Testimoniku (One Day One Juz)

-

                                                               --TESTIMONI--

Ini hanya sebentuk catatan kecil saya, yang barangkali bisa saya suguhkan sebagai bentuk pengalaman bagaimana perjalanan 20 hari saya selama mengikuti program ODOJ. Rasanya ada sensasi tersendiri ketika saya harus berusaha keras untuk tetap istikomah dalam mencoba membiasakan untuk membaca AL-Qur'an 1 hari 1 Juz. Insya Allah.

Jujur, di tengah hegemoni dunia Netizen yang kerap menawarkan dua hal yang berlainan (dengan semua dampak baik buruknya), odoj mencoba hadir menawarkan sesuatu yang beda. Halal pula. Dan di sambut antusias. Dan saya sungguh sangat bersukur sekali ketika sudah di pertemukan sekaligus bisa masuk dengan komunitas ini, tentunya dengan beragam manfaat yang sudah saya dapat sekarang.

Dulu, ketika sebelum saya masuk ke komunitas odoj, yang namanya tilawah atau mengaji itu sesuatu yang sangat berat sekali buat di kerjakan. Seperti ada perasaan malas yang menggurita, bahwa surat cinta dari Allah itu kenyataanya hanya sebatas menjadi hiasan saja di meja kamar, hanya di baca rutin ketika bulan ramadhan, belum bisa di jadikan sebagai sebuah kebutuhan keseharian saya. Sesuatu yang barangkali jauh dari apa yang sudah di pesankan oleh Al-Qur'an itu sendiri. Kalopun bisa membacanya, itupun hanya seminggu sekali dengan beberapa lembar saja, tidak lebih. Tidak ada kemampuan untuk bisa menghatamkan 1 juz 1 hari. Barangkali ini adalah nama lain dari kelemahan saya soal bagaimana membangun mentalitas spiritual.

Alhamdulillah, setelahnya saya memutuskan untuk gabung dengan para penggiat komunitas odoj, seiring berjalanya waktu, keinginan untuk membaca Al-Qur'an itu seperti menjadi menu keseharian, muncul rasa semangat lebih untuk bisa membacanya setiap hari. Dari situ mindset dan rute jalan pikiran saya mengalami pergeseran. Ada kata hijrah pada nyawa jiwa saya, ada ketenangan hati yang saya rasakan belakangan, sekaligus ada sesuatu yang membuat saya merasa dekat dengan hal2 yang positif, mungkin pengaruh kedekatan saya dengan orang2 yang punya tujuan dan jejak spiritual yang sama; yaitu ingin menjadikan AL-Qur'an sebagai teman keseharian.

Pada proses perjalananya di odoj ini, dan mungkin sama dengan awal mula tujuan teman2 grup juga; saya hanya ingin mengikhwalkan niat hidup saya dengan menjadi orang yang terus berbenah, dan belajar... belajar untuk bisa istikomah dan mengikhlaskan serangkaian ibadah saya, belajar membiasakan sesuatu yang punya nilai manfaat dan pahala, belajar mensi'arkan dan mengkampanyekan perintah2 Allah, atau belajar menjadi pribadi yang bisa mangajak dan membagikan manfaat bagi orang lain. Dan alhamdulillah kesemuanya ada di wadah ini (onedayonejuz).

Dari segi intensitas keseharianya juga bagus, karena saya sudah di pertemukan dengan orang2 yang hebat. Khususnya admin di group saya. Dari 30 orang yang cuma kenal lewat dunia maya, lantas tidak menggugurkan niat dan kewajiban mereka utk saling berbagi, saling memotivasi, saling menyemangati dan satu sama lain dari mereka seperti sodara sendiri.

Bismillah, semoga dari sebagian waktu yang sudah saya hibahkan untuk serangkaian kegiatan odoj ini, berharap kedepanya punya feedback baik yang dirasa bagi saya sebagai sesuatu yang punya makna hijrah (meskipun sedikit), Hijrah untuk bisa maju beberapa langkah dalam progres perjalanan spiritual saya. Dari situ rasanya seperti ada manfaat besar dari sisi rohaniah yang bisa saya rasakan sekarang, salah satunya adalah ketika bahasa hati saya di paksa untuk berbicara. Percaya atau tidak-- kenyataanya sekarang saya merasa punya kedekatan dengan AL-Qur'an. Amiin.

Siapapun, pribadi2 yang hati dan jiwanya di perkaya dan bersenyawa dengan odoj, dialah sebetulnya orang2 yang beruntung. Jazakallah..

Yang punya niat buat daftarin ke odoj, bisa klik DISINI







17 comments:

  1. Penggagas odoj ini keren banget ya, memanfaatkan dunia internet utk ibadah berjamaah dan manfaatnya luar biasa... aku yakin orang yg udah menjadi member odoj adalah org yg bener2 pnya niat baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah. amiin... saya merasa seperti tersadarkan dgn kemunculan odoj

      Delete
  2. Testimoninya bikin saya penasaran utk ikutan, bagus dari segi penyampaian. makasih ... nice hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, harusnya menyesal kalo kang al tdk menyegerakan utk mendaftarkan diri... jangan di sibukan dengan pikiran2 sombong, berpikir msh sehat masih nyaman lantas kita dgn mudahnya menghitung usia kita msh panjang, imbasnya punya pikiran bahwa ibadahpun msh bisa di kerjakan lain waktu... kalo tdk dari sekarang kita membiasakan mencintai al quran, apakah harus nggu tua, apakah harus nggu sakit. wallahualam

      Delete
  3. Grup saya baru aktif tilawah 27 Januari kemarin, hampir sebulan kami nunggu member cukup (soalnya belum minta bantuan pusat), berarti ini hari ke-4 kami aktif..awalnya saya super skeptis, tapi ada testimoni bahwa ibu 3 anak dan tetap bekerjapun nagih baca Qur'annya, bisa 3 juz sehari*siapa yang gak ngiler ketagihan baca Qur'an gitu* menantang diri akhirnya saya jadi nawar-nawarin temen-temen biar ikutan... Alhamdulillah empat hari berjalan 1 juz terasa sangat ringan, bahkan bisa ambil lelangan... ^^

    semoga bisa istiqomah dengan atau tanpa grup

    ReplyDelete
    Replies
    1. kembali lagi semua berawal dari niat, betul mbak irly, sya juga awalnya skeptis dengan kemampuan sya sendiri utk bsa menghatamkan 1 juz 1 hari, tapi modal niat dan bismillah ternyata jalan utk bsa belajar utk sesuatu yg baik itu sangat mudah buat di kerjakan. yg susah itu mungkin utk ttp istikomah. semoga sja kita mnejadi golongan orang2 tsb. amiin... ayo mbak irly bikin testimoninya juga :)

      salam :)

      Delete
  4. Allhamdulillah aku genap 30 hari di ODOJ #651 semoga tetap istiqomah

    ReplyDelete
  5. keep sharing dan posting yg berkualitas gan :)

    ReplyDelete
  6. Disadari atau tidak, orang-orang yang membaca al-Qur'an secara rutin setiap hari, apalagi satu hari satu juz, akan ada perubahan positif pada gerak pikir maupun hatinya. Sungguh, ini semua akan bergerak dalam kebaikan sehingga pelakunya akan tergiring pada kehidupan yang sangat membahagiakan.

    ReplyDelete
  7. WA ku beberapa hari ini eror jadi sering telat DL :(

    ReplyDelete
  8. wow infonya bermanfaat sekali nih sob, saya bakal berkunjung lagi nanti, semoga sukses

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More