Dari Anseong Ke Eumseong



Postingan perdana setelah saya tidak bisa menulis di blog ini untuk beberapa bulan lamanya. Judulnya habis hiatus.. hehe

Dan, Bismillahirokhmanirrokhimm... Alhamdulillah puji sukur yang tak terhingga pada akhirnya saya bisa menulis lagi disini, dengan membawa kabar sehat. Puji sukur juga ketika pada akhirnya saya sekarang bisa menginjakan kaki sekaligus di pertemukan dengan belahan bumi Allah yang lain. Itu sesuatu yang membuat saya lebih bersemangat dalam fase2 dimana dan kemana saja kaki saya akan melangkah.

Dengan besarnya itikad dan niat atas ijin doa untuk mencari rejeki-Mu, rejeki yang halal. Dengan proses dan perjuangan yang dirasa bagi saya sangat panjang, akhirnya saya bisa di berikan kesempatan sekaligus di pertemukan dengan jalan rejeki-Mu lewat tempat yang lain.

Lewat program G-to-G tentang penempatan tenaga kerja Indonesia di Korea Selatan, setelah melewati banyak sekali fase, bulan november lalu saya akhirnya dapat panggilan terbang dan dapat di perusahaan SpaceMax Seanfuniture di kota Eumseong-gun Samsong (kota kelahiran sekjen PBB, Ban Kin Moon) propinsi Chungbukdo.

Ada banyak catatan sebenarnya untuk bisa saya tulis disini, sejak mulai dari proses karantina dua hari di Ciracas sebelum penerbangan, sampe tiba di bandara Incheon dan langsung di giring untuk mengikuti proses medikal dan sesi pembekalan tiga hari di KBIZ di kota Anseong. Kemudian proses penjemputan oleh para Sajang, sampe tiba di tempat dimana saya akan bekerja. Wahh kalo mau di tulis semuanya bakal panjang. Hehe Biar waktu saja lah yang akan mengajarkan saya untuk bisa bercerita lebih banyak buat kemudian hari. 

Maklum orang baru, semuanya serba terbatas. Postingan juga telat... blog serasa beku kaya udah ketimbun salju beberapa minggu. Tidak ada laptop, hape seadanya, wifi juga waktu itu masih numpang kamar sebelah. Boring! Gak bisa nyari tau kabar dari kampung halaman. Trouble!

Kalo mau jujur sih, pas minggu pertama nyampe sini tuh beneran bingung. Hanya seorang diri. Perasaan kaya campur aduk. Antara seneng, nervous, excited, dan ada beberapa hal yang membuat pikiran saya selalu memunculkan banyak sekali pertanyaan untuk segera di jawab. Ada beberapa bagian yang memang di rasa bagi saya belum terbiasa. Sederhananya waktu itu masih perlu banyak waktu lah buat beradaptasi hehe. Setidaknya untuk budaya orang sini, terus utamanya sih bahasa dan cuaca, bener2 di buat stres! Mau nyari ini dan itu, terus mau nanya sesuatu juga di buat bingung duluan karena keterbatasan bahasa. Kenapa bingung cinkuu? Hehe lah, orang pas saya nyampe sini tuh orang Indonesia nya cuma saya sendiri, lainya pribumi (korea), China, Nepal, Uzbek dan Rusia.

Terus juga masalah cuaca, kebetulan pas saya nyampe sini bertepatan dengan masuknya musim dingin... saya tidak berani keluar lama2 dari kamar, pas hari ke lima saya disini pernah sampe menyentuh -10° c, sebuah pengalaman baru bagaimana menahan supaya kondisi suhu tubuh tetep hangat. Dan alhamdulillah nya tubuh saya masih punya cukup tenaga untuk bertahan dalam kondisi dinginya cuaca, dan tetap sehat.

Ya, pada akhirnya segini saja dulu hehe, catatan ini hanya jadi pembuka untuk babak kehidupan baru saya untuk rentang waktu beberapa tahun, dengan segala keterbatasan hidup di negri orang. Moga saja bisa menjadi tki yang tetep dengan rasa Indonesia. Dan ada banyak waktu atau kesempatan untuk tetap hadir dan menulis. Semangat :)





Eumseong-gun, Korea Selatan

6 comments:

  1. Allhamdulillah sudah kembali menulis lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya buu, moga2 saya bisa sempet blogwalking kalo ada waktu

      Delete
  2. Wah..welcome back..

    Yang rajin ya nulisnya..saya excited bacanya yang lama hiatus ternyata udah ada di Korea.
    Semoga kendala bahasa bisa segera teratasi, bakal boring banget kalo ga ada teman ngobrol..hehe

    ReplyDelete
  3. Selamat bekerja mas Yayak, smg bs segera beradaptasi..beli kamus korea aja mas :-D anyeong haseoooo... Hahaha

    kalau saya tau bhs koreany kan sering nton filmny. Nulisny yg susah. Tauny jg paling2 yg srg sy dengar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke makasih..

      baca Kamus bahasa korea malah bikin pusing mbak hehee perlu waktu buat belajar

      Delete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More