Indonesia Dan Assalamualaikum


Buat yang udah pernah belajar bahasa korea, atau orang2 yang sudah paham bener soal bahasa dan budaya korea, atauu setidaknya buat sesiapa saja para penikmat film2 Korea; mungkin gak asing lagi jika mendengar kalimat sederhana serupa " Anyeonghaseyoo ". Bentuk dari ucap salam sebagai nama lain dari identitas sopan santun ketika bertemu seseorang, entah itu di kantor, di tempat kerja atupun di tempat2 umum dimana rasa hormat seseorang kepada orang lain seperti di titipkan disitu. Kalo di Indonesia sih mungkin serupa "assalamualaikum", entahlah, yang pasti ada beberapa point yang punya sisi dan fungsi yang hampir sama.

Seperti saat ketika saya baru masuk kerja dulu, hehe awalnya di perkenalkan satu2 sama orang kantor (nuna), ada yang dari uzbekistan, dari rusia, china, nepal, dan sisanya orang pribumi (Korea). Pas saya di kenalin orang Uzbekistan dan Nepal dia spontan menawarkan sebentuk senyum sambil bilang " salamolekum ". Saya jawab " wallaikumsalam ".

Pikir dia mungkin Assalamualaikum sangat iconic sekali dengan nama Indonesia. Alhamdulillah.. hehee

Tidak cuma sampai disitu, tiap kali ketemu orang2 tadi, baik di tempat kerja, di ruang makan ataupun sewaktu di asrama, kalo gak sapa pake anyeonghaseyo dia pasti bilang Assalamualaikum buat sekedar tegur sapa.

Tidak juga sebatas orang2 tadi, kalo kebetulan ketemu; pernah juga orang kantor pun sambil senyum2 sesekali kadang ngucapin Assalamualaikum sebagai tanda hormat mereka, terhadap saya sebagai orang Indonesia, meskipun saya yang lebih duluan ucap salam " anyonghaseyo ". walopun kadang buat saya terdengarnya masih dirasa aneh hehe. Yang saya denger sih " Solamolekum". Bahkan Sajang (Bos) pun pernah ikut2an ngucapin salamolekum. Wuehh! :D

Pernah juga punya cerita lain ketika ndak ada kesengajaan ketemu di sebuah terminal Ansan, nah- karena saya sama temen sebegitu asiknya ngobrol pake bahasa Indonesia, mungkin dia penasaran... dia asli Korea iseng2 nanyain kita asalnya dari mana. Setelah temen saya bilang dari Indonesia dia langsung mengannggukan kepalanya, sejenak dia melempar senyum sembari bilang solamolekum (Assalamualaikum), lagi2 dengan nada dan penyebutan yang aneh menurut saya hehe. Itu wajar. Saya juga kalo ngucapin anyeonghaseyo kadang masih suka suruh di ulangin, katanya kurang benerr. Gak tau dari artikulasinya atau apa dari nadanya yang kurang luwess. Ya begitulah kalo hal2 yang bukan dari kebiasaan kita Hehe Butuh waktuu buat terdengar lebih kaya orang Korea asli. Atau sebaliknya ketika mereka harus bilang Assalamualaikum dengan baik dan benar.

Mereka mengenal ndonesia juga tidak sebatas pada Assalamualaikum saja, barangkali yang lebih pada menyentuh soal agama. Pernah suatu ketika pas saya lagi makan siang bareng di ruangan yang sama. Karena hape saya pasang aplikasi pro muslim, waktu itu saya sengaja setting bunyi, pas menunjukan waktu dhuhur suara adzan dari hape saya langsung menggema seisi ruangan. Ada beberapa dari mereka pada punya komentar masing2, ada yang langsung bilang " itu Indonesia!!.. ada yang bilang "gido gido " (artinya doa), nah lucunya lagi ada yang bilang " Ramadhan ". Beberapa dari mereka sebenarnya tau soal indonesia, soal bagaimana indonesia dekat sekali dengan identitas keislamanya. Yah, barangkali mereka sekedar tau dari berita2 di tv, internet, entahlah.. yang pasti saya masih tetep bangga dengan predikat sebagai orang pendatang ber-atribut Indonesia dengan keislamanya.







Eumseong-gun, Korea Selatan

4 comments:

  1. Alhamdulillah udah ada di korea ya hehe

    Ternyata assalamualaikum sudah mendunia ya, tdk Hanya di negara muslim saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semendunia assalamualaikum beijing hehe..

      Delete
  2. Wuahh..seneng dengernya..dari acara yang saya nonton tentang perantau di Korea, katanya di Korea itu toleransi beragamanya cukup baik, semoga bisa menebar kebaikan muslim disana :)

    ReplyDelete

Tinggalkanlah komentar anda di sini

Baik tidaknya artikel ini hanya pada sebatas tujuan untuk berbagi. baik itu informasi, inspirasi ataupun sekedar basa basi. Baca juga artikel yang lain, terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More