih mengenal dunia ini tak sekedar indonesia dll
    makanya mungkin udah ada rancangan buat mengajar ke wilayah perbatasan sih mas,tp beda mengajarnya karena mau mengjar dengan semua perangkat komputer supaya mata mereka terbuka lebih lebar & maju seperti orang2 yg ada di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas saya dukung, cuma masalahnya ada pada dana, yg pasti bsa di diskusikan sma para admin di group fb BHSB.

      Delete
  11. Semoga semakin banyak yang berpartisipasi dalam progran BHSB ini...dan semakin banyak anak Indonesia menikmati indahnya 'melihat' dunia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an saja mbak, karena katanya di riau sama fakfak papua udah kena dampak manfaatnya.

      Delete
  12. salluuuutt. semoga lancar dan sukses buat program BHSB. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja dan terimakasih buat doanya :)

      Delete
  13. semoga program yang kayak gini tambah banyak
    saya doakan sukses dunia akhirat amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah dan makasih utk doanya. Salam dari maluku :D

      Delete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More