Catatan Penghujung Tahun



Alhamdulilah, hari ini adalah menjadi bingkisan akhir tahun untuk saya tulis di blog ini. Di Rumah petuah

Dalam hitungan genap satu tahun,Mungkin ada beberapa catatan saja yang sudah saya tulis setelah tulisan ini tepat jadi sebuah bingkisan akhir Tahun, catatan yang sebenarnya jauh dari kata yang kaya akan makna, tulisan yang jauh dari maha penting. Hanya catatan yang berawal dari seutas kata yang kemudian menjadi kekuatan dari lahirnya tali ukhuwah, lahirnya jamuan karya untuk di bagi; dari yang dulunya hanya sebuah curhatan pribadi yang kemudian menjadi sebuah tulisan sederhana walopun minim makna, dari yang semula hanya sebuah catatan kecil yang kemudian bisa merangkum menjadi pembelajaran soal hidup, dari yang pada mulanya hanya sekeping ide ide liar yang kemudian menjadi halal untuk di baca, dari yang dulunya hanya aksara tak bersuara yang kemudian menjadi cara lain dalam menyampaikan. Tentunya sesuatu yang memang di anggap perlu untuk di suarakan.

Alhamdulillah, "serangkuman" tahun ini seperti menjadi sebatang tongkat estafet, untuk di teruskan pada pegangan jalan hidup tahun depan. yang mungkin dari tongkat itu berisi banyak sekali tentang proses bagaimana kemudian di anggap perlu sebagai sebuah sekawanan pengalaman. Entah itu yang menyimpan pada setitik nilai baik, atau juga sebaliknya. Baik buruknya semua jejak saya adalah penting untuk di simpan. Yang baik mungkin perlu untuk terus di lanjutkan dengan mengadopsi dari etalase pengalaman tahun lalu, dan yang tidak baik mungkin bisa menjadi cermin bagaimana supaya kemudian tidak terjebak pada kesalahan dan kekeliruan yang sama.

Akhir tahun mungkin adalah awal, awal bagaimana kemudian bisa menjadi tolak ukur dari semua yang musti saya kerjakan untuk sebuah perjuangan. Perjuangan esensi dari tujuan hidup itu sendiri. Baik dari kualitas pada sisi humanitas, maupun dari kualitas pada sisi spiritual. Yang kesemuanya bisa saling berjalan berdampingan seiring sampai dimana proses dari kualitas hidup itu sendiri bisa terus di jaga. Agar serangkaian perjalanan hidup tadi bisa menemukan muaranya. Ah saya hanya butuh pada bagaimana hidup itu di bawa pada ruang sesederhana mungkin; punya hubungan baik dengan manusia lain, dan punya hubungan dekat dengan Tuhan saya sendiri.

Dari januari, sampai mau menapaki januari lagi. Satu proses 12 bulan yang terbungkus dalam satu tahun. Dimana di situ tersimpan banyak sekali kisah yang menceritakan bagaimana kemudian proses itu menyumbang pada titik di mana kedewasaan hidup itu bisa di dapat. Apakah itu yang punya kualitas baik atau hanya sebatas catatan kecil yang menjadi pelengkap dari minimnya sebuah hal yang menghebatkan. Barangkali hal yang tidak mudah untuk menjadikan segala sesuatunya dengan baik, tapi apa yang sudah saya perjuangkan selama ini adalah nama lain dari sebuah proses yang akan selalu menawarkan semua kemungkinan.... Hal yang di sikapi sebagai manusia yang tidak ada kata menyerah dalam memperjuangkan hak hidupnya sendiri, Meski harus melawan sesuatu yang tidak mudah untuk di pahami, absurd, dan terkadang memunculkan sesuatu yang tidak saya mengerti ~~

Lewat kerja dari tangan tangan saya, ada kemungkinan sesuatu yang dulunya di anggap tidak mudah__ sekarang malah bisa di kerjakan dengan begitu mudahnya. Ada juga kemungkinan yang pada awalnya di anggap mudah yang justeru malah sama sekali tidak bisa di maksimalkan oleh tangan tangan saya dengan mudah. Semuanya ada campur tangan Tuhan yang barangkali hanya bisa di dapat dari bagaimana kemudian kerja tangan tangan saya tadi bisa di persenjatai dan melengkapinya dengan doa... Alhamdulillah tahun lalu seperti menjadi cara lain dari peran Tuhan dalam memberi pelajaran kepada umatnya. Minimal saya sudah bisa menangkap beberapa pesan dari apa yang sudah Tuhan titipkan. Baik itu yang berupa pelajaran maupun yang sifatnya sebagai ujian.

-Kata yang di titipkan pada baca, yang menempel pada rahim sebuah tulisan, barangkali menjadi awal dari sebuah langkah dari keterbatasan kaki dalam melangkah yang lebih luas. Lewat KATA pula di tahun ini, Alhamdulillah saya bisa menemukan formula tepat untuk kemudian bisa bersinggungan dengan beragam orang. Berteman, bersahabat, dan saling membagi cinta dan inspirasi serupa mozaik mozaik halal yang kemudian bisa di telan menjadi serangkuman pelajaran yang layak berharga mahal. Dari kata pula saya bisa menemukan banyak sekali tentang kehebatan kehebatan yang di ciptakan oleh teman teman. Di situ mungkin akan ada banyak serpihan yang bisa saya pungut untuk di jadikan ladang ladang baru. Ilmu dan cara cara yang sebelumnya belum saya tahu.

Tahun ini seperti kebanjiran banyak pesan, pesan yang kemudian memunculkan kata yang harus saya telan; bahwa Tuhan selalu dan akan selalu memberikan pembelajaran untuk sebentuk waktu yang sudah Tuhan janjikan__

Benar apa yang di katakan Fahd djibran lewat satu buku larisnya, bahwa hidup itu berawal dari mimpi. Lalu apa pula yang bisa membuat saya membenarkan dari kata bijak tersebut. Barangkali saya sudah di suguhkan banyak sekali tentang perjalanan hidup sesorang dalam satu tahun belakangan. Semuanya punya rencana dan tujuanya sendiri sendiri, berawal dan berangkat dari mimpi mereka pula banyak dari mereka yang sudah menemukan mimpinya yang dulu pernah di gantung. Mungkin tahun baru ini adalah awal dari sebuah rencana rencana yang akan di tata, dengan tahun baru lah tidak sedikit orang akan di jadikanya sebagai cermin; menata ulang, menyiapkan agenda, atau sekedar berkaca dari apa yang dulu pernah di lakukanya dalam melukis hidup.

Untuk menyikapi akhir tahun, yang sifatnya spesial buat menutup tahun ini, bagi saya sih masih belum butuh tentang apa yang di bicarakan banyak orang bahwa tahun baru itu identik dengan pesta, kemeriahan atau sengaja menggunakan atribut simbol simbol pergantain tahun. Tanda datangnya tahun baru, Cukup di maknai hanya berpikir pada bagaimana pergantian tahun itu di sikapi sebagai sebuah hal yang tidak selalu di pertunjukan kepada orang lain. Lebih memilih pada bagaimana bisa intropeksi dan memelihara rencana rencana yang belum sempat terealisasi sesuai porsi.

Mungkin tidak sedikit orang yang menyikapi dan memaknai tahun baru dengan jalan pikiranya sendiri sendiri, menabung resolusi dengan di awali perayaan puncak malam penuh atraksi kembang api, Memelihara agenda baru dengan di awali konvoi kendaraan di jalan raya malam hari, atau hanya sekedar suka cita yang tidak akan menyisakan apa apa; Kecuali sampah sampah yang menumpuk gagah pada keesokan harinya.

Fenomena demikian memang adanya, entah pada mulanya mengekor dari siapa dan unsur urgensinya sebesar apa. Semuanya hanya berpulang pada porsi kebutuhanya masing masing. Saya hanya butuh pada bagaimana membaca logika dengan kacamata kamus hidup; bahwa Pergantian tahun adalah nama lain dari terpangkasnya sisa usia kita, atau menghilangnya waktu dengan pelan. Harusnya bersukur sih kalau saya masih bisa hadir pada malam tahun baru ini. Kalopun tidak sempat ikut memeriahkan malam pergantian tahun, toh cukup menyikapinya dengan memilih cara yang lebih sederhana. Ngumpul, makan makan dan kasih tau teman teman lewat SMS; bahwa kita sedang bahagia meski harus bersenggama dengan musim hujan. Karena kita sudah menyempatkan malam ini untuk hadir dan ada, dalam perasaan yang sama. Selamat tahun baru.







gambar dari google

8 comments:

  1. hmm,, semoga tahun 2012 ini menjadi tonggak estafet agar kita menjadi lebih baik, dan lebih bijak utk menyikapi kehidupan,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin semoga, dari niatnya saja insya Allah ada manfaat.

      terimakasih, salam :)

      Delete
  2. Hidup itu berawal dr mimpi..
    Mimpi yg diperjuangkan utk menjadi kenyataan.
    Dan mmg setiap kejadian..setia laju deti..membawa makna dan pembelajaran

    Selamt menyambut 2013, smoga semuanya jd lbh baik dan penuh berkah:)

    ReplyDelete
  3. tahun baru..semangat baru dengan harapan baru :)

    ReplyDelete
  4. semoga kita selalu bersemangat untuk baik setiap harinya..

    ReplyDelete
  5. selamat tahun baru, semua serba baru dalam hal positif tentunya

    ReplyDelete
  6. semoga setiap hari menjadi hari baru dan semangat baru

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More