Attitude



Terhitung sejak bergabung pada bulan Januari kemarin, insya Allah hari ini saya sudah menapaki bulan ke empat sebagai bagian dari anggota odoj (one day one juz). Sebagai anggota tetap group 522 ikhwan. Yang di isi oleh 30 orang-orang hebat.

Dari serangkaian perjalananya, selama kurang lebih 4 bulan ini, semuanya seperti di paksa untuk menyelesaikan 1 hari 1 juz, tidak apa2. Belajar untuk sesuatu yang serius itu memang harus di paksakan. Dan selama itu pula jatah juz yang saya ambil tiap harinya tidak ada yang pernah di lelang. Alhamdulillah itu hasil dari membiasakan sesuatu yang memang harus di paksakan. Itu artinya saya sudah empat kali khataman.

Yaa, sebenernya saya gak mau sibuk ngitung2 masalah pencapaian, dan tidak mau di repotkan dengan ngitung-ngitung berapa hari saya ada di odoj, dan berapa hari saya bisa bertahan untuk tetap istikomah. Cukupkan apa yang sudah saya kerjakan itu dimaknai sebagai proses saja, proses menjadi orang yang bisa mengambil hal-hal yang baik, proses menjadi orang yang bisa membagi dan mengambil manfaat dari kehadiran dan keberadaan orang lain. Kiranya semuanya bisa di dapat dari pertalian ukhuwah yang sudah terbentuk selama empat bulan belakangan. Jazakallah.

Tiap kali saya sudah ada di titik tertentu, sepertinya ada banyak orang yang patut saya ucapkan terimakasih. Seperti ketika saya sudah menemukan banyak sekali teman di group odoj Whatsapp, ada 30 orang. Semuanya hebat. Saya merasa berterimakasih sekali kepada mereka-mereka. Ada Mas Juli sebagai admin, ada ketua group Pak Sudjatiwe, ada Mas Elpinaz, ada Mas Dinar (gitaris Seurieus), ada Mas Cepi yang lagi studi dan punya domisili di Jepang, ada yang dari Cirebon juga Mas Jufri. Dan masih banyak lagi. Hebatnya ada beberapa dari mereka yang hobi menulis dan sudah menjadi penulis. Hehe

Dari 30 orang tadi, semuanya seperti layakanya satu keluarga, di pertemukan lewat sebuah wadah niat dan tujuan yang sama, dalam ruang ukhuwah___yang satu sama lainya bisa saling berbagi. Keren kan? Hehe Tidak jarang juga kadang masing2 dari anggota group bisa saling mengingatkan jika ada yang lupa dengan porsi tugasnya, bisa saling memotivasi jika ada yang sedang menemukan titik kejenuhnya, dan bisa saling mendoakan jika dari mereka membutuhkan doa dari teman-temanya. Selalu dalam kebersamaan.

Ada di odoj, buat saya; itu sebuah kesyukuran. Sekaligus bagian dari proses belajar buat diri saya pribadi. Belajar bagaimana dalam menerapkan attitude, belajar bagaimana dalam menjaga sikap istikomah, dan berharap bisa belajar bagaimana mengatur, mendisiplinkan, dan memanage waktu.

Jujur, menjaga sikap untuk selalu tetap istikomah itu susah banget. Asli. Namanya juga orang ya, yang namanya malas itu ada saja. Kadang kalo lagi semangat ya semangatnya kaya pejuang 45 hehee, sehari bisa melahap sampe 2 juz. Tapi kalo lagi gak ada semangat ya sama saja kaya orang yang sudah langganan kena virus malas, mau nulis laporan hadir saja kadang harus di tunda-tunda. Seperti selalu menyempitkan waktu.

Tapi, insya Allah dengan terus ada di odoj; saya harap semuanya bisa di minimalkan. Yang tadinya malas buat baca-baca satu atau dua lembar saja, sekarang setidaknya sudah tiap hari saya bisa baca Qur'an 1 juz, yang tadinya tidak bisa sama sekali mengambil pelajaran dari keberadaan orang lain, sekarang minimal saya sudah mendapat banyak manfaat dari banyak teman-teman di group odoj. Barangkali.

Barakallahu fikum untuk yang terlibat :)

Attitude itu penting. Seperti halnya ketika saya bisa belajar banyak di odoj, lebih pada mengukur sejauh mana kemampuan saya dalam menentukan sikap ketika memanfaatkan waktu. Maksudnya di odoj kita bisa belajar bagaimana menjaga sikap konsistensi. Seperti berjanji pada diri sendiri, bahwa sebenarnya saya mampu. Kalo orang lain bisa kenapa saya tidak. Kalo teman2 bisa menemukan titik pencapainya seenggaknya saya bisa mengekor dari sikap positif mereka.

Haqqul yakin, berawal dari niat baik. Apa yang sudah saya buat hari ini semoga saja bisa menterjemahkan sebuah pesan; bahwa niat baik itu tidak akan pernah sia-sia


Jadikan Al-Quran hujjah bagi kami.., ya Rabbal 'alamin..



Foto diambil dari group odoj (foto pas acara grand launching odoj di Istiqlal)

 www.onedayonejuz.org
RIS,100514

6 comments:

  1. aku gak datang ke Grand Launching ODOJ nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama buuk sya juga gak jadi ikut GL id Istiqlal, padahal tadinya udah komit di group mau datang hehee..

      Delete
  2. tapi attitude kamu yg sekarang barangkali tdk selamanya akan bertahan, itu buat saya.

    bener tulisan di awal... utk selalu istikomah dlm kebaikan itu susah, ada sja hambatanya. minimal dari situ perjalanan ibadah kamu bsa selalu ada di track yg benar. keep smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. istilahnya lebih baik terlambat dari pada tdk sama sekali, belajar bsa dari kapan saja dan sukur2 bsa di mulai dari sekarang hehee lebih cepat lebih baik * bukan iklan pemilu hahaa

      Delete
  3. rupanya ODOJ lage mewabah ya... *pasang muka pengen ikutan hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ayuuk buruan daftarkan niat baik kamu :) gratis ko

      Delete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More